Krim malam umumnya digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit wajah. Selain menjaga kelembapan kulit, krim malam juga diketahui baik untuk menyamarkan noda hitam hingga mengurangi tanda-tanda penuaan.

Perawatan wajah tidak hanya dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas, tetapi juga malam hari sebelum tidur. Hal ini karena malam hari merupakan waktu bagi tubuh untuk memperbaiki sel dan jaringan yang rusak, tak terkecuali kulit wajah.

Jangan Dilewatkan, Ini 4 Manfaat Krim Malam untuk Kulit Wajah - Alodokter

Salah satu produk yang digunakan untuk merawat kulit pada malam hari adalah krim malam. Jenis krim ini dipercaya mampu menutrisi kulit lebih dalam, sehingga proses regenerasi sel kulit wajah pun dapat berjalan lebih optimal.

Kandungan Krim Malam

Sebenarnya, krim malam memiliki kandungan yang serupa dengan krim wajah pada umumnya. Namun, krim malam telah diformulasikan secara khusus untuk lebih mudah menyerap ke dalam kulit.

Berikut ini adalah beberapa kandungan yang terdapat di dalam krim malam:

  • Air
  • Humektan, seperti asam alfa hidroksi (AHA) dan hyaluronic acid
  • Emolien
  • Retinol
  • Niacinamide

Selain itu, krim malam juga mengandung bahan-bahan lainnya, seperti asam laktat, minyak jojoba, minyak zaitun, shea butter, serta beragam vitamin dan antioksidan.

Manfaat Krim Malam

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menggunakan krim malam secara rutin, di antaranya:

1. Menjaga kelembapan dan elastisitas kulit

Mencuci wajah sebelum tidur memang penting dilakukan untuk mencegah munculnya masalah akibat kulit wajah yang kotor. Namun, mencuci wajah tanpa menggunakan pelembap setelahnya, justru dapat membuat kulit wajah mudah kering, terutama bagi Anda yang menggunakan AC di kamar tidur.

Menggunakan krim malam secara rutin dapat mencegah dan mengatasi kulit kering pada wajah. Kandungan humektan, seperti hyaluronic acid dan gliserin, mampu mengunci kelembapan kulit, sedangkan kandungan emoliennya dapat menghaluskan kulit.

Dengan demikian, kulit wajah pun akan terhindar dari dehidrasi serta terjaga kelembapan dan elastisitasnya.

2. Memperbaiki lapisan kulit wajah yang rusak

Paparan polusi udara dan sinar matahari berlebih, penggunaan sabun wajah berbahan keras, serta stres, ternyata dapat membuat lapisan teratas kulit rusak. Hal ini kemudian akan memicu munculnya berbagai masalah kulit wajah, seperti gatal-gatal, hiperpigmentasi, iritasi kulit, dan munculnya jerawat.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah ini, Anda disarankan untuk menggunakan krim malam dengan kandungan yang dapat memperbaiki sel kulit wajah. Kandungan ceramides pada krim malam diketahui mampu memperbaiki lapisan kulit yang rusak serta mengatasi masalah kulit kering, gatal, dan berjerawat.

Sementara itu, kandungan minyak alami dalam krim malam, seperti minyak jojoba, minyak biji bunga matahari, dan minyak chamomile, memiliki sifat antiradang dan antioksidan, sehingga dapat memperbaiki kerusakan pada lapisan teratas kulit.

3. Menyamarkan kerutan pada wajah

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun dan kulit pun akan mulai mengendur. Akibatnya, tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan keriput mulai bermunculan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda disarankan menggunakan krim malam yang mengandung retinol atau hyaluronic acid. Kedua kandungan tersebut diketahui baik untuk menstimulasi produksi kolagen dan meremajakan kulit, sehingga kerutan pada wajah pun akan berkurang dan tersamarkan.

Meski demikian, krim malam dengan kandungan retinol sebaiknya digunakan secara bertahap. Hal ini karena retinol berisiko menyebabkan iritasi kulit bila digunakan secara berlebihan, terutama bagi Anda yang berkulit sensitif.

4. Mencerahkan kulit wajah

Sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman dengan noda hitam dan bekas jerawat yang gelap di wajah. Apalagi jika disertai dengan kondisi kulit yang terlihat kusam.

Untuk mencerahkan kulit wajah, Anda bisa menggunakan krim malam yang mengandung AHA. Zat ini diketahui dapat mengangkat sel kulit mati dan menghambat produksi melanin, sehingga kulit tampak lebih cerah.

Selain itu, Anda juga bisa memilih krim malam dengan kandungan vitamin C dan vitamin E yang dapat mencerahkan kulit kusam dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Memilih Krim Malam sesuai Jenis Kulit

Meski manfaat krim malam baik untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, tetapi Anda tetap harus memperhatikan kandungan yang ada di dalam krim malam dan memilihnya sesuai dengan jenis kulit.

Bagi Anda yang berkulit kering, disarankan untuk menggunakan krim malam yang mengandung lebih banyak pelembap agar kulit dapat terhidrasi dengan maksimal.

Sementara itu, untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau kulit sensitif, sebaiknya hindari krim malam yang mengandung minyak, karena dapat memicu penyumbatan pori-pori penyebab munculnya jerawat. Agar lebih mudah, Anda bisa memilih krim malam yang berlabel noncomedogenic.

Selain menggunakan krim malam, Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, seperti cukup minum air putih, berhenti merokok, dan hindari stres, untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Jika perlu, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat dalam menentukan jenis krim malam yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda.