Rambut rontok setelah melahirkan bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi sebagian wanita. Karena jumlah rambut yang rontok bisa cukup banyak, tak sedikit wanita merasa takut akan mengalami kebotakan. Nah, jika kamu mengalami keluhan ini, ada beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok yang bisa kamu coba.

Rambut rontok setelah melahirkan adalah keluhan yang cukup sering terjadi pada wanita dan umumnya tidak berbahaya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dan setelah bersalin, stres, hingga kurangnya asupan nutrisi tertentu.

Tips Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan - Alodokter

Tips Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Bila saat hamil rambutmu tampak tebal dan kuat, kerontokan rambut yang kamu alami setelah melahirkan mungkin akan membuatmu kaget dan panik.

Sebelum panik berlebihan, kamu perlu tahu bahwa sebenarnya rambut rontok setelah melahirkan adalah hal yang lumrah terjadi. Kondisi ini bukanlah hal yang harus ditakuti, karena sering kali bisa membaik dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan pascapersalinan.

Namun, jika kamu merasa terganggu dengan keluhan ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keluhan rambut rontok setelah melahirkan, antara lain:

1. Konsumsi makanan sehat

Guna menjaga kesehatan rambut dan menguatkan akar rambut agar rambutmu tidak rontok lagi, konsumsilah makanan yang mengandung protein, zinc, asam lemak omega-3, vitamin B, vitamin C, magnesium, dan zat besi. Aneka nutrisi tersebut bisa kamu peroleh dari telur, ikan, daging, kacang, buah dan sayuran, serta susu.

Selain berkhasiat untuk rambutmu, aneka nutrisi tersebut juga bisa memberikan manfaat lainnya, yakni sebagai sumber energi, mendukung produksi ASI dan proses menyusui, serta membantu tubuhmu cepat pulih setelah melahirkan.

2. Lengkapi gizi dengan vitamin

Setelah melahirkan, kamu masih boleh mengonsumsi suplemen atau vitamin prenatal. Suplemen ini baik untuk membantu mencukupi asupan gizi yang kamu butuhkan.

Asupan nutrisi yang lengkap tentu sangat berperan dalam proses pemberian ASI eksklusif kepada bayimu. Selain itu, kandungan pada vitamin prenatal tersebut juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut setelah melahirkan, lho.

3. Kurangi pemakaian pengering dan pelurus rambut

Haidryer dan catokan rambut memang tidak bisa jauh dari kehidupan wanita, apalagi bila kamu terbiasa menata rambutmu sebelum memulai kegiatan sehari-hari. Namun, untuk mengatasi rambut yang rontok setelah melahirkan, kamu perlu mengurangi dulu pemakaian dua alat ini, ya.

Pasalnya, panas yang dihasilkan kedua alat ini bisa menyebabkan rambutmu mudah rusak, kering, dan tampak lebih tipis, sehingga bisa memperparah kerontokan rambut. Selain itu, saat menyisir, sebaiknya kamu tidak melakukannya dengan keras dan kencang karena bisa membuat rambut rontok semakin banyak.

4. Selektif memilih sampo dan gunakan kondisioner

Untuk mengurangi rambut rontok, kamu perlu selektif dalam memilih sampo yang cocok untuk jenis rambutmu. Menggunakan sampo yang salah justru bisa merusak kesehatan rambut. Selain itu, kamu dianjurkan untuk lebih sering menggunakan kondisioner setelah keramas.

Perawatan rambut yang tepat berperan penting dalam membuat rambut lebih kuat, tampak berkilau, mudah diatur, dan melembutkan rambut. Dengan merawat rambut secara benar, masalah rambut rontok yang kamu alami mungkin untuk teratasi.

5. Terapkan cara keramas yang benar

Selain selektif dalam memilih produk perawatan rambut, kamu pun harus menerapkan cara keramas yang benar, antara lain:

  • Keramas tidak lebih dari 1 kali per hari.
  • Gunakan sampo dan kondisioner secukupnya saja.
  • Hindari menggunakan air yang terlalu panas saat keramas karena bisa merusak rambut.
  • Keringkan rambut dengan handuk secara pelan. Hindari menggosok rambut dengan handuk terlalu kencang karena bisa membuat rambut lebih mudah patah.

Menyiasati rambut rontok memang gampang-gampang susah. Namun, bukan berarti masalah rambut ini tidak dapat kamu atasi. Selain beberapa tips di atas, ingatlah untuk selalu memperlakukan rambut dengan lembut dan tidak menguncirnya terlalu kencang, agar rambut tidak mudah patah dan rontok.

Jika tips-tips di atas telah kamu lakukan tetapi masalah rambut rontok setelah melahirkan tak kunjung teratasi, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.