Jangan Sampai Banyak Pikiran Membuat Susah Tidur

Saat seseorang mengalami susah tidur, banyak hal yang menjadi penyebabnya. Banyak pikiran atau stres merupakan salah satu alasan yang banyak diungkapkan.

Memang hampir mustahil benar-benar menghindari stres. Pada satu sisi, stres mampu menjadi dorongan positif untuk berenergi dan berupaya maksimal. Namun, jika terlalu berlebihan dapat menyebabkan gangguan tidur.

Jangan sampai banyak pikiran membuat salah tidur - alodokter

Stres merupakan respon terhadap peristiwa sehari-hari yang memengaruhi secara emosional, fisik, dan perilaku. Selain dapat membuat susah tidur, stres juga bisa memicu kecemasan, depresi, sulit konsentrasi, dan lain-lain.

Menentukan Penyebab

Salah satu cara untuk mengatasi stres yang dapat membebani pikiran adalah menentukan penyebabnya. Cermati kondisi ataupun kegiatan apa yang kemungkinan jadi penyebabnya.

Peristiwa atau kondisi yang membuat stres seperti masalah keuangan atau pernikahan, seringkali menyebabkan susah tidur yang kemudian terjadi dalam jangka panjang.

Lepaskan rasa khawatir Anda setiap kali akan pergi tidur. Jika perlu memikirkan atau merencanakan sesuatu, lakukan setelah waktu tidur dan buat batasan berapa lama Anda melakukannya. Hal ini diharapkan mampu meminimalisir rasa khawatir dari pikiran sebelum tidur.

Membuat pikiran terlalu aktif saat mendekati waktu tidur dapat memicu gangguan tidur. Selain membuat susah tidur, kemungkinan bisa membuat Anda terbangun di tengah malam karena tubuh mendapat sinyal kondisi waspada.

Menenangkan Diri

Ritme sirkadian tubuh akan mengatur seseorang terjaga pada siang hari dan mengantuk pada malam hari. Meski memiliki variasi, namun umumnya puncak rasa kantuk pada orang dewasa yaitu pukul 2-4 malam dan 1-3 siang. Rasa kantuk pada waktu-waktu tersebut akan terasa semakin berat jika memang tubuh kurang tidur.

Menjelang waktu tidur, dibanding memikirkan hal yang sebenarnya tidak bisa Anda lakukan hingga esok hari, ada baiknya mulai menulis rasa khawatir yang Anda rasakan dalam jurnal khusus. Hal ini diharapkan akan menurunkan ketegangan sebelum tidur.

Anda juga bisa menggunakan teknik relaksasi seperti berdoa, meditasi ataupun melakukan peregangan ringan yang membuat nyaman. Membaca juga termasuk kegiatan yang bisa dilakukan sebelum tidur, namun hindari membaca dari ponsel, laptop, ataupun gawai lainnya. Cahaya yang ditangkap oleh mata dari perangkat tersebut justru akan membuat mata sulit terpejam.

Meski terdengar kuno, namun berhitung mundur bisa mengalihkan perhatian dari hal-hal yang menguras pikiran, hingga kemudian merasa mengantuk.

Tips Membantu Tidur Nyenyak

Beberapa cara yang dapat membantu tidur nyenyak dan mengurangi stres, antara lain :

  • Upayakan waktu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.
  • Batasi waktu tidur siang.
  • Hentikan konsumsi kafein dan rokok beberapa jam sebelum tidur.
  • Perbanyak buah, sayur, dan biji-bijian utuh, hindari gula berlebih.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Buat tempat tidur senyaman mungkin. Sesuaikan suhu ruang, lampu, dan banyak hal-hal lain yang dapat membuat tidur nyenyak.

Jangan biarkan kondisi banyak pikiran membuat Anda susah tidur berlarut-larut. Konsultasikan permasalahan Anda dengan psikolog atau dokter untuk mengatasi hal tersebut.