Rohto Eye Care merupakan produk perawatan mata dari Rohto. Produk Rohto Eye Care ada yang berbentuk tetes mata untuk mengatasi mata merah akibat iritasi ringan atau mata kering, ada juga produk untuk mencuci mata dan melumasi lensa kontak.

Rohto Eye Care terdiri dari beberapa varian dengan kombinasi bahan aktif yang berbeda-beda, sesuai dengan tujuan penggunaan produk. Produk Rohto Eye Care dijual secara bebas di pasaran dan dapat diperoleh tanpa resep dokter.

rohto eye care , rohto tetes mata

Jenis Produk dan Kandungan Rohto Eye Care

Berikut adalah macam-macam produk Rohto Eye Care di Indonesia:

1. Rohto Tetes Mata untuk Mata Merah

Obat Mata Rohto

Obat Mata Rohto bermanfaat untuk mengatasi mata merah karena iritasi ringan yang disebabkan oleh asap, angin, sinar matahari, suhu dingin, pemakaian lensa kontak, atau aktivitas berenang maupun membaca yang terlalu lama.

Obat Mata Rohto mengandung bahan aktif tetrahydrozoline HCl 0,05%, serta benzalkonium klorida sebagai pengawet.

Tetrahydrozoline HCl adalah dekongestan. Obat ini bekerja dengan cara mengecilkan ukuran pembuluh darah di mata untuk sementara waktu, agar mata merah mereda.

Rohto Cool

Sama seperti Obat Mata Rohto, Rohto Cool bermanfaat untuk mengatasi mata merah karena iritasi ringan.

Rohto Cool mengandung bahan aktif naphazoline HCl 0,012% sebagai dekongestan untuk meredakan mata merah, benzalkonium klorida sebagai pengawet, dan I-menthol sebagai cooling agent. Kandungan I-menthol pada Rohto Cool dapat memberikan sensasi dingin yang menyegarkan mata.

2. Rohto Tetes Mata untuk Mata Kering

Rohto Dryfresh

Rohto Dryfresh bermanfaat untuk mengatasi mata kering dan mencegah iritasi akibat kurangnya produksi air mata. Selain itu, tetes mata ini juga dapat digunakan untuk melumasi mata palsu.

Tiap ml Rohto Dryfresh mengandung 3 mg Hypromellose dan menthol. Hydroxypropyl methylcellulose (hypromellose) adalah air mata buatan yang dapat  melumasi dan melembapkan mata.

3. Rohto Tetes Mata untuk Mata Merah dan Mata Kering

Rohto V-Extra

Rohto V-Extra bermanfaat untuk meredakan mata merah karena iritasi ringan, mengurangi keluhan mata kering, serta menjadi perlidungan terhadap iritasi lebih lanjut.

Rohto V-Extra mengandung tetrahydrozoline HCl 0,05%, macrogol 400 1,0%, boric acid, sodium borate, disodium EDTA, chlorobutanol, potassium L-aspartate, polysorbate 80, borneol, benzalkonium chloride, pyridoxine HCl (vitamin B6), tocopheryl acetate (vitamin E), dan L-menthol.

Tetrahydrozoline HCl adalah dekongestan yang bekerja dengan cara mengecilkan ukuran pembuluh darah di mata, agar mata merah mereda. Sementara itu, macrogol 400 (PEG-400) adalah lubrikan mata sintetik yang bekerja dengan cara melumasi dan melembapkan mata.

4. Rohto Pencuci Mata

Rohto Eye Flush

Rohto Eye Flush bermanfaat untuk membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan kembali mata yang lelah. Pencuci mata ini juga digunakan untuk meringankan iritasi ringan akibat paparan debu atau asap, atau mata lelah akibat aktivitas yang membutuhkan fokus mata, seperti mengemudikan kendaraan.

Rohto Eye Flush mengandung distilled witch hazel 13% (v/v), tocopheryl acetate (vitamin E), benzalkonium chloride, purified water, L-menthol, disodium EDTA, polysorbate 80, boric acid, dan sodium borate.

5. Rohto Pelumas Lensa Kontak

Rohto C Cube

Rohto C Cube bermanfaat untuk meredakan mata kering, iritasi, dan rasa tidak nyaman saat menggunakan berbagai jenis lensa kontak, misalnya lensa kontak lunak, keras, sekali pakai, atau rigid gas permeable (RGB).

Tetes mata ini dapat langsung digunakan pada saat menggunakan lensa kontak, tanpa harus melepas lensa kontak terlebih dahulu.

Tiap ml Rohto C Cube mengandung hydroxyethylcellulose (HEC) 0,07. Hydroxyethylcellulose adalah air mata artifisial. Hydroxyethylcellulose bekerja dengan cara melumasi dan melembapkan mata.

