Jerawat di wajah bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Oleh karena itu, lakukanlah perawatan kulit yang benar bila Anda berjerawat. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker wajah untuk kulit berjerawat. Ketahui apa saja jenis masker wajah yang bisa mengatasi kulit berjerawat.

Penggunaan masker wajah untuk kulit berjerawat mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat membandel. Namun, penggunaannya tetap harus dilakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan permasalahan kulit baru, seperti iritasi kulit.

5 Pilihan Masker Wajah untuk Kulit Berjerawat - Alodokter

Pilihan Masker Wajah untuk Kulit Berjerawat

Pilihan masker wajah untuk kulit berjerawat ada beragam. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah, karena beberapa bahan alami mengandung zat tertentu yang efektif dalam meredakan dan mencegah jerawat.

Berikut adalah pilihan masker wajah yang terbuat dari bahan alami:

1. Masker mentimun

Anda dapat memanfaatkan mentimun sebagai masker wajah untuk kulit berjerawat. Mentimun memiliki efek menenangkan sehingga mampu membantu mengatasi atau meredakan jerawat yang meradang.

Untuk mendapatkan manfaat masker mentimun, Anda dapat menghaluskan 1 buah mentimun kecil, lalu campurkan dengan 1 cangkir oatmeal. Setelah membentuk pasta, campurkan kembali dengan 1 sendok teh yogurt dan aduk hingga merata.

Oleskan masker ini ke wajah, diamkan hingga 30 menit dan bilas hingga bersih. Masker mentimun tidak hanya mampu meredakan jerawat yang meradang, tapi juga dapat melembapkan kulit.

2. Masker kunyit

Masker wajah untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah masker kunyit. Kunyit bersifat antiinflamasi, antibakteri, dan mengandung antioksidan sehingga memiliki kemampuan yang cukup signifikan dalam mengatasi kulit berjerawat. Zat antiinflamasi dalam kunyit secara khusus dapat membantu mengatasi jerawat yang meradang.

Anda hanya perlu menghaluskan kunyit secukupnya, kemudian oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

3. Masker lidah buaya

Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak dan sensitif, masker wajah untuk kulit berjerawat yang cukup disarankan adalah masker lidah buaya. Masker lidah buaya mampu meredakan jerawat yang meradang sekaligus mencegah munculnya jerawat berkat kandungan asam salisilat dan sulfur di dalamnya.

Cuci batang daun lidah buaya sampai bersih, lalu ambil daging atau gelnya yang berwarna putih bening. Haluskan tersebut dan oleskan ke wajah secara merata. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurnya dengan bahan lain yang juga mengandung sifat antibakteri, seperti madu dan kayu manis.

Anda hanya perlu mencampur 1 sendok makan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok makan madu murni dan ¼ sendok makan kayu manis bubuk. Setelah ketiga bahan tersebut tercampur rata, oleskan ke wajah dan diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4. Masker oatmeal

Tidak hanya dapat dijadikan sebagai menu sarapan, oatmeal juga dapat dijadikan sebagai bahan alami masker wajah kulit berjerawat. Meski tidak secara langsung mengobati jerawat, sifat antiinflamasi dalam oat mampu menenangkan kulit yang meradang dan kering.

Cara mendapatkan manfaat oatmeal untuk wajah cukup simpel. Anda hanya perlu menghaluskan oatmeal, lalu campurkan dengan air hangat dan aduk hingga membentuk pasta. Diamkan hingga dingin dan oleskan ke kulit wajah yang berjerawat.

5. Masker teh hijau

Bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang diketahui dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, dalam teh hijau terkandung antioksidan bernama epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Antioksidan ini terbukti mampu melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan P. acnes sehingga dapat membantu mengatasi dan mencegah kemunculan jerawat.

Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit. Ambil ampas teh dengan cara disaring, lalu biarkan hingga dingin. Setelah dingin, oleskan ke kulit wajah yang berjerawat dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Meski kelima bahan alami tersebut dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk kulit berjerawat, jangan gunakan terlalu sering. Anda hanya disarankan untuk mengaplikasikannya ke kulit sebanyak 1−2 kali dalam seminggu.

Penggunaan masker terlalu sering bisa membuat kulit menjadi kering. Bahkan, kemampuan alami kulit dalam melawan jerawat beserta nodanya juga bisa berkurang.

Sebelum menggunakan masker wajah untuk kulit berjerawat, Anda disarankan untuk mengoleskan sedikit terlebih dahulu ke area kulit sekitar rahang. Kemudian, liat reaksi yang muncul. Jika kulit terlihat mengalami iritasi, hentikan penggunaannya.

Masker wajah untuk kulit berjerawat yang berasal dari bahan alami tidak memberikan hasil yang instan, sehingga Anda disarankan untuk menggunakannya secara rutin selama beberapa minggu.

Jika masalah kulit Anda tidak juga teratasi meski sudah menggunakan masker wajah untuk kulit berjerawat, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit. Dokter kulit akan memberikan perawatan dan pengobatan yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda.