Senam zumba merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan anak muda. Ritme gerakan yang cepat tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menurunkan berat badan secara signifikan dan tentunya baik untuk kesehatan.

Senam zumba adalah latihan fisik yang memadukan kombinasi tari salsa dan gerakan aerobik yang menyenangkan. Tidak ada gerakan khusus dalam senam zumba, sebab fokus senam ini adalah menggerakkan seluruh anggota badan dengan mengikuti irama musik.

Inilah 5 Manfaat Senam Zumba yang Sayang untuk Dilewatkan - Alodokter

Berbagai Manfaat Senam Zumba

Ada beberapa manfaat senam zumba yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Mengurangi stres

Aktivitas yang padat dan pekerjaan yang tiada habisnya terkadang membuat Anda merasa penat dan stres. Untuk mengatasinya, Anda bisa berolahraga dan salah satunya adalah dengan melakukan senam zumba.

Saat melakukan senam ini, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memicu perasaan bahagia dan mengurangi stres. Selain itu, senam zumba juga diiringi musik yang membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan.

2. Menjadi sarana bersosialisasi

Melakukan olahraga secara berkelompok layaknya senam zumba juga dapat membantu Anda bersosialisasi dengan orang banyak. Dengan melakukan senam zumba, Anda pun dapat berkumpul bersama orang-orang yang memiliki minat serupa.

3. Menurunkan dan menjaga berat badan tetap ideal

Senam zumba dipercaya dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Sebuah studi menyebutkan bahwa senam zumba yang dilakukan selama 30 menit setiap harinya dapat membakar sekitar 9,5 kalori per menit.

Oleh karena itu, jika Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, tidak ada salahnya mencoba senam zumba. Namun, jangan lupa untuk tetap konsumsi makanan bergizi seimbang agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

4. Mengendalikan tekanan darah

Menurut penelitian, melakukan senam zumba selama kurun waktu 12 minggu mampu menurunkan tekanan darah dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada tekanan darah, seperti hipertensi atau hipotensi.

5. Menjaga kesehatan jantung

Ketika melakukan senam zumba, detak jantung akan meningkat dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen pun akan naik. Hal ini membuat senam zumba dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Senam zumba dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang bosan melakukan olahraga kardio. Melakukan senam ini secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus membuat Anda bersenenang-senang dengan berbagai musik pilihan.

Namun, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, senam zumba sebaiknya dilakukan di rumah saja meski umumnya dilakukan secara berkelompok. Anda bisa bergabung dengan kelas-kelas senam zumba yang dibuka secara online atau mengikuti video senam zumba dari situs internet.

Sebelum melakukan senam zumba, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama bila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah cedera atau justru memperparah kondisi yang diderita.