Jarang Disebut-sebut, Magnesium Punya Peranan Vital bagi Tubuh Kita

Salah satu mineral yang penting dalam membentuk struktur tulang yang sehat adalah magnesium. Mineral ini dihasilkan secara alami oleh tubuh atau bisa juga melalui asupan aneka makanan sehari-hari. Jika kandungannya dalam tubuh terlalu rendah, maka disarankan untuk mengonsumsi mineral ini dalam bentuk suplemen.

Selain berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tulang, magnesium juga dibutuhkan oleh berbagai bagian tubuh. Senyawa ini penting untuk menunjang kinerja saraf dan otot dalam melakukan fungsi tertentu. Asupan magnesium yang ideal turut membantu upaya menetralkan asam lambung dan memuluskan jalan feses di dalam usus sebagai bagian dari proses eksresi.

jarang disebut-sebut, magnesium punya peranan vital bagi tubuh kita - alodokter

Inilah Fungsi Magnesium bagi Tubuh

Kadar kebutuhan tubuh atas magnesium yang ideal adalah sekitar 100 mg/hari. Tubuh manusia sendiri mengandung sekitar 20-28 mg magnesium. Sistem kerangka menyimpan separuh dari keseluruhan magnesium tersebut, sisanya tersebar di dalam cairan tubuh, otot, dan jaringan lunak. Jumlah ideal tersebut diperlukan demi bisa menjalani beberapa fungsi tubuh di bawah ini.

  • Gangguan pencernaan

Magnesium berguna bagi mereka yang mengalami nyeri ulu hati akibat gangguan pencernaan. Mineral ini bertindak sebagai antasida guna mengurangi gejala sakit maag.

  • Mengobati sembelit

Seseorang yang mengalami konstipasi atau sembelit bisa mengonsumsi magnesium untuk meringankan penyakit pencernaan ini. Fungsi magnesium sendiri dalam hal ini adalah membantu mencahar kotoran agar mudah keluar. Selain itu, magnesium penting guna mempersiapkan usus sebelum menjalani penanganan medis tertentu.

  • Tekanan darah tinggi selama hamil

Mereka yang sedang hamil dan mengalami tekanan darah tinggi, mengonsumsi magnesium bisa dilakukan. Senyawa magnesium dalam hal ini akan mengurangi risiko kejang pada perempuan hamil yang mengalami pre-eklampsia dan eklampsia (tekanan darah tinggi selama hamil). Magnesium biasanya diberikan melalui infus atau suntik.

  • Baik untuk penderita diabetes

Magnesium mungkin memiliki peran penting dalam metabolisme karbohidrat dan glukosa. Karena hal tersebut, mineral ini kemungkinan memiliki efek positif bagi penderita diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makin banyak asupan magnesium, makin rendah risiko seseorang terkena diabetes.

  • Berperan dalam pembentukan tulang

Magnesium ber peran penting dalam pembentukan tulang. Hal ini terjadi karena magnesium membantu asimilasi kalsium ke dalam tulang. Peran magnesium lainnya dalam pembentukan tulang adalah mengaktifkan vitamin D di ginjal. Vitamin D merupakan vitamin yang penting dalam mendukung kesehatan tulang.

Mineral ini juga terkait dengan penurunan risiko osteoporosis, terutama bagi wanita pascamenopause. Selain itu juga terkait dengan peningkatan kepadatan tulang dan peningkatan pembentukan kristal tulang.

  • Mengurangi gejala premenstrual

Para perempuan yang mengalami premenstrual mungkin juga mendapat manfaat positif dari magnesium. Mineral ini kemungkinan bisa mengurangi gejala premenstrual seperti kembung, insomnia, kaki bengkak, nyeri payudara, dan perubahan berat badan. Agar lebih optimal untuk hal ini, kombinasikan magnesium dan vitamin B6.

  • Berguna menjaga kesehatan jantung

Studi menemukan kemungkinan bahwa magnesium memiliki potensi bagi kesehatan otot, termasuk jantung. Senyawa ini diperlukan dalam penyaluran sinyal listrik di dalam tubuh. Asupan magnesium yang ideal berhubungan dengan penurunan risiko terkena hipetensi dan aterosklerosis. Beberapa studi juga menemukan bahwa kekurangan magnesium bisa meningkatkan risiko pengapuran di dalam pembuluh darah arteri, penyakit kardiovaskular, serta batu ginjal terutama jika asupan kalsium berlebihan.

Sumber Magnesium di Sekitar Kita

Meski sekarang banyak suplemen magnesium di pasaran, namun mengonsumsi mineral ini dari sumber-sumber alami tentu lebih aman. Berikut beberapa sumber magnesium dari makanan yang sebenarnya sudah biasa kita konsumsi.

  • Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang populer dan kaya akan nutrisi. Dari secangkir bayam rebus, setidaknya terdapat 157 mg magnesium di dalamnya.

  • Kacang tanah

Kacang tanah, termasuk selai roti dari kacang tanah, juga mengandung mineral ini dalam jumlah yang lumayan besar. Dalam dua sendok makan selai kacang, terdapat 49 mg magnesium.

  • Tahu

Dalam setengah cangkir tahu, terdapat 37 mg magnesium.

  • Almond

Kacang almond merupakan camilan yang sehat dan kaya akan magnesium. Setidaknya dari 28 gram kacang almond, terdapat sekitar 80 mg magnesium.

  • Edamame

Kacang-kacangan yang juga mengandung magnesium adalah edamame. Dari secangkir kacang edamame rebus yang sudah dikupas, terdapat 50 mg magnesium.

Dengan mengetahui fungsi dan sumber-sumber makanan magnesium, semoga kita akan makin mudah memelihara kesehatan. Tapi jika lebih memilih suplemen magnesium, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis yang tepat sesuai kebutuhan masing-masing.