Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit infeksi bakteri, seperti pneumonia, infeksi saluran kemih, gonore, infeksi kulit, atau infeksi telinga.

Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma adalah obat antibiotik golongan penicilin yang berkerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Amoxicilin Indofarma/Kimia Farma tidak digunakan untuk mengatasi infeksi virus, seperti flu atau Covid-19.

Amoxicillin Indofarma - Alodokter

Pada kondisi tertentu, Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma juga dapat dikombinasikan dengan obat lain untuk mengobati tukak lambung akibat infeksi Helicobacter pylori.

Apa Itu Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma

Bahan Aktif Amoxicillin Trihydrate
Golongan Obat resep
Kategori Antibiotik penisilin
Manfaat Mengatasi infeksi bakteri
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma untuk ibu hamil dan menyusui Kategori B: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Kaplet

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma

Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma hanya boleh digunakan sesuai resep dokter. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma, antara lain:

  • Jangan mengonsumsi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma bila Anda alergi terhadap obat ini atau antibiotik golongan penisilin lain. Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita asma, kejang, leukimia, fenilketonuria, penyakit ginjal, penyakit liver, atau mononukleosis.
  • Beri tahu dokter jika Anda berencana untuk melaksanakan vaksinasi dengan vaksin hidup selama mengonsumsi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah mengalami diare akibat penggunaan obat antibiotik.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma, terutama jika berencana untuk menjalani operasi.
  • Segera ke dokter jika muncul reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma.

Dosis dan Aturan Pakai Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma

Dosis Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma berbeda pada tiap orang, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan infeksi. Dosis Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma untuk orang dewasa adalah 250–500 mg, 3 kali sehari, atau 500–1.000 mg, 2 kali sehari. Untuk infeksi bakteri berat, dosis yang bisa diberikan adalah 750–1.000 mg, 3 kali sehari.

Dosis Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma untuk anak-anak akan ditentukan oleh dokter sesuai dengan berat badan anak dan kondisi infeksi yang ingin diatasi.

Cara Mengonsumsi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca aturan pakai yang tertera pada kemasan sebelum mengonsumsi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma.

Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma tablet dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Namun, untuk mengurangi risiko terjadinya rasa tidak nyaman pada perut Anda dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini setelah makan. Telanlah obat dalam bentuk utuh dan jangan menghancurkan, membelah, atau mengunyah.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma pada jam yang sama setiap harinya agar obat dapat bekerja dengan maksimal.

Bagi Anda yang lupa mengonsumsi obat Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma, disarankan untuk segera mengonsumsinya jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Jangan berhenti mengonsumsi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma sebelum masa pengobatan yang ditentukan oleh dokter selesai, walau gejala yang Anda alami telah membaik. Penghentian konsumsi antibiotik sebelum waktunya berisiko menyebabkan kambuhnya infeksi dan kebalnya bakteri terhadap antibiotik.

Simpan Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma pada suhu ruangan dan di dalam wadah tertutup untuk menghindari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma dengan Obat Lain

Berikut ini adalah beberapa efek interaksi obat yang dapat terjadi jika Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma digunakan bersama obat lain:

  • Peningkatan kadar amoxicillin di dalam darah jika digunakan bersama probenecid
  • Peningkatan risiko terjadinya reaksi alergi jika digunakan bersama allopurinol
  • Penurunan efektivitas amoxicillin jika digunakan dengan antibiotik lain, seperti tetracycline, chloramphenicol, atau makrolida
  • Peningkatan risiko terjadinya perdarahan jika digunakan bersama obat antikoagulan, seperti warfarin
  • Peningkatan risiko terjadinya keracunan methotrexate
  • Penurunan efektivitas pil KB

Efek Samping dan Bahaya Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma

Amoxicillin Indofarma/Kimia Farma dapat menyebabkan efek samping yang bersifat ringan. Beberapa efek samping yang dapat muncul adalah:

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping di atas tidak kunjung mereda atau semakin berat. Segera ke dokter jika muncul reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti: