Kurma sukari merupakan salah satu jenis kurma favorit di Indonesia karena  rasa manisnya yang seperti permen. Namun, tahukan Anda bahwa banyak manfaat kurma sukari yang bisa diperoleh dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya?

Sukari atau dalam Bahasa Arab “sukkar” memiliki arti gula. Cita rasanya yang ekstra manis dan dagingnya yang lembut membuat kurma ini menjadi salah satu jenis kurma kualitas premium yang paling terkenal di Arab Saudi.

Sederet Manfaat Kurma Sukari yang Jarang Diketahui - Alodokter

Manfaat kurma sukari pun tak perlu diragukan lagi. Kurma dengan tampilan yang unik berwarna keemasan ini diketahui memiliki banyak nutrisi penting dan kaya akan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Beragam Manfaat Kurma Sukari

Rasa manis kurma sukari berasal dari kadar gulanya yang tinggi. Meski tinggi gula, kurma ini juga merupakan sumber serat, mineral, dan antioksidan alami yang dapat membawa manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat kurma sukari yang sayang untuk Anda lewatkan:

1. Menyehatkan pencernaan

Satu porsi atau setara dengan 5 buah kurma sukari dapat memenuhi sekitar 8–12% kebutuhan serat harian Anda. Inilah yang membuat kurma sukari baik untuk kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit, apalagi bila dikombinasikan dengan makanan tinggi serat lainnya.

Selain karena kandungan seratnya, manfaat kurma sukari ini juga didukung oleh kandungan antioksidan flavonoid yang terbukti mampu menjaga kesehatan usus dan menurunkan risiko kambuhnya radang usus atau terjadinya kanker kolorektal.

2. Menangkal radikal bebas

Kurma sukari adalah salah satu makanan bernutrisi tinggi yang mengandung banyak antioksidan alami, seperti fenolik dan flavonoid. Kandungan antioksidan ini berperan penting dalam menangkal paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi adalah faktor risiko penyakit jantung, penyebab kematian utama di seluruh dunia. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan darah adalah menjalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium.

Kalium merupakan mineral tertinggi yang terkandung dalam kurma sukari. Bahkan, kadar kalium pada kurma sukar terbukti lebih tinggi daripada pisang yang terkenal kaya akan kalium. Dengan kalium yang tinggi dan kandungan sodium yang rendah tersebut, kurma sukari dinilai cocok untuk Anda yang mengalami hipertensi.

4. Meningkatkan energi

Kandungan gula alami yang ada dalam daging kurma sukari, seperti glukosa dan fruktosa, bisa diserap dengan cepat oleh usus untuk dijadikan sumber energi sel-sel tubuh Anda. Oleh karena itu, kurma sukari bisa menjadi pilihan yang baik untuk sumber energi di pagi hari atau saat berolahraga.

5. Memperkuat tulang

Kandungan kalium, kalsium, dan magnesium juga merupakan mineral yang banyak ditemukan dalam kurma sukari. Nyatanya, kandungan mineral ini lebih tinggi dibandingkan kandungan dalam beberapa buah lainnya, seperti delima, manga, dan pisang.

Berkat tingginya kadar mineral inilah kurma sukari dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, serta membantu otot, jantung, dan otak Anda bekerja dengan optimal.

Manfaat kurma sukari tidak hanya itu. Makanan ini bisa menjadi pelengkap sumber nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan menyusui, anak-anak, serta lansia. Kurma ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengurangi konsumsi gula tambahan.

Cara mengonsumsi kurma sukasari pun mudah. Anda bisa memakannya secara langsung, mencampurnya dengan pisang untuk dijadikan smoothie, mencampurnya dengan susu untuk menjadi susu kurma, atau mencampurnya dengan bubur oatmeal untuk menambah cita rasanya.

Selain itu, kurma sukari juga bisa dijadikan salah satu bahan untuk membuat infused water.

Untuk memperoleh manfaat kurma sukari secara maksimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah ini secukupnya dan tidak berlebihan. Selain itu, konsumsi gula harian juga harus dibatasi. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai porsi kurma sukari yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.