Olahraga Kardio Ternyata Bisa Membuat Kita Merasa Bahagia

Selain memberikan banyak manfaat untuk tubuh, olahraga kardio bisa dilakukan di rumah.

Olahraga kardio atau olahraga aerobik adalah kegiatan olah tubuh yang bertujuan memperkuat jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga dapat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan. Jumlah pasokan oksigen yang dikirim ke otot dan jantung pun akan bertambah. Hasilnya, oksigen dapat digunakan secara lebih efisien dan membuat jantung tetap sehat.

Olahraga Kardio Ternyata Bisa Membuat Kita Merasa Bahagia - alodokter

Dengan melakukan olahraga kardio, Anda juga akan merasa lebih bahagia, tidak stres, lebih banyak tersenyum, tidak mudah mengeluh, dan hati menjadi riang gembira. Penyebabnya adalah hormon endorfin yang dilepaskan jika olahraga kardio dilakukan secara teratur. Bahan kimia otak ini mampu meningkatkan suasana hati secara alami.

Olahraga kardio pun diyakini dapat mengurangi risiko terjangkit beberapa jenis penyakit kanker. Selain membuat Anda bertambah senang, olah tubuh ini membantu Anda menjaga berat badan agar selalu normal. Bahkan katanya, cara lebih cepat untuk membakar kalori adalah dengan memaksimalkan kemampuan tubuh ketika melakukan olahraga kardio.

Lari, bersepeda, jogging, jalan kaki, berenang, naik tangga, naik gunung, menari, bola basket, bulu tangkis merupakan beberapa contoh olahraga kardio yang bisa Anda lakukan. Jika Anda sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mendatangi pusat kebugaran (gym), olahraga kardio seperti ini bisa dilakukan di rumah dengan cepat dan mudah.

High knees

Berdiri tegak dengan kaki agak dilebarkan hingga sejajar bahu. Angkat kaki kanan hingga lurus pinggul dengan cepat dan ayunkan tangan kiri ke depan. Turunkan kaki kanan ke lantai dan angkat kaki kiri (begitu juga dengan tangan). Secara bergantian, angkat kaki kanan dan kiri dengan kecepatan yang sama hingga 60 kali.

Mountain climbers

Rebahkan tubuh dalam posisi push-up, angkat tubuh hingga tangan lurus. Kemudian angkat lutut kanan ke depan mendekati dada, setinggi yang Anda mampu. Kembalikan kaki kanan ke posisi semula, secara bergantian angkat kaki kiri. Ulangi mengangkat kaki kanan dan kiri secara bergantian dan dengan ritme yang sama sebanyak 40 kali.

Up down plank

Rebahkan tubuh dalam posisi push-up, angkat tubuh hingga tangan lurus (telapak tangan menyentuh lantai). Angkat telapak tangan kanan dari lantai, ganti posisinya dengan siku lengan kanan Anda. Lakukan langkah ini juga dengan siku lengan kiri, hingga kedua siku lengan menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama satu detik, lalu angkat lengan kanan dari lantai dan letakkan telapak tangan kanan kembali di lantai. Ulangi dengan lengan kiri. Lakukan gerakan ini hingga 20 kali.

Walkouts

Berdirilah dengan tegak dan satukan kedua kaki Anda. Kemudian bungkukkan tubuh hingga telapak tangan menyentuh lantai, kaki tetap lurus mengikuti posisi tubuh. Begitu ujung jari tangan menyentuh lantai, jalankan tangan Anda sampai mencapai posisi push-up. Lakukan push-up sekali. Kemudian kembalikan posisi tubuh ke awal dengan menjalankan tangan ke belakang dan angkat tubuh hingga berada dalam posisi berdiri. Lakukan gerakan ini hingga 10 kali.

Lakukan olahraga kardio setidaknya 30 menit setiap hari. Jangan lupa untuk pemanasan dan pendinginan, sebelum dan setelah olahraga kardio. Pemanasan membantu mempersiapkan tubuh untuk berolahraga, meningkatkan suhu tubuh dan aliran darah ke otot, serta mengurangi nyeri otot dan risiko cedera. Sedangkan pendinginan memungkinkan denyut jantung dan tekanan darah pulih secara bertahap, dan membantu mengatur aliran darah.

Sebelum melakukan olahraga kardio, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Terutama jika Anda memiliki kondisi tertentu, mengonsumsi obat tertentu, atau sedang mengandung.