Pegal kaki dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Tak heran, orang mencoba berbagai cara agar pegal yang dirasakan dapat berangsur hilang. Keluhan ini kerap dialami akibat beragam hal, mulai dari aktivitas, posisi tubuh, hingga alas kaki yang dikenakan.

Pegal kaki dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Salah satu yang paling sering adalah kaku otot setelah berolahraga atau mengangkat beban berat. Gangguan aliran darah yang disebabkan oleh berdiri atau duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan pegal kaki. Selain itu, kurangnya asupan cairan dan nutrisi juga mungkin untuk memicu terjadinya keluhan pegal kaki dan kaki kram.

Pegal Kaki Dapat Diatasi dengan Cara Sederhana - Alodokter

Cara Mengatasi Pegal Kaki di Rumah

Jika Anda merasakan pegal kaki, sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah untuk membantu meredakannya. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Istirahat yang cukup

Untuk mengatasi pegal kaki, Anda disarankan untuk beristirahat sejenak. Merebahkan tubuh dan meluruskan bagian kaki dengan posisi kaki lebih tinggi dari bagian kepala dapat mengurangi rasa pegal di kaki.

2. Peregangan dan pijat

Untuk meredakan rasa pegal kaki yang disebabkan oleh kaku otot, Anda dapat melakukan peregangan dan memberikan pijatan lembut pada kaki hingga otot melemas dan rasa tidak nyaman berkurang.

3. Kompres dingin

Terkadang, pegal kaki bisa sangat parah sampai kaki terasa panas dan berdenyut-denyut. Ini dapat diringankan dengan mengompres kaki dengan kantung es atau handuk basah yang didinginkan.

4. Obat pereda nyeri

Bila pegal kaki tidak mereda dengan cara-cara sederhana, konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen, paracetamol, atau aspirin juga bisa menjadi cara untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan.

5. Obat topikal

Penggunaan obat topikal atau oles yang mengandung capcaisin atau pereda nyeri dapat membantu mengatasi masalah pegal kaki. Sensasi panas dari penggunaan obat topikal ini mampu melemaskan otot dan meredakan rasa sakit yang muncul.

Tips Mencegah Pegal Kaki

Agar keluhan pegal kaki tak sering Anda alami, berikut adalah beberapa langkah pencegahannya:

  • Menghindari duduk atau berdiri terlalu lama.
  • Melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sebelum olahraga agar tubuh lebih siap untuk melakukan bermacam kegiatan.
  • Memenuhi kebutuhan air putih yang cukup untuk menghindari kram dan pegal kaki akibat dehidrasi.
  • Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, terutama magnesium untuk menghindari kram otot akibat hipomagnesemia.
  • Membatasi penggunaan sepatu berhak tinggi, karena dapat memicu pegal kaki dan perubahan postur tubuh bila digunakan terlalu sering dalam waktu yang lama.

Umumnya rasa pegal kaki akan hilang setelah beberapa saat. Namun jika keluhan pegal kaki sering timbul atau terjadi berlarut-larut, sebaiknya diperiksakan ke dokter. Pegal kaki bisa saja menjadi pertanda adanya penyakit tertentu, seperti neuropati atau radang sendi.

Jika pegal kaki yang Anda alami disertai gejala kaki bengkak dan kemerahan, demam, nyeri hebat, atau kaki pucat dan dingin, segera konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan cara penanganan yang tepat.