Ini Obat Telinga Gatal Akibat Gangguan Otitis Eksterna

Telinga gatal bisa disebabkan berbagai hal. Salah satunya karena otitis eksterna, yaitu infeksi pada saluran telinga bagian luar. Penanganan kondisi ini dapat dilakukan di rumah dan menggunakan obat telinga gatal sesuai dengan penyebabnya.

Beberapa gejala lain dari otitis eksterna termasuk rasa nyeri pada telinga, sensasi tekanan di dalam telinga, keluar cairan dari telinga, bengkak pada kelenjar sekitar tenggorokan, nyeri saat menggerakkan rahang serta berkurangnya kemampuan mendengar.

obat telinga gatal - alodokter

Mengapa Bisa Terjadi Otitis Eksterna?

Salah satu penyebab dari otitis eksterna adalah adanya infeksi jamur Aspergillus atau Candida albicans. Risiko terinfeksi jamur semacam ini juga bisa meningkat karena penggunaan obat antibiotik atau steroid tetes dalam jangka waktu lama.

Selain itu, otitis eksterna juga bisa disebabkan :

  • Infeksi bakteri.
  • Menjalar dari infeksi telinga tengah atau otitis media.
  • Dermatitis seboroik, yaitu peradangan pada area kulit telinga yang berminyak.
  • Reaksi alergi atau iritasi terhadap berbagai benda atau zat yang bersentuhan dengan telinga, seperti sampo, keringat atau obat telinga tertentu.

Cara Menangani di Rumah

Sebelum benar-benar mencari dan menggunakan obat telinga gatal karena penyakit ini, cobalah Anda lakukan perawatan berikut di rumah:
  • Minum obat pereda rasa sakit bila perlu. Anda dapat memilih ibuprofen atau paracetamol. Hindari memberikan obat pereda rasa sakit berupa aspirin pada usia di bawah 20 tahun.
  • Hindari membersihkan telinga dengan cara memasukkan sesuatu seperti cotton bud atau kapas ke dalam telinga terlalu sering atau terlalu kasar. Jika ingin mengeluarkan kotoran telinga, cukup usap telinga menggunakan kapas lembut.
  • Apabila telinga basah, keringkan dengan menggunakan hair dryer dengan pengaturan rendah. Untuk menjaga agar telinga tidak terkena air saat mandi, gunakan shower cap.
  • Untuk sementara hindari olahraga renang sampai telinga benar-benar sembuh.
  • Lepaskan semua benda yang berada di telinga, seperti perhiasan. Begitu juga alat bantu dengar jika Anda menggunakannya.

Obat Tetes Telinga

Selain dengan obat pereda nyeri, pengobatan telinga gatal akibat otitis eksterna dapat juga dengan menggunakan obat tetes telinga. Obat yang sering digunakan adalah tetes asam asetat yang dapat mengubah kadar keasaman atau pH pada saluran telinga atau preparat antijamur untuk menangani infeksi jamur pada telinga. Selain itu, pada otitis eksterna yang disebabkan infeksi bakteri, diperlukan pemberian antibiotik dalam bentuk tetes telinga yang akan menghambat pertumbuhan bakteri.

Ada juga kondisi otitis eksterna yang membutuhkan obat perpaduan antara antibiotik dan steroid, yang tentu saja berdasarkan pertimbangan dokter. Selain meringankan rasa sakit, bahan-bahan ini juga bersifat mengurangi peradangan dan menangani penyebab infeksi.

Jika gangguannya lebih berat, dokter akan memberikan obat berupa antibiotik yang diberikan secara diminum (oral) atau disuntik secara intravena. Obat pereda nyeri yang digunakan pun disesuaikan dengan kebutuhan yang akan diberikan oleh dokter.

Jangan sembarangan menggunakan obat telinga gatal. Sebab, semua obat diberikan tergantung penyakitnya. Jadi, jika belum jelas penyebabnya, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter.

Kondisi ini umumnya dapat ditangani dengan baik dengan pengobatan yang tepat, dan untuk mencegah agar tidak mudah terkena gangguan ini, maka Anda dapat menjaga agar telinga tetap bersih dan kering, hindari menggaruk permukaan telinga, hindari terjadinya luka pada telinga, berhati-hati dalam membersihkan telinga, dan segera berobat bila mengalami keluhan.