Para suami, pasti sudah tahu kan kalau perubahan suasana hati pada istri selama masa kehamilan bisa membuatnya menjadi mudah tersinggung, menangis, dan marah. Dalam menghadapinya, kamu perlu banyak-banyak bersabar dan menyikapinya dengan baik.

Ibu hamil dapat mengalami suasana hati yang buruk atau bad mood mulai dari trimester pertama kehamilan. Namun, setelah memasuki trimester kedua, ibu hamil mungkin sudah mulai bisa mengontrol suasana hatinya dengan lebih baik.

Para Suami, Yuk Bantu Istri Atasi Bad Mood Saat Hamil - Alodokter

Berbagai Penyebab Bad Mood pada Ibu Hamil

Salah satu faktor yang bisa membuat ibu hamil mengalami bad mood adalah perubahan hormon. Di saat hamil, hormon estrogen dan progesteron di tubuh akan mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga memengaruhi cara kerja neurotransmitter (zat kimia di otak) dalam mengatur suasana hati.

Selain perubahan hormon, faktor lain yang dapat mempengaruhi suasana hati ibu hamil, yaitu:

  • Stres akibat rasa cemas dan khawatir tentang bisa tidaknya menjadi orang tua yang baik, proses persalinan, atau bagaimana rasanya melahirkan
  • Kelelahan, misalnya Bumil yang masih harus bekerja selama hamil atau pekerjaan rumah tangga yang menumpuk
  • Perubahan metabolisme tubuh
  • Rasa tidak nyaman yang timbul selama masa kehamilan, seperti morning sickness, nyeri payudara, atau sembelit

Cara Mengatasi Rasa Bad Mood yang Dialami Istri

Menjadi bahagia selama hamil adalah hal yang sangat penting. Jadi, sebagai suami yang baik, kamu perlu membantu istrimu mengatasi perubahan suasana hatinya yang meledak-ledak dan tak terkendali dengan cara berikut ini:

1. Ajak berbincang

Di kala suasana hati sedang tidak menentu, salah satu cara terbaik untuk mengembalikan mood ibu hamil adalah mengajaknya mengobrol. Makanya, kamu bisa mencoba menyediakan waktu khusus agar istrimu bisa bisa curhat.

Selama istri berbicara, dengarkan dengan penuh perhatian dan sabar, ya. Sebaliknya, sebisa mungkin jangan mengeluarkan kata-kata yang bersifat menjatuhkan atau mengkritik perubahan sikapnya, karena itu bisa membuatnya merasa tidak dimengerti.

2. Pastikan istri cukup tidur

Suasana hati akan semakin sulit untuk dikendalikan ketika ibu hamil kelelahan atau kurang tidur. Jadi, pastikan istrimu beristirahat dengan cukup. Kalau istrimu tidak bisa tidur nyenyak di malam hari, ingatkan ia untuk mencoba tidur pada siang hari.

3. Lakukan kegiatan menyenangkan bersama

Sesekali, coba deh lakukan hal-hal yang bisa istrimu merasa senang, seperti mengajaknya jalan-jalan, liburan, nonton film di bioskop, atau makan malam romantis di restoran. Melakukan beragam kegiatan menggembirakan bisa membuatnya terlepas dari rasa stres, lho!

4. Temani berolahraga

Jangan lupa juga mengajak istrimu berolahraga agar suasana hatinya menjadi lebih baik. Cukup lakukan olahraga yang ringan, seperti jalan santai di pagi atau sore hari. Selain itu, kamu juga bisa mengajaknya berenang atau mengikuti kelas yoga untuk ibu hamil.

5. Berikan sentuhan penuh kehangatan

Selain mengurangi rasa bad mood-nya, sentuhan berupa pijatan ringan dan lembut darimu bisa membuat hubungan makin hangat, lho!  Selain pijatan ringan, kamu juga bisa mencium dan memeluknya. Dengan cara-cara ini, istri akan merasa diperhatikan dan disayang.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi rasa bad mood yang dirasakan oleh istrimu yang sedang hamil. Namun, jika setelah melakukan tips di atas suasana hatinya masih sering berubah-ubah atau malah semakin memburuk, kamu bisa konsultasikan hal tersebut dengan dokter.