Memiliki IQ yang rendah bukanlah akhir dari segalanya, karena IQ memang bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang. Namun, jika Ada ingin memiliki IQ yang lebih tinggi, ada beberapa cara meningkatkan IQ yang dapat Anda coba.

Intelligence quotient (IQ) adalah istilah yang kerap digunakan untuk mengukur kecerdasan intelektual dan kemampuan seseorang dalam memahami gagasan, memecahkan masalah, mempelajari berbagai hal, hingga berpikir dan bernalar.

9 Cara Meningkatkan IQ yang Bisa Anda Coba - Alodokter

Saat ini, skor IQ bahkan sering digunakan sebagai persyaratan masuk sekolah dan perguruan tinggi, atau bahkan saat melamar pekerjaan tertentu. Perusahaan atau lembaga umumnya akan melakukan tes IQ untuk mengetahui skor IQ Anda.

Nah, jangan bersedih atau patah semangat bila sebelumnya Anda memperoleh skor IQ yang rendah. Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan IQ sekaligus mempersiapkan diri bila suatu saat Anda harus menjalani tes IQ.

Macam-Macam Cara Meningkatkan IQ

Tingkat kecerdasan atau IQ seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor genetik, asupan nutrisi, pola asuh, riwayat pendidikan, hingga kondisi kesehatan. Skor IQ bukanlah nilai yang tetap dan bisa saja berubah saat seseorang beranjak dewasa.

Untuk meningkatkan IQ, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Melatih otak melalui permainan

Salah satu cara meningkatkan IQ adalah dengan melakukan permainan yang dapat mengasah otak (brain games), misalnya teka-teki silang, puzzle, atau sudoku. Aktivitas tersebut dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan dengan cara melatih daya ingat serta keterampilan bernalar dan berbahasa.

2. Memainkan alat musik

Anda juga bisa meningkatkan IQ dengan belajar bermain alat musik. Menurut penelitian, memainkan alat musik dapat melatih kemampuan sensoris dan berpikir, persepsi pendengaran, koordinasi fisik, dan daya ingat Anda.

Jangan khawatir bila Anda merasa kesulitan saat mempelajari alat musik. Anda tidak harus menjadi musisi andal agar bisa mendapatkan manfaat musik untuk meningkatkan IQ.

3. Mempelajari bahasa asing

Belajar bahasa asing ternyata tak hanya memudahkan Anda saat bepergian ke luar negeri, berinteraksi dengan orang dari negara lain, atau mendengar lagu dan menonton film asing. Bahkan, memperkenalkan anak dengan bahasa asing sejak dini, dapat mendukung perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasannya.

Hal ini telah dibuktikan dari beberapa studi yang menyatakan bahwa orang yang bilingual terlihat memiliki IQ dan kemampuan belajar yang lebih baik dibandingkan orang-orang yang hanya bisa berkomunikasi dengan 1 bahasa.

4. Membaca buku

Saat membaca buku, Anda akan mencoba mengikuti alur cerita, membayangkan, memahami, dan mengambil kesimpulan dari apa yang Anda baca.

Tidak dapat disangkal, aktivitas ini menjadi salah satu cara klasik untuk melatih kemampuan berpikir, menambah wawasan, serta menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Tak hanya membaca, membacakan buku cerita ke anak juga baik bagi perkembangan otak mereka. Menurut penelitian, aktivitas ini dapat melatih kemampuan berbahasa dan berpikir anak.

5. Melanjutkan pendidikan formal atau mengikuti kursus

Pendidikan, dalam bentuk apa pun, sangat penting untuk mengembangkan kecerdasan atau meningkatkan IQ. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengikuti pendidikan formal selama 1 tahun dapat meningkatkan skor IQ hingga 5 poin.

Selain melanjutkan pendidikan formal, Anda juga bisa berpartisipasi dalam seminar dan lokakarya atau mengikuti kelas kursus, misalnya kelas memasak, menjahit, atau bahasa asing.

6. Melakukan sosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, berdiskusi atau saling bertukar pikiran bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan IQ. Menurut sebuah penelitian, bersosialisasi secara aktif dapat merangsang pikiran dan kemampuan berpikir Anda.

Selain berinteraksi dengan teman atau orang yang sudah dikenal, Anda juga bisa bersosialisasi dengan ikut serta dalam komunitas baru atau menjadi sukarelawan sehingga bisa bertemu orang baru dan berbagi pengalaman serta wawasan.

7. Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bernutrisi juga dapat Anda lakukan untuk meningkatkan IQ. Pilihlah beragam jenis makanan yang mengandung asam lemak omega-3, flavonoid, protein, serta berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, zinc, dan selenium.

Berbagai kandungan tersebut dinilai dapat menjaga dan mendukung fungsi otak. Beragam nutrisi tersebut bisa diperoleh melalui makanan atau minuman tertentu, seperti makanan laut, ikan, kacang-kacangan, telur, aneka buah dan sayuran, serta teh dan cokelat.

8. Mencukupi waktu istirahat

Beristirahat secara cukup setidaknya 7–9 jam tiap harinya juga penting untuk mendukung fungsi otak agar bisa bekerja secara optimal.

Ketika Anda tidur, otak akan memperkuat memori dari berbagai hal yang Anda alami sepanjang hari dan mempersiapkan diri untuk mempelajari informasi baru ketika Anda bangun nanti. Oleh karena itu, cukup tidur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan IQ Anda.

9. Melakukan olahraga secara rutin

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, rutin berolahraga juga menjadi salah satu cara meningkatkan IQ dan fungsi otak. Olahraga dapat meningkatkan daya ingat dan menjaga aliran darah di otak tetap lancar, sehingga sel saraf dan jaringan otak tetap sehat.

Untuk meningkatkan IQ atau memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan, Anda dapat berolahraga miminal 3 kali dalam seminggu, selama 30 menit setiap harinya.

IQ yang tinggi masih dipercaya sebagai kunci kesuksesan seseorang. Namun, kenyataannya, skor IQ bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan hal tersebut. Ada faktor lain yang juga berperan penting dalam mendukung kesuksesan, misalnya kerja keras, ketekunan, kepribadian, perilaku, dan emosi.

Oleh karena itu, tidak hanya IQ yang penting untuk ditingkatkan, namun juga kecerdasan emosional atau emotional quotient (EQ). Jika Anda memiliki pertanyaan seputar IQ atau cara untuk meningkatkan IQ, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog.