Cara Meninggikan Badan dengan Sehat dan Alami

Manusia dapat bertambah tinggi hingga dia mencapai antara usia 20-25 tahun. Selepas dari itu, sayangnya tidak ada cara instan yang sehat untuk meninggikan badan. Meski begitu, Anda tidak perlu cemas karena masih ada beberapa trik dan cara agar tubuh dapat terlihat tinggi dan tetap sehat.

Banyak orang mencari-cari cara meninggikan badan agar memiliki tubuh semampai seperti model. Seorang pediatrik endokrinologis mengungkap bahwa tinggi badan seseorang ditentukan oleh banyak faktor, seperti pola perkembangan dan pertambahan tinggi badan, kapan mencapai pubertas, penyakit kronis yang mungkin diidap, dan asupan nutrisi.

cara meninggikan badan-alodokter

Faktor gen memegang peran penting dalam pola pertumbuhan dan tinggi maksimal seseorang, sehingga dengan memperhatikan berapa tinggi badan orang tua, Anda yang masih remaja dapat memprediksi berapa kira-kira tinggi badan Anda setelah mencapai usia 25-an nanti.

Seorang profesor pediatrik memberikan rumus untuk memperkirakan tinggi maksimal seseorang, yaitu:

  • Untuk perempuan: ((tinggi ayah – 12,5 cm) + tinggi ibu)) : 2
  • Untuk pria: ((tinggi ibu + 12,5 cm) + tinggi ayah)) : 2

Hasil yang didapatkan kemudian ditambah atau dikurangi sekitar 5 cm.

Membuat Tubuh Terlihat Lebih Tinggi

Jadi apakah setelah mencapai usia 25 tahun, manusia tidak perlu lagi mencari cara meninggikan badan karena pertumbuhan sudah terhenti? Tidak juga. Beberapa hal di bawah ini mungkin memang tidak akan membuat Anda seketika bertambah tinggi, tetapi dalam jangka panjang dapat membuat Anda tampak lebih tinggi berkat postur tubuh yang lebih ideal.

Perbaiki postur tubuh Anda

Membungkuk, terutama saat duduk, cenderung membuat posisi tulang belakang menjadi abnormal dan otot menjadi lemah. Kondisi ini dapat membuat Anda tampak lebih pendek dari yang seharusnya. Tegakkan punggung dan tarik pundak ke belakang. Jika harus duduk lama, usahakan untuk berdiri dan bergerak setidaknya tiap 30 menit sekali.

Untuk mendapatkan gambaran postur yang tepat saat berdiri, cobalah berdiri membelakangi dinding dengan kepala dan bokong menyentuh dinding. Postur berdiri yang baik adalah ketika leher Anda berjarak 5 cm dari dinding dan punggung bawah Anda berjarak sekitar 2.5-5 cm dari dinding.

Selain itu, tidurlah di atas tempat tidur yang menyangga tulang punggung dengan baik karena 1/3 dari hidup Anda akan dihabiskan di atas tempat tidur. Jika Anda tidur menyamping, tempatkan bantal di bawah kepala dan di antara dua kaki untuk menjaga agar tulang punggung Anda tetap lurus.

Mengubah penampilan

Cara meninggikan badan dapat juga dilakukan melalui kamuflase penampilan dengan cara berikut.

  • Berpakaian dengan model dan warna tertentu. Mengenakan pakaian dengan atasan dan bawahan atau terusan dengan warna sama akan membuat Anda tampak lebih tinggi. Sebagai tambahan, utamakan warna gelap. Anda juga dapat mengenakan atasan dengan warna cerah dan bawahan lebih gelap. Sebagai alternatif agar tampak lebih tinggi, kenakan pakaian dengan motif garis-garis vertikal. Potongan pakaian yang pas di badan juga menjadikan Anda tampak lebih tinggi.
  • Kenakan sepatu hak tinggi, terutama yang berwarna senada dengan warna kulit untuk menciptakan ilusi kaki yang lebih jenjang. Pilih yang berujung runcing jika Anda mengenakan sepatu berpermukaan datar.
  • Hindari mengenakan ikat pinggang berukuran lebar, apalagi dengan warna mencolok.
  • Rambut pendek atau yang menunjukkan pundak dan leher akan membuat Anda tampak lebih tinggi. Cara lain, ikat rambut Anda menjadi serupa ekor kuda atau cepol.

Memperbaiki gaya hidup

Nutrisi yang baik berkontribusi hingga 20-40 persen pada tinggi badan seseorang.

  • Penuhi kebutuhan harian akan buah-buahan, sayur-sayuran, protein, biji-bijian dan susu. Protein bisa didapatkan dari telur, daging unggas, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak. Penuhi kebutuhan kalsium dari sayuran berwarna seperti bayam dan wortel, dan produk susu. Sebaliknya, batasi konsumsi lemak trans dan gula yang biasanya terkandung pada camilan.
  • Olahraga secara teratur, terutama bagi anak-anak, menjadikan tulang lebih kuat dan memicu tubuh memproduksi hormon pertumbuhan. Untuk orang dewasa, Anda dapat melakukan gerakan tertentu seperti planks, juga latihan untuk punggung bawah dan perut untuk memperbaiki postur sehingga terlihat lebih tinggi.
  • Penuhi kebutuhan badan untuk istirahat. Kurang istirahat akan menghambat pertumbuhan badan.
  • Rokok membuat pertumbuhan, terutama di masa pubertas, menjadi terhenti.
  • Air putih membantu tubuh untuk tumbuh lebih cepat. Oleh karenanya cukupi kebutuhan cairan harian.
  • Untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, konsumsi suplemen  vitamin jika dibutuhkan.
  • Yoga dapat membantu perbaikan postur sekaligus melenturkan otot tubuh.
  • Batasi aktivitas yang membuat Anda malas bergerak, seperti menonton TV ataupun bermain video game.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, dalam jangka panjang, tubuh yang sehat akan tampak lebih kokoh, tinggi, dan terjaga. Sebagai hasilnya, Anda akan tampil lebih percaya diri.