Apa Itu Rohto 

Golongan Produk tetes mata Rohto: obat bebas terbatasRohto Eye Flush dan Rohto C Cube: obat bebas
Kategori Obat mata kering, obat mata merah, pencuci mata, atau pelumas lensa kontak
Manfaat Mengatasi mata merah dan mata kering
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Rohto untuk ibu hamil dan menyusui Rohto Dryfresh, Rohto Eye Flush, atau Rohto C Cube
Kategori N: Belum diketagorikan. Namun, kandungan dalam Rohto Dryfresh, Rohto Eye Flush, atau Rohto C Cube cenderung aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.Rohto Cool, Obat Mata Rohto, dan Rohto V-Extra
Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping dari tetrahydrazoline atau naphazoline terhadap janin. Namun, belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.Belum diketahui apakah tetrahydrazoline atau naphazoline dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, konsultasikan mengenai penggunaan produk ini dengan dokter.
Bentuk obat Tetes mata, cairan pencuci mata, atau cairan pelumas lensa kontak

Peringatan Sebelum menggunakan Rohto Eye Care

Perhatikan beberapa hal berikut sebelum menggunakan Rohto Eye Care:

  • Jangan menggunakan produk Rohto jika Anda alergi terhadap bahan yang terkandung di dalam produk ini.
  • Konsultasikan dahulu dengan dokter jika Anda ingin memberikan Rohto Eye Care kepada anak-anak usia di bawah 6 tahun.
  • Jangan menggunakan Obat Mata Rohto, Rohto Cool, Rohto V-Extra, atau Rohto Eye Flush saat Anda sedang menggunakan lensa kontak, terutama lensa kontak lunak. Lensa kontak bisa dipakai kembali 15 menit setelah penggunaan produk Rohto tersebut.
  • Jangan memberikan Obat Mata Rohto, Rohto Cool, Rohto V-Extra kepada anak-anak tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Jangan menggunakan Obat Mata Rohto, Rohto Cool, Rohto V-Extra, atau Rohto Eye Flush dalam jangka panjang dan berlebihan, kecuali jika disarankan dokter, karena produk tersebut mengandung benzalkonium klorida.
  • Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan Obat Mata Rohto, Rohto Cool, atau Rohto V-Extra jika Anda menderita glaukoma, diabetes, penyakit jantung, nyeri dada, tekanan darah tinggi, hipertiroidisme, atau kesulitan buang air kecil.
  • Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan produk Rohto Eye Care jika Anda sedang menggunakan lensa kontak, obat, suplemen, atau produk herbal tertentu, termasuk obat tetes mata, pencuci mata, atau pelumas lensa kontak lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya interaksi antarobat dan produk.
  • Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan produk Rohto Eye Care jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Jangan langsung mengemudikan kendaraan atau melakukan kegiatan yang membutuhkan kewaspadaan sesudah menggunakan produk Rohto Eye Care, karena produk ini dapat menyebabkan penglihatan buram beberapa saat setelah penggunaannya.
  • Segera ke dokter jika terjadi reaksi alergi setelah menggunakan produk Rohto Eye Care.

Dosis dan Aturan Pakai Rohto Eye Care

Berikut adalah dosis umum Rohto berdasarkan tujuan penggunaan dan varian produknya:

Tujuan: Mengatasi mata merah akibat iritasi

  • Obat Mata Rohto
    1–2 tetes pada mata yang sakit atau kedua mata, 2–3 kali sehari.
  • Rohto Cool
    1–2 tetes pada mata yang sakit atau kedua mata, 3–4 kali sehari.

Tujuan: Mengatasi mata kering

  • Rohto Dryfresh
    1–2 tetes pada setiap mata, 3 kali sehari.

Tujuan: Mengatasi mata merah teriritasi dan mata kering

  • Rohto V-Extra
    1–2 tetes pada setiap mata, 3–4 kali sehari.

Tujuan: Mencuci mata

  • Rohto EyeFlush
    Rendam setiap mata di dalam wadah eye bath selama 30 detik. Pastikan untuk membilas dan mengganti isi wadah eye bath dengan cairan Rohto Eyeflush yang baru setiap sebelum menggunakannya pada mata yang berbeda.

Tujuan: Meringankan rasa tidak nyaman di mata akibat penggunaan lensa kontak

  • Rohto C Cube
    1–2 tetes pada setiap mata, 5–6 kali sehari. Rohto C Cube boleh langsung diteteskan ke mata yang sedang menggunakan lensa kontak jenis apa pun.

Cara Menggunakan Rohto Eye Care dengan Benar

Baca aturan pakai yang tertera di kemasan Rohto atau ikuti anjuran dokter. Jika Anda menggunakan lensa kontak, pastikan untuk melepasnya terlebih dahulu sebelum menggunakan Obat Mata Rohto, Rohto Cool, Rohto V-Extra, Rohto EyeFlush, atau Rohto Dryfresh.

