Cara Melembabkan Kulit Wajah dengan Pilihan Pelembab Berikut ini

Moisturizer menjadi salah satu pilihan wanita sebagai cara melembabkan kulit wajah yang kering. Yuk, cari tahu apakah langkah-langkah yang Anda lakukan sudah benar atau belum.

Udara dingin sering kali membuat wajah terasa kering, kasar, kusam, atau berkerak. Apalagi jika jenis kulit Anda memang tergolong kering. Oleh sebab itu, banyak orang yang berusaha untuk melembabkan kulit mereka. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan moisturizer alias pelembab wajah.

Cara melembabkan kulit wajah dengan pilihan pelembab berikut ini - alodokter

Pelembab wajah bertindak sebagai pelindung yang menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan sehat, memperbaiki kulit kering, melindungi kulit sensitif, serta memperbaiki warna dan tekstur kulit. Mau tahu bagaimana cara melembabkan kulit wajah yang baik? Yuk, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Pilih pelembab sesuai jenis kulit wajah

Agar perawatan kulit dan pelembab bekerja secara efektif, dianjurkan untuk memilih pelembab wajah sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, kulit pun akan terlihat dan terasa lembut.

  • Kulit kering. Pilih pelembab berbahan dasar minyak (oil-based) dan mengandung berbagai bahan yang membantu menjaga kulit lembab. Misalnya pelembab berbahan dasar petrolatum sangat cocok untuk kulit yang sangat kering atau kulit pecah-pecah.
  • Kulit berminyak. Cari produk pelembab berbahan dasar air (water-based) yang berlabel noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori. Kulit berminyak membutuhkan pelembab, terutama setelah menggunakan produk perawatan kulit yang dapat menghilangkan minyak dan mengeringkan kulit.
  • Kulit sensitif. Pilih pelembab yang mengandung bahan-bahan seperti chamomile atau lidah buaya dan tidak mengandung asam, wewangian, atau pewarna.
  • Kulit menua. Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung menjadi lebih kering karena produksi minyak semakin berkurang, Oleh karena itu, cari pelembab berbasis minyak yang mengandung petrolatum, antioksidan, atau Alpha Hydroxy Acids (AHA) untuk memerangi keriput.
  • Kulit normal. Pilih pelembab berbahan dasar air yang tidak terasa berminyak dan mengandung minyak ringan atau turunan silikon seperti cyclomethicone.

Cara melembabkan kulit wajah

Cara mengoleskan atau cara melembabkan kulit wajah ternyata tidak bisa sembarangan. Ada tahap-tahap yang sebaiknya dilakukan agar pelembab bekerja dengan maksimal di kulit Anda. Apa sajakah itu?

  • Cuci wajah. Bersihkan kulit dengan air bersih dan sabun wajah untuk membersihkan dan menghapus riasan, kotoran, serta keringat yang menumpuk.
  • Oleskan pelembab segera setelah wajah dibasuh dan masih lembab. Alias tidak lebih dari 2-3 menit setelah wajah dicuci. “Pelembab akan membantu mengunci air dan terserap kulit dengan lebih baik," ujar seorang ahli kecantikan.
  • Usapkan sejumput pelembab ke pipi, dahi, dagu, dan hidung dengan tangan dan jari yang bersih. Ini berguna untuk mencegah masuknya kotoran dan bakteri, serta penyumbatan pori-pori.
  • Pijat wajah agar pelembab rata dan terserap sempurna di kulit.
  • Tunggu selama paling sedkit 2 agar pelembab kering dan terserap kulit sebelum mengaplikasikan makeup.

Dianjurkan untuk tidak mengoleskan pelembab terlalu banyak atau terlalu sedikit. Mengapa? Jika terlalu banyak, kulit akan terlihat mengkilap dan terasa berat, menyebabkan jerawat, dan membuat Anda kesulitan untuk mengaplikasikan makeup. Sedangkan jika terlalu sedikit, kulit akan merasa kencang, kering, berkerak, pecah-pecah, dan terlihat kusam. Bila menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit, sejumput saja sudah cukup untuk dioleskan ke seluruh wajah.

Cara melembabkan kulit wajah tidaklah susah, asalkan Anda ingat untuk menggunakan pelembab wajah sesuai jenis kulit dan mengikuti aturan yang dianjurkan.