Menciptakan Obat Herbal Sinusitis Sendiri di Rumah

Sinusitis yang sifatnya kambuhan dan merepotkan membuat pengidapnya mencari-cari berbagai solusi untuk mengatasinya, termasuk obat-obatan herbal. Tapi sayangnya, kegunaan sebagian besar obat ini belum terbukti secara medis.

Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus, yaitu rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Infeksi virus dan bakteri adalah dua faktor utama yang dapat menyebabkan kondisi ini.

obat sinusitis-alodokter

Yang Bisa Dijadikan sebagai Obat Herbal Sinusitis

Ada berbagai produk obat herbal sinusitis yang mengklaim dapat meringankan gejala penyakit ini. Umumnya obat-obatan herbal ini mengandung campuran bahan alami, seperti daun sirsak, kulit manggis, apel, bunga rosela, madu, dan anggur. Selain itu, bagian lain dari tanaman dan buah ini juga dianggap dapat membantu meredakan sinusitis. Rebusan bunga sirsak, misalnya, disebut-sebut dapat meredakan peradangan pada sinus, hidung, dan tenggorokan, serta membantu menghilangkan  dahak.

Ada juga sebagian orang yang menggunakan bromelain, yaitu protein yang terdapat pada batang nanas untuk meredakan pembengkakan pada saluran pernapasan. Namun, belum cukup bukti ilmiah yang dapat membuktikan hal tersebut. Di samping itu, bahan yang tersedia dalam bentuk suplemen ini bisa jadi berisiko mengalami interaksi dengan obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

Obat herbal hirup atau produk aromaterapi, seperti daun mint, rosemary, dan eukaliptus juga diklaim dapat membantu meredakan penyumbatan pada sinus. Menghirup aroma daun mint memang menimbulkan sensasi segar dan dingin pada hidung. Meski demikian, seorang dokter ahli THT-KL (Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher) menyatakan bahwa sebenarnya secara medis belum terbukti berperan sebagai obat herbal sinusitis.

Kesimpulannya, sebagian besar efektivitas obat-obat herbal sinusitis ini pada dasarnya belum terbukti secara ilmiah dalam menangani sinusitis.

Menangani Sinusitis di Rumah

Jika obat herbal sinusitis memang belum dapat diandalkan, lalu bagaimana cara efektif yang dapat dilakukan? Selain memeriksakan diri ke dokter dan mendapat pengobatan yang tepat, berikut cara yang dapat dilakukan secara mandiri.
  • Minum cukup cairan, seperti jus dan air mineral, untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengencerkan lendir. Tetapi hindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein karena berisiko menyebabkan dehidrasi dan memperparah pembengkakan pada dinding hidung atau sinus.
  • Istirahat cukup untuk mempercepat pemulihan dan membantu tubuh memerangi peradangan.
  • Jaga kelembapan rongga sinus untuk meredakan nyeri dan mengeringkan lendir, antara lain dengan:
    • Berendam di dalam air hangat atau menghirup uap dari mangkuk berisi penuh air hangat sambil menempatkan handuk di atas kepala.
    • Tempatkan kompres hangat pada wajah untuk meredakan rasa sakit.
    • Tidurlah dengan tambahan bantal agar kepala sedikit lebih terangkat untuk meredakan penyumbatan.
    • Bilas hidung dengan botol yang dirancang khusus untuk para pengidap sinusitis atau nasal lavage. Jika ingin membersihkan sendiri, pastikan air yang digunakan benar-benar bebas dari kontaminasi.
  • Anda juga dapat menggunakan air garam untuk membantu membuka sumbatan pada hidung. Larutan ini dapat dibuat dengan cara-cara berikut:
    • Cuci dan keringkan tangan.
    • Padukan satu sendok teh garam dan satu sendok teh soda bikarbonat ke dalam semangkuk air mendidih. Tuang air ke dalam cangkir dan hirup uapnya. Ulangi hingga pernapasan Anda terasa lega.
  • Obat pereda rasa sakit, seperti ibuprofen dan parasetamol, dapat dikonsumsi untuk meredakan demam dan nyeri. Namun hindari memberikan aspirin pada anak di bawah 16 tahun. Satu hal lagi yang perlu diingat, disarankan untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan bebas karena berisiko menyebabkan gejala memburuk.
  • Anda juga dapat menggunakan obat semprot atau obat tetes hidung yang dijual bebas untuk melegakan saluran pernapasan.
Pada umumnya penanganan sinusitis dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa penanganan dokter. Gejala akibat infeksi virus ini dapat mereda dengan sendirinya dalam waktu 2-3 pekan.

Selain itu, untuk  mencegah sinusitis, ada beberapa langkah sehari-hari yang dapat dilakukan.

  • Periksakan diri secara teratur terutama jika memiliki alergi.
  • Infeksi saluran pernapasan atas akan menyebabkan kambuhnya sinusitis. Sebisa mungkin minimalkan kontak dengan pengidap flu.
  • Cuci tangan Anda secara teratur dengan sabun dan air, terutama sebelum makan dan mengolah makanan.
  • Sebisa mungkin jadikan ruangan Anda lembap.
  • Hindari air yang terpolusi dan asap rokok yang dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru dan saluran pernapasan.
Sebagian orang memang dapat menangani sinusitis sendiri di rumah. Namun pada sebagian kasus, gejala sinusitis dapat menjadi lebih parah dan berlangsung lebih lama dari seharusnya. Segera periksakan diri ke dokter jika kondisi ini terjadi.