Sakit tenggorokan sering kali menganggu aktivitas karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Untuk mengatasinya, ada beberapa macam obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah adanya peradangan di tenggorokan. Anda bisa mengatasi sakit tenggorkan dengan sejumlah pengobatan alami. Bahkan, beberapa jenis pengobatan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan ini mungkin sudah Anda kenal sejak lama.

6 Obat Alami Sakit Tenggorokan - Alodokter

Beragam Obat Alami Sakit Tenggorokan

Berikut adalah beberapa obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda coba di rumah:

1. Air garam

Salah satu obat alami sakit tenggorokan yang sangat mudah dibuat adalah air garam. Anda cukup mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, dan aduk hingga tercampur secara merata. Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah lalu muntahkan air garam itu.

Sebuah studi mengungkap bahwa berkumur dengan air garam bisa mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas dan demam. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak. Perlu diingat, jangan memakai terlalu banyak garam dan jangan ditelan.

2. Madu

Madu telah lama dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan, baik dicampur dengan teh atau diminum langsung. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) mengonfirmasi bahwa madu juga efektif dalam meredakan batuk.

Efektivitas madu juga didukung oleh studi lain yang menyebut bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif. Oleh sebab itu, madu dipercaya bisa mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

3. Bawang putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan adalah bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antibakteri. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan yang optimal, Anda dianjurkan untuk mengunyahnya.

Ketika hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit.

Jika tidak sanggup untuk memakannya mentah-mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus. Namun, allicin akan lebih efektif jika dikunyah dalam kondisi mentah.

4. Sup hangat

Jangan pernah menganggap bahwa makanan yang enak tidak bisa dijadikan obat. Faktanya, sup hangat dengan kaldu ayam atau daging bisa dijadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena makanan hangat yang satu ini dapat membantu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering.

Sup saat sakit tergolong mudah dan nikmat, mengingat makanan ini mudah ditelan meskipun tenggorokan sakit. Dengan mengonsumsi makanan yang mudah dikonsumsi seperti sup, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat terpenuhi, sekaligus mendapatkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

5. Teh hangat

Teh hangat juga bisa dijadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Mengonsumsi teh hangat dari jenis apa pun, entah herbal atau nonherbal, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Salah satu alasannya adalah karena teh mengandung antioksidan yang diprediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal infeksi. Agar efeknya optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh.

6. Licorice

Obat alami sakit tenggorokan yang satu ini dikenal juga dengan sebutan akar manis. Licorice bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan membantu mengencerkan lender, sehingga dapat melegakan saluran pernapasan. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan akar manis ke dalam teh hangat.

Namun perlu diingat, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak menggunakan licorice sebagai obat alami sakit tenggorokan karena dikhawatirkan dapat berdampak pada bayi.

Selain menggunakan berbagai obat alami sakit tenggorokan yang disebutkan di atas, hal yang tidak boleh dilupakan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah berhenti merokok, sebab merokok dapat menyebabkan tenggorokan kering, iritasi, dan meradang sehingga sakit tenggorokan lebih susah sembuh.

Istirahat cukup juga bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh akan lebih efektif melawan virus atau bakteri penyebab penyakit saat Anda sedang tidur.

Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter jika sakit tenggorokan Anda tak kunjung hilang. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya dan memberikan penanganan, termasuk meresepkan obat sakit tenggorokan yang sesuai.