Gejala ambeien yang paling khas adalah keluarnya benjolan dari anus. Selain gejala tersebut, penderita ambeien juga mungkin mengalami gejala lain yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ambeien atau wasir terjadi ketika pembuluh darah yang berada di sekitar anus membengkak dan meradang. Penyebab ambeien umumnya berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat atau kondisi medis tertentu.

5 Gejala Ambeien dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Gejala ambeien yang masih tergolong ringan umumnya tidak mengganggu dan tidak menimbulkan keluhan. Namun, jika keluhan yang timbul sampai mengganggu aktivitas, Anda dapat menerapkan beberapa cara sederhana untuk meredakannya.

Beragam Gejala Ambeien

Ambeien terbagi menjadi dua jenis, yaitu ambeien dalam atau internal (internal hemorrhoid) dan ambeien luar atau eksternal (external hemorrhoid). Ambeien luar umumnya lebih menimbulkan keluhan daripada ambeien dalam.

Berikut adalah gejala ambeien yang umum terjadi:

1. Benjolan yang keluar dari anus

Benjolan yang menjadi gejala ambeien sebenarnya adalah pembuluh darah yang membesar. Benjolan ini bisa berada di dalam anus (internal) atau keluar dari anus (eksternal).

Benjolan yang keluar dari anus dapat berwarna kebiruan, berbentuk seperti anggur, dan bertekstur lunak.

2. Anus terasa gatal

Gatal biasanya menjadi gejala ambeien eksternal di mana pembengkakan pembuluh darah tampak dari luar tubuh. Anus gatal ketika ambeien disebabkan oleh beberapa kondisi berikut ini:

  • Reaksi peradangan
  • Gesekan antara ambeien dengan tisu toilet, kain, bahan iritan, atau dengan kulit bagian tubuh lain
  • Iritasi karena mengejan atau karena pembuluh darah yang bengkak bersentuhan dengan feses
  • Produksi lendir akibat pembesaran pembuluh darah di anus yang dapat mengiritasi dan menyebabkan gatal

3. Nyeri

Dibandingkan ambeien eksternal, ambeien internal umumnya tidak menimbulkan nyeri. Hal ini karena ambeien internal berada di rektum bagian dalam yang hanya memiliki sedikit reseptor rasa nyeri.

Namun, ambeien internal dapat terdorong keluar dari anus saat buang air besar dan tidak dapat masuk hembali. Kondisi yang dapat memicu nyeri ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah, sehingga terbentuk bekuan darah (trombosis) pada ambeien.

Pada ambeien eksternal, rasa nyeri yang hebat dan terasa menusuk dapat dirasakan saat duduk, buang air besar, atau saat menyeka area anus. Keluhan nyeri pada ambeien luar dapat berlangsung selama beberapa hari.

4. Lendir

Gejala ambeien berikutnya adalah lendir yang keluar dari anus, misalnya saat buang angin, buang air besar, atau sekedar menyeka area bokong. Lendir dapat keluar tanpa disadari. Kondisi ini terjadi karena ambeien membuat otot di sekitar anus tidak dapat menutup sempurna.

5. Buang air besar berdarah

Buang air besar berdarah dapat menjadi gejala ambeien eksternal maupun internal. Darah yang muncul umumnya berwarna merah cerah. Meskipun sampai menyebabkan perdarahan, ambeien internal biasanya tidak disertai nyeri.

Cara Mengatasi Gejala Ambeien

Untuk meredakan gejala ambeien, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Untuk mencegah dan mengatasi anus gatal, jaga kebersihan anus dan selalu keringkan anus menggunakan handuk lembut setalah mandi atau buang air. Hindari penggunaan sabun atau tisu berpewangi karena dapat memicu iritasi.
  • Rendam area bokong dengan air hangat untuk meredakan iritasi dan nyeri pada ambeien. Lakukan selama 10–15 menit sebanyak 2–3 kali sehari.
  • Gunakan kompres dingin selama 15 menit pada ambeien untuk meredakan gatal dan nyeri anus.
  • Konsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen, untuk meredakan nyeri dan bengkak.
  • Oleskan salep ambeien, lidah buaya, maupun obat alami ambeien lainnya untuk meredakan gatal dan bengkak, serta mempercepat penyembuhan ambeien.

Agar ambeien tidak muncul kembali, lakukan perubahan gaya hidup dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat, minum setidaknya 8 gelas air setiap hari, tidak duduk atau berdiri terlalu lama, tidak menahan buang air besar, tidak merokok, dan berolahraga secara rutin.

Cara mengatasi ambeien di atas dapat digunakan untuk mengatasi gejala ambeien yang tergolong ringan. Namun jika setelah 1 minggu ambeien tidak kunjung membaik, periksakan diri Anda ke dokter.

Anda juga sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika darah yang keluar saat buang air besar sangat banyak dan disertai nyeri hebat. Dokter dapat menyarankan penanganan medis berupa pengikatan ambeien (ligasi), suntikan skleroterapi, koagulasi, maupun operasi.