Cuci tangan sebelum menggunakan produk Rohto Eye Care. Jika akan menggunakan tetes mata Rohto, dongakkan kepala Anda dan tarik kelopak mata bawah untuk membentuk kantung. Teteskan tetes mata Rohto, kemudian tutup mata selama 1–2 menit.

Tetes mata Rohto dan Rohto Eye Flush mengandung benzalkonium klorida, sehingga tidak dianjurkan untuk penggunaan jangka panjang dan berlebihan. Jika keluhan Anda sudah mereda, hentikan penggunaan produk ini. Jika keluhan yang dialami tidak kunjung mereda dalam 3 hari, lakukan pemeriksaan ke dokter.

Pastikan ujung botol tetes mata tidak tersentuh permukaan mata, jari, atau benda lain untuk menghindari kontaminasi. Selain itu, sebaiknya hanya gunakan Rohto Eye Care untuk diri sendiri dan jangan berbagi dengan orang lain.

Jangan menggunakan tetes mata Rohto jika cairan di dalamnya sudah keruh atau  berubah warna.

Jika perlu menggunakan obat salep atau tetes mata lain, gunakan obat tersebut minimal 5 menit setelah menggunakan tetes mata Rohto.

Jika Anda akan menggunakan Rohto C Cube, tidak perlu membuka lensa kontak terlebih dahulu. Produk ini berguna untuk melumasi mata yang sedang menggunakan lensa kontak.

Jika Anda akan menggunakan Rohto Eye Flush, pastikan untuk membilas wadah eye bath terlebih dahulu dengan cairan Rohto Eye Flush. Setelah itu, tuangkan cairan Rohto Eye Flush hingga mencapai garis yang terdapat pada wadah eye bath.

Selanjutnya, rendam mata dalam cairan tersebut selama 30 detik sembari mengedip-ngedipkan mata. Rendam mata lainnya dalam wadah eye bath yang sudah dibilas dan diisi kembali dengan Rohto Eye Flush.

Setelah menggunakan Rohto Eye Flush, tutup mata sebentar dan bersihkan sisa cairan yang tersisa di sekitar mata. Buang cairan yang sudah digunakan dan bilas wadah eye bath dengan Rohto Eye Flush agar kembali steril. Masukkan Rohto Eye Flush lagi ke dalam kemasannya.

Interaksi Rohto Eye Care dengan Obat Lain

Kandungan tetrahydrozoline HCl dalam Obat Mata Rohto dan Rohto V-Extra atau naphazoline HCl dalam Rohto Cool bisa menimbulkan efek interaksi obat jika digunakan bersama obat-obatan tertentu, seperti:

  • Peningkatan tekanan darah yang tinggi jika digunakan dengan ergotamine atau dihydroergotamine
  • Peningkatan detak jantung, tekanan darah, atau risiko terjadinya aritmia jika digunakan dengan albuterol, guanethidine, atau obat golongan MAOI, seperti isocarboxazid, selegiline, atau phenelzine

Efek Samping dan Bahaya Rohto Eye Care

Produk Rohto Eye Care jarang menimbulkan efek samping. Namun, kandungan tetrahydrozoline HCl dan naphazoline HCl pada Obat Mata Rohto, Rohto V-Extra, dan Rohto Cool terkadang bisa menyebabkan efek samping berupa:

  • Mata merah
  • Mata terasa tersengat (ringan)
  • Silau saat melihat cahaya
  • Penglihatan buram sementara

Rohto Dryfresh mengandung hypromellose, sementara Rohto C Cube mengandung hydroxyethylcellulose. Kedua kandungan tersebut terkadang bisa menyebabkan efek samping berupa:

  • Mata merah
  • Mata terasa sedikit panas
  • Penglihatan buram untuk sementara waktu saat penggunaan yang pertama kali

Hubungi dokter jika efek samping di atas tidak mereda atau semakin memburuk. Segera hentikan penggunaan obat tetes mata yang mengandung naphazoline HCl atau tetrahydrozoline HCl dan konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami efek samping serius, seperti:

  • Nyeri mata
  • Mata bertambah merah atau tetap terasa perih dan panas
  • Mata terasa gatal
  • Bagian dalam mata atau area sekitar mata bengkak
  • Gangguan penglihatan
  • Tubuh gemetar (tremor), berkeringat, atau terasa lemas
  • Jantung berdebar, jantung berdetak cepat (takikardia), atau detak jantung tidak teratur (aritmia)
  • Sakit kepala
  • Kecemasan

Segera hentikan penggunaan obat tetes mata yang mengandung hypromellose atau hydroxyethylcellulose dan konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami efek samping serius, seperti:

  • Nyeri mata
  • Mata tetap merah atau teriritasi
  • Perubahan pada penglihatan

Anda juga perlu segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat yang berat setelah menggunakan produk Rohto jenis apa pun. Kondisi ini bisa ditandai dengan munculnya ruam di sekitar area mata, bengkak pada wajah, lidah, atau tenggorokan, rasa sangat pusing, atau kesulitan bernapas.