Sebagian besar otitis media akan pulih dengan sendirinya tanpa pengobatan dalam kurun waktu tiga hari. Rasa sakit dan demam bisa diatasi dengan menggunakan paracetamol atau ibuprofen. Untuk anak-anak di bawah usia 16 tahun, hindari pemberian aspirin tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selain penggunaan obat-obatan untuk meredakan rasa sakit pada telinga, penderita bisa menggunakan kain atau handuk hangat yang diletakkan di atas telinga yang sakit.

Penggunaan Antibiotik dalam Otitis Media

Penggunaan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri ringan dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko resistensi bakteri, sehingga antibiotik tidak lagi efisien jika digunakan untuk mengatasi infeksi yang sama di kemudian hari.

Terlepas dari itu, tidak ada bukti yang kuat bahwa antibiotik bisa mempercepat penyembuhan infeksi telinga tengah. Jika infeksi yang terjadi disebabkan oleh virus, antibiotik tidak akan berguna untuk mengatasinya.

Penggunaan antibiotik biasanya akan dianjurkan pada anak-anak apabila:

  • Anak berusia kurang dari tiga bulan.
  • Anak berusia kurang dari dua tahun dan mengalami otitis media di kedua telinganya.
  • Anak memiliki kondisi yang membuat mereka rentan terhadap komplikasi, seperti penyakit jantung bawaan atau cystic fibrosis.
  • Gejala yang dialami anak tidak membaik setelah empat hari.
  • Ada cairan yang keluar dari telinga anak.
  • Gejala yang muncul cukup parah.

Dalam kondisi di atas, amoxicillin akan diresepkan untuk anak selama lima hari. Jika alergi terhadap antibiotik amoxicillin, erythromycin atau clarithromycin bisa diberikan sebagai penggantinya.

Antibiotik berbentuk obat tetes telinga akan diberikan pada orang dewasa dan anak-anak, jika otitis media yang terjadi berlangsung lama atau mengidap otitis media supuratif kronik.

Penggunaan Grommet pada Otitis Media

Grommet adalah pipa kecil yang dimasukkan ke gendang telinga untuk membantu mengeringkan cairan yang ada. Alat ini digunakan pada anak-anak yang mengalami infeksi telinga tengah yang cukup parah. Waktu yang dibutuhkan untuk memasukkan grommet adalah sekitar 15 menit dan anak tidak perlu menginap di rumah sakit. Orang tua juga tidak perlu khawatir jika anak merasakan sakit karena dokter akan memberikan anestesi (pembiusan) sebelum prosedur dilakukan. Tujuan dari penggunaan grommet adalah untuk membuat gendang telinga terbuka selama beberapa bulan.

Selanjutnya dalam kurun waktu 6-12 bulan, grommet akan terdorong keluar dengan sendirinya dari gendang telinga dan copot setelah gendang telinga mulai pulih.

Bagi penderita otitis media supuratif kronik (OMSK), dokter biasanya akan memberikan obat tetes antibiotik dan mengajarkan cara mengeluarkan cairan dari dalam saluran telinga sebelum meneteskan obatnya. Perlu diingat bahwa kondisi ini tidak mudah untuk disembuhkan. Pastikan Anda selalu memonitor kondisi telinga agar terhindar dari komplikasi yang membahayakan.