Sederet Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat tidak jarang meninggalkan bekas pada kulit wajah. Tentu saja hal itu dapat mengganggu penampilan seseorang. Atasi segera dengan beberapa teknik dalam menghilangkan bekas jerawat berikut.

Ada tiga jenis bekas jerawat yang paling umum, yaitu rolling, ice pick dan boxcar. Jika rolling membuat kulit wajah tampak bergelombang dan tidak rata, sedangkan bekas jerawat ice pick akan membuat kulit tampak berlubang, seakan-akan tertusuk benda tajam. Sementara, bekas jerawat boxcar akan membentuk cekungan besar dalam berbentuk lingkaran atau oval.

sederet cara menghilangkan bekas jerawat - alodokter

Jenis Perawatan

Untuk mengatasinya, Anda tidak usah khawatir karena, kini tersedia beragam cara.. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu terapi, konsultasikan dengan dokter.

  • Krim wajah

Jika bekas jerawat bengkak atau berwarna merah, Anda dapat menggunakan krim kortison atau steroid. Krim ini  akan diserap oleh sel kulit dan bisa mengurangi pembengkakan. Untuk memudarkan bekas jerawat menghitam, krim dengan bahan asam kojic, arbutin dan vitamin C bisa menjadi pilihan.

  • Perawatan laser dan filler injection

Dermatolog dapat menggunakan teknologi laser fractional untuk merangsang pembentukan kolagen kulit sehingga permukaan kulit dengan bekas jerawat tampak lebih rata. Ada dua jenis perawatan menggunakan laser, yaitu ablatif dan non ablatif. Perawatan laser ablatif yaitu dengan ‘menembakkan’ laser pada  bekas jerawat sehingga permukaan kulit  lebih halus. Sedangkan laser non-ablatif akan membantu mengaktifkan produksi kolagen tanpa mengganggu permukaan kulit. Sementara filler injection bisa membantu mengisi cekungan bekas jerawat yang dalam. Hanya saja suntikan ini biasanya memerlukan beberapa kali pengulangan.

  • Dermabrasion

Tujuan dilakukannya prosedur adalah untuk mengangkat lapisan paling atas dari kulit dengan menggunakan sikat kawat khusus atau laser. Meskipun setelah perawatan, wajah akan tampak memerah dan bengkak selama beberapa waktu, namun nantinya kondisi wajah akan  membaik. Tindakan ini juga sekaligus dapat menyamarkan bekas jerawat yang ada sebelumnya.

  • Punch Techniques

Teknik ini paling tepat dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat jenis ice pick dan boxcar. Untuk bekas jerawat ice pick ringan dapat menggunakan teknik punch excision yang akan mengangkat bekas jerawat dan menutup lukanya, sehingga akan tumbuh kulit baru yang lebih halus dan rata. Sementara untuk bekas jerawat ice pick yang dalam, dapat diatasi dengan teknik punch grafting yaitu mengangkat bekas jerawat, setelah itu dilakukan pengisian cekungan dengan potongan kulit yang diambil dari bagian tubuh lain, seperti belakang telinga. Teknik ketiga yaitu punch elevation. Teknik ini paling tepat dimanfaatkan untuk mengatasi bekas jerawat boxcar dengan pembedahan  dasar bekas jerawat dan menyisakan sisi-sisinya saja. Setelah itu bagian dasar disatukan dengan sisi namun lebih diangkat sehingga sejajar dengan kulit wajah secara keseluruhan. Tujuan dari prosedur-prosedur ini juga adalah untuk meratakan permukaan kulit.

  • Subcision

Teknik ini sangat cocok untuk bekas jerawat jenis rolling. Lapisan kulit teratas diangkat dari jaringan bawah bekas jerawat, sehingga menimbulkan luka dan membuat darah memenuhi area tersebut. Gumpalan darah itu kemudian akan membentuk jaringan ikat dan membantu mendorong bekas luka.. Hal ini memungkinkan kulit wajah menjadi rata. Subscision biasanya diikuti dengan perawatan lain seperti dermabrasi dan perawatan laser.

Tindakan Pendukung

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk  mengatasi  jerawat sekaligus mencegahnya meninggalkan bekas :

  • Batasi paparan sinar matahari. Sebab sinar ultraviolet dapat memperlambat proses penyembuhan sekaligus membuat kulit di sekitar bekas jerawat menjadi lebih gelap lantaran menstimulasi pigmentasi pada kulit. Gunakan krim tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Anda juga disarankan untuk menggunakan aksesori pelindung tambahan seperti topi lebar.
  • Pertimbangkan kembali penggunaan vitamin E. Sebuah penelitian menyebutkan, mengoleskan vitamin E langsung pada bekas jerawat tidak memiliki dampak. Sebagian justru menunjukkan kondisi makin memburuk, tercatat sekitar 33% mengalami dermatitis kontak. Konsultasikan hal ini dengan dokter Anda.
  • Hindari memencet jerawat. Tindakan ini hanya akan membuat peradangan dan luka yang dapat menyebabkan bekas jerawat. Pada dasarnya bekas jerawat merupakan tindakan tubuh memperbaiki diri dengan produksi kolagen, akibat kehilangan kolagen dari peradangan. Memencet jerawat hanya akan menambah kadar kerusakan kolagen.

Untuk menghilangkan bekas jerawat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Penting bagi Anda untuk menjalankan proses perawatan dengan kesabaran dan disiplin. Selalu konsultasikan dengan dokter atau dermatolog untuk pilihan perawatan yang paling tepat.