Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin K

Walau jarang dialami oleh orang dewasa, kekurangan vitamin K bisa berpengaruh pada proses penggumpalan darah dan menyebabkan perdarahan tak terkendali jika Anda terluka.

Tidak seperti jenis vitamin lain, vitamin K jarang sekali ditemukan dalam suplemen. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K dianjurkan dilakukan secara berimbang, karena tubuh Anda tidak selalu membutuhkannya setiap hari. Kelebihan vitamin K yang berasal dari makanan akan disimpan di dalam organ hati untuk digunakan jika tubuh Anda memerlukannya. Mengonsumsi vitamin K sebagai suplemen hendaknya melalui konsultasi dokter, karena vitamin K bisa menghasilkan efek samping tertentu jika dikonsumsi terlalu banyak atau bersama dengan obat tertentu, seperti obat pengencer darah seperti warfarin.

foods containing vitamin k - alodokter

Makanan-makanan yang Mengandung Vitamin K

Makanan adalah sumber terbaik jika Anda ingin memenuhi kebutuhan harian vitamin K. Dengan pilihan bahan makanan yang sehat pada menu makanan sehari-hari, Anda tidak hanya mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin K tapi juga berbagai vitamin lain yang terkandung dalam bahan makanan tersebut.

Nah, ini dia makanan yang mengandung vitamin K yang bisa Anda masukkan ke dalam pilihan menu makanan sehari-hari.  Berikut ini adalah daftar sayuran dan buah-buahan, serta daftar makanan yang mengandung vitamin K, yaitu:

Makanan nabati – Berbagai sayuran, buah, dan biji-bijian mengandung jumlah vitamin K yang dapat melengkapi kebutuhan harian Anda. Brokoli, kembang kol, kubis, asparagus, kale, lobak, bayam, sawi, kangkung, dan daun selada hijau merupakan jenis sayuran yang mengandung vitamin K. Selain itu, vitamin K juga dapat ditemukan dalam stroberi, alpukat, plum, dan beri hitam atau biru.

Susu dan Olahannya – Susu rendah lemak dapat menjadi pilihan Anda. Selain itu, olahan susu seperti keju juga diyakini mengandung vitamin K.

Makanan Protein – Telur, ikan, ikan tuna kalengan, hati, daging, sereal gandum, dan kacang-kacangan adalah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin K dalam jumlah yang lebih kecil dibanding makanan di atas dan bisa dikonsumsi setiap hari.

Kebutuhan harian vitamin K berbeda-beda pada bayi, anak-anak, dan dewasa. Angka rata-rata kebutuhan vitamin K harian untuk bayi adalah 2 mikrogram/hari, anak-anak 30–75 mikrogram/hari, sementara dewasa membutuhkan 90–120 mikrogram/hari. Diskusikan kadar harian yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen atau melakukan diet makanan yang mengandung vitamin K.

Defisiensi atau kekurangan vitamin K adalah hal yang jarang terjadi, tapi kondisi ini bisa terjadi jika Anda mendapatkan pengobatan antibiotik jangka panjang. Gejala utama dari defisiensi vitamin K adalah sering mengalami memar dan perdarahan. Tanyakan lebih lanjut mengenai makanan yang mengandung vitamin K kepada dokter demi memenuhi kebutuhan harian Anda.