Payudara Sehat Ini Kuncinya

Payudara yang sehat tidak hanya terlihat indah, namun dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita. Menjaga kesehatan payudara merupakan hal yang perlu dilakukan kalangan wanita berapa pun usia Anda.

Mengenali payudara yang normal akan membantu Anda mendeteksi dini jika ada perubahan tidak normal yang terjadi di kemudian hari. Salah satu kondisi yang paling ditakuti wanita adalah kanker payudara. Pada usia 30 tahunan, risiko seorang perempuan mengalami kanker payudara semakin meningkat.

payudara sehat ini kuncinya - alodokter

Payudara sehat adalah payudara yang tidak mengeluarkan cairan (selain ASI), tidak terdapat bintil-bintil merah (ruam) atau bercak kemerahan (rash), kulit sekitar puting tidak kering, menebal, atau pecah-pecah, tidak ada benjolan di sekitar payudara maupun di ketiak, dan tidak terasa hangat atau gatal.

Bila payudara Anda terdapat tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas, segeralah periksakan ke dokter. Pastikan tanda-tanda tersebut tidak membahayakan atau dapat diobati. Pendeteksian dan pengobatan dini terhadap kanker payudara ini akan memperpanjang hidup seorang wanita.

Cara Mendapatkan Payudara Sehat

Jagalah kesehatan payudara Anda dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.
  • Berhenti merokok Kandungan yang ada di dalam rokok tidak hanya bisa menyebabkan kanker paru-paru, tapi juga bisa meningkatkan risiko seorang perempuan terkena kanker payudara. Mereka yang telah merokok antara 15 hingga 35 tahun memiliki risiko lebih besar mendapatkan kanker tersebut dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.
  • Jauhkan diri dari minuman beralkohol Tidak hanya bisa membuatmu kehilangan kesempatan memiliki payudara sehat, minuman beralkohol juga tidak ada baiknya untuk tubuh. Mengonsumsi sekitar 2 gelas minuman beralkohol setiap harinya, akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.
  • Mulai membiasakan diri makan makanan sehat Mengonsumsi makanan sehat juga dianjurkan untuk menjaga payudara agar tetap sehat. Makanan yang baik dikonsumsi antara lain jamur, polong-polongan, kacang-kacangan, dan sayuran. Konsumsi sekitar 10 gram jamur kancing atau lebih setiap harinya dapat mengurangi risiko seorang perempuan terkena kanker payudara. Selain itu, polong-polongan dan kacang-kacangan mengandung ‘pitosterol yang dapat membantu dalam menurunkan risiko kanker. Mengonsumsi polong-polongan sebanyak dua kali dalam seminggu juga dapat menurunkan risiko kanker payudara. Sedangkan sayur-sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan payudara adalah brokoli dan kubis. Kedua jenis sayuran ini mengandung ‘glukosinolat’ yang dapat menghambat perkembangan sel kanker.  
Payudara termasuk salah satu bagian penting pada tubuh seorang perempuan. Jadi, pastikan Anda menjaga kesehatannya dengan sangat baik. Mulai dari menghindari hal yang bisa merusak kondisinya, hingga mengonsumsi makanan sehat yang bisa menjaga payudara sehat. Ingat juga untuk selalu melakukan pemeriksaan payudara sendiri di rumah, jika terjadi perubahan yang tidak normal pada payudara, Anda bisa mengetahuinya sejak dini.