Suplemen penambah berat badan bisa menjadi salah satu pilihan bagi orang yang ingin menaikkan berat badan. Ini karena di dalam suplemen tersebut terdapat nutrisi atau kandungan yang dapat mendukung peningkatan berat badan.

Guna menaikkan berat badan, Anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat yang tinggi kalori dan berolahraga secara rutin. Jika sudah melakukannya tetapi belum mencapai hasil yang diinginkan, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan suplemen penambah berat badan.

Suplemen Penambah Berat Badan Beserta Kandungan Nutrisi di Dalamnya - Alodokter

Kandungan Suplemen Penambah Berat Badan

Suplemen penambah berat badan tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet minum hingga bubuk. Ada beberapa nutrisi yang umum terkandung di dalam suplemen tersebut, yaitu:

1. Protein

Umumnya, jenis suplemen penambah berat badan ini direkomendasikan untuk atlet angkat beban, binaragawan, atau penderita malnutrisi yang tidak dapat memenuhi kebutuhan protein harian hanya dari makanan yang mengandung protein tinggi.

Suplemen protein dapat menaikkan berat badan sekaligus meningkatkan massa otot. Namun, konsumsi suplemen protein dalam menambah berat badan dinilai efektif jika diimbangi dengan banyak konsumsi makanan berkalori.

Selama menambah asupan kalori, pastikan pula untuk memilih sumber kalori tambahan yang sehat, seperti keju, alpukat, kacang-kacangan, kentang, maupun minyak zaitun untuk menggoreng.

2. Kreatin

Kreatin merupakan asam amino yang dapat diproduksi oleh tubuh dan bisa ditemukan di dalam suplemen penambah berat badan. Kreatin mampu menaikkan berat badan dengan cara meningkatkan massa otot, sehingga penambahan berat badan terjadi tanpa meningkatkan kadar lemak dalam tubuh.

Meski begitu, konsumsi suplemen kreatin harus dilakukan secara hati-hati dan sesuai dengan takaran guna meminimalkan efek samping berupa gangguan pencernaan dan kelebihan cairan dalam jaringan tubuh.

3. Minyak ikan

Minyak ikan mengandung omega-3 yang tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan jantung, tetapi juga menambah berat badan. Namun, untuk mendapatkan manfaat minyak ikan ini, Anda perlu untuk menambah jumlah konsumsi kalori harian guna mencapai berat badan yang diinginkan.

4. BCAA

Bagi yang ingin menaikkan berat badan dengan cepat, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung BCAA (branched-chain amino acids). Ini merupakan jenis asam mino esensial yang terdiri dari leusin, isleusin, dan valin yang juga dapat ditemukan di dalam daging, susu, dan kacang-kacangan.

Namun, ingat, suplemen penambah berat badan dengan kandungan BCAA harus dikonsumsi sesuai saran atau pengawasan dokter.

5. Vitamin B

Vitamin B juga kerap terkandung dalam suplemen penambah berat badan. Vitamin ini dinilai dapat meningkatkan energi dan bahkan menambah nafsu makan, sehingga mampu menaikkan berat badan.

Selain dari suplemen, vitamin B juga dapat ditemukan di dalam berbagai makanan, seperti telur, beras merah, jeruk, alpukat, serta daging sapi, ikan, dan ayam.

Tidak hanya kelima kandungan di atas, kandungan lain yang juga dapat ditemukan di dalam suplemen penambah berat badan adalah vitamin A, vitamin D, dan krill oil.

Itulah beberapa pilihan suplemen penambah berat badan. Saat memilih suplemen ini di pasaran, pilih produk suplemen yang telah terdaftar di BPOM. Jangan lupa untuk mengonsumsinya sesuai petunjuk yang tertera dalam kemasan agar efektif dan aman.

Penggunaan suplemen penambah berat badan harus dilakukan secara hati-hati karena konsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping berupa mual, muntah, atau diare. Selain itu, beberapa orang mungkin saja mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu dalam suplemen penambah berat badan.

Agar lebih aman, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen penambah berat badan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung dan penyakit ginjal. Dengan begitu, dokter dapat merekomendasikan suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda.