Menyelami Aneka Manfaat Berenang

Untuk mendapatkan manfaat berenang, tidak didominasi oleh atlet atau perenang profesional saja. Sebenarnya berenang merupakan salah satu jenis olahraga  yang dapat dilakukan seluruh kelompok usia dengan beragam manfaat, terutama jika dilakukan secara teratur.

Berenang dapat membangun kekuatan tubuh karena untuk bergerak di dalam air, seseorang membutuhkan tenaga yang lebih kuat. Lebih mendetail, berenang sebagai olah fisik akan melatih semua kelompok otot utama, dari bahu, punggung, panggul, bokong, hingga kaki.

menyelami aneka manfaat berenang - alodokter

Meningkatkan Stamina

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga berenang yang dilakukan secara rutin, yaitu:

  • Meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler.

Sebuah studi menyimpulkan, dalam latihan yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu, konsumsi oksigen naik hingga 10 persen dari partisipan pria dan wanita paruh baya. Selain itu, dampak peningkatan jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen, yang berarti peningkatan kekuatan.

  • Membangun massa otot.

Manfaat berenang juga dapat terlihat pada peningkatan otot lengan (trisep) hingga hampir 25 persen pada sekelompok pria dalam sebuah studi. Hasil itu diperoleh setelah dilakukan program berenang selama 8 minggu.

  • Membakar kalori.

Sekitar 500-650 kalori akan dibakar selama Anda berenang selama 1 jam, tergantung seberapa efisien aktivitas tersebut dilakukan.

  • Mencegah berbagai penyakit.

Ketika dilakukan secara teratur, berenang dapat menghalau penyakit diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung. Berdasarkan studi, berenang secara rutin juga dapat meningkatkan usia harapan hidup.

  • Membuat tubuh rileks.

Berenang dapat menjadi sarana bagi tubuh dalam mendapatkan relaksasi. Selain itu, olah fisik ini disebut-sebut dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang. Sebagaimana diklaim dalam sebuah penelitian, berenang dapat menjernihkan pikiran, mendorong pemikiran positif, serta rasa percaya diri.

Lakukan Secara Bertahap

Bagi pemula, olahraga berenang harus dilakukan secara perlahan-lahan. Pelajaran awal yang perlu dipahami adalah irama dari gerakan dan pernapasan. Waktu yang disarankan bagi pemula adalah melakukan sesi berenang sekitar 10 menit. Kemudian mulai perpanjang waktu latihan hingga 30 menit. Lakukan secara rutin sebanyak 3-5 kali per minggu.

Jika ada yang belum merasa nyaman memasukkan wajah ke air, maka sebagai pemula, Anda dapat terlebih dahulu berlatih dengan merendam badan hingga bagian leher atau berjalan di kedalaman kolam yang lebih dangkal. Hal ini dianggap jauh lebih baik untuk memperkuat stamina sebelum benar-benar berenang, dibandingkan berenang dengan teknik yang tidak tepat.

Yang juga harus diingat adalah selalu mengawali sesi latihan berenang dengan pemanasan dan mengakhiri dengan pendinginan.

Olahraga Semua Usia

Jangan malu untuk memulai pelajaran berenang, berapa pun usia Anda. Berenang merupakan olahraga yang aman dan efektif untuk segala usia dan juga cocok sebagai olahraga pada masa kehamilan. Namun jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

Sebagian kolam renang memiliki kelas khusus untuk pemula yang dibantu oleh instruktur khusus. Pembelajaran tersebut dapat dilakukan secara umum atau dikelompokkan secara khusus. Misalnya kelompok anak-anak, juga ada kelompok khusus wanita, atau kelompok lanjut usia, dan lain-lain.

Selain itu, berenang juga dapat menjadi aktivitas meluangkan waktu bersama keluarga yang menyenangkan. Olahraga jenis ini juga sangat baik untuk membiasakan anak bergerak aktif dan mencegah obesitas.

Untuk mendukung sesi berenang Anda, pastikan pakaian renang yang dikenakan terasa nyaman. Bila perlu, gunakan kaca mata renang yang dapat membantu Anda terhindar dari rasa menyengat pada mata akibat klorin yang umumnya digunakan pada air di kolam renang.

Manfaat berenang akan dapat dirasakan jika dilakukan secara rutin. Jadwalkan secara khusus. Anda juga dapat membuat target sebagai motivasi atau berenang bersama teman-teman. Untuk mendapatkan manfaatnya yang lebih maksimal, Anda juga bisa bergabung bersama klub renang.