Apa Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan?

Bawang putih terkenal bukan hanya sebagai bumbu masak, tapi juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Berbagai ramuan tradisional dari zaman Mesir kuno, India, hingga Tiongkok, melibatkan bawang putih sebagai salah satu bahan utamanya.

Sejumlah studi mengaitkan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

Namun, manfaat bawang putih untuk kesehatan memang belum terbukti 100 persen, sehingga masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam. Meski demikian, beberapa penelitian telah menemukan kemungkinan manfaat seperti berikut ini.

Baik Untuk Jantung dan Usus

Dari percobaan terhadap tikus, diketahui bahwa senyawa alami dari minyak bawang putih dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan setelah terkena serangan jantung. Diallyl trisulfida, nama senyawa tersebut, dipercaya dapat digunakan sebagai pengobatan untuk gagal jantung.

Senyawa yang sama juga berpotensi mampu melawan bakteri penyebab infeksi pada usus. Ini membuat bawang putih berpeluang dijadikan antibiotik guna mengurangi penyakit akibat bakteri yang ada di makanan atau di lingkungan sekitar.

Mencegah Kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah dua kali seminggu berpotensi mencegah terkena kanker paru-paru. Konsumsi bawang putih juga diduga dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Selain itu, senyawa organo sulfur dalam bawang putih diketahui mampu membasmi sel kanker otak. Penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih dapat menjadi obat alami yang manjur untuk menghambat kanker pada otak. Namun, saat ini masih dibutuhkan percobaan lebih menyeluruh sebagai prosedur medis.

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Ekstrak bawang putih diduga mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Beberapa temuan penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

Bawang putih juga diduga mampu sedikit menurunkan kolesterol dalam tubuh, tetapi bukan berarti bawang putih dapat menjadi obat hipertensi maupun kolesterol yang efektif karena masih memerlukan penelitian yang lebih luas.

Mencegah Pilek

Bawang putih diduga mampu menstimulasi sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Oleh karena itu, bawang putih mungkin dapat mengurangi risiko terkena pilek. Namun, hal ini masih berupa temuan dini. Sehingga, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah bawang putih dapat menjadi suplemen yang mampu mencegah dan mengobati pilek.

Jika Anda berniat menggunakan suplemen bawang putih untuk tujuan kesehatan, ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Selain itu, khasiat bawang putih dapat dimaksimalkan jika dikonsumsi mentah karena memasaknya terlalu matang dapat menghancurkan kandungannya yang penting.