Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Berkilau

Merawat rambut walaupun terlihat sederhana tapi ternyata gampang-gampang susah. Tapi, tidak ada salahnya mempraktikkan cara merawat rambut berikut ini.

Rambut yang terlihat indah jika dilihat dari jauh belum tentu tanpa masalah. Karena seiring berjalannya waktu, rambut bisa saja menjadi kering, rontok, atau bercabang. Sinar matahari, iklim, dan polusi diduga berperan terhadap perubahan dan kerusakan rambut. Belum lagi pemakaian blow dry, pelurus, atau catokan (flat iron), pengeriting, dan pewarna rambut. Yuk, disimak berbagai tips cara merawat rambut agar mahkota Anda selalu sehat dan indah berikut ini.

Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Berkilau - alodokter

Dimulai dari kulit kepala

Cara merawat rambut agar indah dan berkilau dapat dimulai dengan tidak melupakan kesehatan kulit kepala. Mengapa? Karena akar rambut tertanam di bawah kulit kepala. Menurut ahli perawatan rambut dan kulit kepala, folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan kulit di sekitarnya. Jadi, bisa dibilang jika kulit kepala adalah kunci rambut sehat.

Oleh ahli kimia kosmetik disarankan untuk memilih produk perawatan rambut yang mengandung fatty alcohol atau bertuliskan myristyl, cetyl, dan stearyl. Jangan lupa keramas tiap dua atau tiga hari sekali dan pijat kulit kepala selama 30 detik. Memijat kulit kepala mampu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut yang lebih tebal dan berkilau. Selain itu, oleskan minyak zaitun atau vitamin E di kulit kepala. Dan lindungi  kulit kepala serta rambut dari sengatan sinar ultraviolet matahari yang berbahaya dengan menggunakan topi.

Ketika keramas

Disarankan untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut (normal, berminyak, kering) dan sesuai masalah rambut yang dialami (ketombe, bercabang, rontok). Hindari sampo yang mengandung bahan-bahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. Oh iya, ketika keramas dianjurkan untuk menggunakan air hangat. Air panas dapat melenyapkan minyak alami rambut, sedangkan air dingin bisa membuat rambut menjadi kusam. Setelah bersampo, oleskan kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembut, berkilau, dan mudah ditata. Diamkan selama dua sampai tiga menit sebelum dibilas hingga bersih.

Sesudah keramas

Rambut yang masih basah, tiga kali lebih rentan mengalami kerusakan. So, disarankan untuk tidak menyisir atau menggosok-gosok rambut yang masih basah dengan handuk. Lebih baik tata rambut ketika sudah 90 persen kering dan biarkan rambut kering dengan sendirinya.

Sehari-hari

Agar mahkota Anda senantiasa sehat, jangan lupa untuk mempraktikkan cara merawat rambut dengan meminimalkan penggunaan aksesoris rambut. Jangan terlalu sering menguncir atau mengepang rambut (apalagi terlalu kencang), jangan terlalu lama menyisir rambut, dan trimming rambut secara berkala (tiap 10-12 minggu untuk mencegah rambut bercabang). Kurangi pemakaian produk rambut berbahan kimia dan pemakaian alat penata rambut yangmenggunakan panas,

Makanan dan vitamin rambut

Apa yang Anda konsumsi juga berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sarat protein (telur, susu, kacang, ikan, unggas, daging), zat besi (kacang-kacangan, kerang, tiram, biji labu, bayam), asam lemak omega-3 (salmon, sarden, keju, yoghurt). Anda juga bisa mengonsumsi suplemen biotin untuk membantu mengurangi atau mencegah kerontokan rambut.

Selain mempraktikkan berbagai cara merawat rambut di atas, akan lebih sempurna jika Anda berkonsultasi dengan dokter ahli yang memang benar-benar tahu mengenai tindakan tepat apa yang harus diambil.