Merawat kecantikan kulit wajah tidak hanya dilakukan pada pagi atau siang hari, tetapi juga pada malam hari sebelum Anda tidur. Perawatan wajah sebelum tidur sangat penting, karena malam hari adalah waktu bagi kulit untuk melakukan regenerasi dan perbaikan.

Saat tubuh terasa lelah dan mengantuk, Anda tentu hanya ingin cepat berbaring di tempat tidur. Namun, ada baiknya bila Anda melawan rasa malas dan mulai membiasakan diri untuk merawat kecantikan kulit wajah sebelum tidur malam. Dengan demikian, kesehatan kulit pun bisa tetap terjaga.

Tips Merawat Kecantikan Kulit Wajah Sebelum Tidur - Alodokter

Tips Merawat Kecantikan Sebelum Tidur

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat, ada beberapa tips merawat kecantikan kulit wajah sebelum Anda terlelap, yaitu:

Tips 1: bersihkan sisa make up dan kotoran

Sebagian wanita hanya sekadar mencuci muka saja untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan sisa kosmetik. Bila Anda memiliki kebiasaan tersebut, maka Anda keliru.

Membersihkan wajah dari make up dan kotoran merupakan langkah paling awal dalam merawat kecantikan kulit sebelum Anda menggunakan sabun cuci muka. Hal ini karena sebagian besar kosmetik berbahan dasar minyak dan bersifat tahan air, sehingga lebih sulit dibersihkan.

Agar lebih mudah membersihkannya, Anda dianjurkan untuk menggunakan make up remover atau pembersih berbahan dasar minyak. Sisa kosmetik yang tidak dibersihkan dapat memicu munculnya jerawat, kulit kusam, dan pori-pori membesar.

Tips 2: bersihkan wajah dengan sabun yang tepat

Setelah wajah bersih dari sisa kosmetik dan kotoran, bersihkan wajah dengan sabun cuci muka berbahan lembut. Anda pun disarankan untuk memilih dan menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit.

Bila jenis kulit Anda berminyak, disarankan untuk menghindari sabun cuci muka berbahan dasar minyak. Bila Anda ingin tetap memakainya, gunakan hanya di bagian mata saja untuk membersihkan kosmetik yang sulit dihilangkan.

Sedangkan untuk kulit wajah kering, gunakan sabun cuci muka tanpa kandungan alkohol dan pewangi tambahan karena justru bisa menyebabkan kulit semakin kering dan mengalami iritasi.

Tips 3: berikan nutrisi pada kulit

Setelah wajah dibersihkan, oleskan toner untuk mengangkat sisa kotoran yang tidak terangkat saat menggunakan sabun pembersih. Penggunaan toner juga dapat mengembalikan pH alami kulit yang hilang saat mencuci muka.

Langkah berikutnya adalah oleskan serum. Saat ini, tersedia beragam jenis serum wajah dengan manfaat yang berbeda-beda. Misalnya, serum vitamin A yang membantu regenerasi sel kulit mati, mengatasi pori-pori tersumbat, memudarkan bintik hitam, merangsang produksi kolagen, dan menyamarkan garis halus.

Anda juga bisa menggunakan serum vitamin C yang berkhasiat untuk melindungi kulit dari efek sinar UV, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi produksi kolagen yang membuat kulit menjadi gelap.

Jika serum sudah benar-benar meresap, oleskan pelembap wajah atau krim malam. Krim yang mengandung bahan aktif hyaluronic acid dapat mempertahankan kelembapan kulit, sehingga kulit lebih kenyal.

Tips 4: akhiri dengan tidur yang cukup

Setelah kulit bersih dan sudah ternutrisi, Anda bisa bersiap untuk tidur. Tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Kurang tidur bisa membuat mata terlihat bengkak dan kulit wajah menjadi kusam. Jika kebiasaan tidak sehat ini terus dilakukan, garis-garis halus dan kantong mata pun akan semakin tampak jelas.

Selain itu, usahakan untuk tidur dalam posisi telentang. Posisi tidur ini dapat mengurangi terbentuknya garis halus pada wajah, karena tidak ada tekanan pada satu sisi kulit wajah saat Anda tidur.

Selain rutin merawat kecantikan dari luar, perawatan juga perlu dilakukan dari dalam. Kurangi stres dan jalani hidup dengan melakukan hal positif yang dapat membuat Anda bahagia. Jadikan konsumsi makanan sehat seperti buah serta sayur dan cukup minum air putih sebagai rutinitas untuk menutrisi kulit Anda.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar tips merawat kecantikan sebelum tidur atau seputar perawatan kecantikan lainnya, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jawabannya.