Kenali Penyebab Sakit Punggung Atas Agar Dapat Menghindarinya

Mengalami sakit punggung atas dapat membuat Anda kesulitan beraktivitas. Anda pun harus ekstra hati-hati pada saat bergerak, berdiri, bahkan dalam posisi duduk. Dengan kata lain, Anda akan merasa tidak nyaman dan serba salah.

Jika mengalami sakit punggung atas, umumnya bukan hanya punggung yang terasa nyeri. Tapi juga diikuti rasa tegang di sekitar bahu, leher hingga kepala. Apabila dibiarkan, rasa sakit ini dapat menjalar ke bagian tubuh lain.

sakit punggung atas - alodokter

Mulai dari Cedera Hingga Kebiasaan Buruk

Penyebab sakit punggung atas, termasuk bahu dan leher, sangat beragam. Beberapa diantaranya seperti :
  • Cedera pada jaringan lunak
Penyebab paling umum pada sakit punggung atas adalah adanya cedera pada jaringan lunak yang dapat terjadi pada berbagai keadaan, seperti kecelakaan maupun saat melakukan aktivitas berat. Otot, tendon, atau ligamen juga mungkin saja bermasalah. Bagian yang bermasalah tersebut dapat memengaruhi saraf sehingga bahu atau leher menjadi sakit.
  • Tendonitis
Kondisi ini juga dikenal sebagai tendinitis. Ditandai dengan ketegangan berlebihan pada area tendon, yaitu penghubung antara tulang dan otot. Hal ini memicu pembengkakan yang dapat menyebabkan rasa sakit.
  • Patah tulang selangka
Kondisi ini disebabkan jatuh pada saat tangan terentang. Hal ini yang kemudian dapat memicu sakit punggung atas. Umumnya cedera semacam ini dialami saat jatuh dari kendaraan seperti sepeda.
  • Berat badan berlebih
Pada orang yang memiliki berat badan berlebih, maka kemungkinan beban pada otot akan lebih besar. Hal ini yang dapat menyebabkan sakit punggung dan leher.

Selain itu, beberapa kebiasaan yang kurang baik dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan sakit punggung atas, termasuk :

  • Kurang olahraga
Jangan remehkan gerakan fisik. Kurang berolahraga membuat otot-otot Anda menjadi lemah sehingga tidak mampu menopang struktur tubuh dengan baik. Sehingga sakit punggung mudah menyerang, baik sakit punggung atas maupun bawah. Lakukan olahraga kardiovaskular yang melatih kekuatan jantung dan pembuluh darah, serta latih kekuatan otot punggung dan perut. Olahraga yoga dan peregangan juga dapat membantu mencegah dan mengurangi sakit punggung. Lakukan olahraga minimal 2-3 kali dalam seminggu.
  • Kebiasaan duduk yang buruk
Kebiasaan duduk dengan posisi yang buruk juga dapat menjadi penyebab sakit punggung atas. Hindari duduk dengan posisi tubuh membungkuk, kepala condong ke depan atau menunduk, terutama saat duduk terlalu lama di depan komputer, maupun saat terlalu lama menunduk ketika bermain dengan gadget. Posisi seperti ini dapat membuat saraf tertekan dan otot kejang, sehingga berpotensi membuat sakit punggung atas, yang dapat menjalar hingga ke lengan dan kepala.
  • Sepatu yang kurang mendukung gerak tubuh
Jangan salah, sepatu yang Anda gunakan mungkin berpotensi menyebabkan sakit punggung atas. Tidak hanya sepatu hak jenis stiletto yang dapat membuat punggung bermasalah, sepatu biasa yang tampak nyaman digunakan juga bisa menjadi penyebab penyakit tersebut. Terutama jika bagian dasar sepatu sudah aus atau bentuk lengkungannya kurang tepat dengan struktur telapak kaki Anda. Sepatu seperti ini dapat mengubah gaya berjalan Anda dan mempengaruhi tumpuan tubuh, inilah yang memungkinkan terjadinya sakit punggung.
  • Tempat tidur yang membuat tubuh melengkung
Tempat tidur yang tepat dapat membantu Anda terhindar dari sakit punggung, yaitu kasur yang bersentuhan langsung dengan tubuh. Dengan syarat, tidak terdapat celah antara tubuh dan kasur ketika Anda berbaring. Cara mudah untuk menilai tempat tidur itu masih baik dalam menopang tubuh Anda yaitu tidak akan melengkung ke dalam ketika digunakan untuk berbaring. Tempat tidur seperti ini tidak menyokong struktur tulang belakang Anda dengan baik, sehingga keluhan sakit punggung atas dan bawah mudah muncul dan berulang. Jika tempat tidur Anda seperti ini, mungkin sudah saatnya mengganti tempat tidur baru.
  • Tas yang terlalu berat
Mungkin selama ini Anda tidak menyadari bahwa tas yang selalu Anda bawalah yang menjadi penyebab sakit punggung. Hindari membawa tas dengan beban berat, apalagi dalam waktu lama. Tas yang terlalu berat akan memengaruhi lekuk tulang belakang. Lama kelamaan hal ini dapat menyebabkan sakit punggung.

Cara Mengatasai Sakit Punggung Atas

Sakit punggung atas biasanya dapat dihilangkan dengan mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Cara tradisional pun bisa, yaitu dengan menempelkan bungkusan es batu pada bagian yang sakit untuk mengalihkan rasa nyeri.

Lebih jauh lagi, Anda dapat melakukan latihan pernapasan sebagai penghilang stres pada punggung, lakukan peregangan tubuh sebelum, disela-sela dan setelah beraktivitas atau bekerja, berolahragalah secara rutin dan teratur, serta jagalah postur tubuh dan berat badan Anda.

Jangan lupa untuk beristirahat. Sakit punggung akan mereda jika Anda cukup istirahat. Namun, jangan beristirahat terlalu lama. Jika Anda merasa sudah cukup, kembalilah beraktivitas sekaligus untuk melatih punggung agar lekas pulih.

Sakit punggung yang semakin memburuk, terutama disertai dengan sakit kepala berat, sakit dada, pusing, mual, demam tinggi, lemah pada salah satu sisi anggota badan atau gejala lain, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya sakit punggung atas. Jika Anda merasakan sakit tersebut karena kecelakaan, jangan berusaha mengobati sendiri untuk menghindari kesalahan penanganan. Segeralah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.