Sariawan sering kali membuat penderitanya sulit makan dan minum. Nah, ada beberapa obat sariawan alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi rasa nyeri sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka sariawan. Dengan demikian, Anda bisa lebih nyaman saat mengonsumsi makanan.

Penyebab pasti munculnya sariawan belum diketahui hingga saat ini. Namun, sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam dapat terjadi akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, dan kekurangan nutrisi tertentu. Terkadang, kondisi ini juga dapat terjadi saat Anda sedang stres.

4 Obat Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri - Alodokter

Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, kebiasaan merokok, mulut kering, dan luka di mulut juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Obat Sariawan Alami

Sariawan biasanya akan hilang dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10–14 hari. Namun, sariawan juga bisa menetap di dalam mulut hingga beberapa minggu dan bahkan meninggalkan bekas luka. Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan, Anda dapat mencoba beberapa cara mengobati sariawan secara alami berikut ini:

 1. Kumur dengan larutan garam

Berkumur dengan larutan garam diketahui efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, lalu berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda.

2. Kompres dengan kantong teh chamomile

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut. Kompres selama kurang lebih 5 menit, sebanyak 3–4 kali sehari.

3. Oleskan madu

Selain chamomile, madu juga memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga baik untuk mengobati sariawan. Anda dapat mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sariawan sembuh. Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan luka sariawan adalah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Agar sariawan bisa cepat sembuh, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan  . Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Tak hanya sayuran dan buah-buahan, beragam nutrisi untuk mengatasi sariawan juga bisa diperoleh dari suplemen tambahan.

Selain beberapa obat alami di atas, Anda juga bisa mengoleskan sedikit magnesium hidroksida cair di lokasi munculnya sariawan. Magnesium hidroksida biasanya terdapat pada obat maag cair.

Jangan lupa pula untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan sariawan dapat menyebabkan mulut kering dan meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih agar sariawan yang Anda alami cepat sembuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan agar Sariawan Tidak Semakin Parah

Selain obat sariawan alami di atas, Anda dapat melakukan hal-hal berikut agar sariawan tidak semakin parah, yaitu:

  • Konsumsi makanan lunak yang mudah ditelan.
  • Hindari makanan pedas, asam, serta memiliki tekstur yang terlalu keras, seperti keripik kentang dan kacang-kacangan.
  • Hindari pula minuman manis dan berkafein, misalnya kopi, minuman bersoda, dan minuman beralkohol.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
  • Hindari menyentuh sariawan karena dapat menyebabkan infeksi.
  • Gunakan obat kumur secara rutin.
  • Gunakan sedotan saat minum, jika sariawan terasa sangat menyakitkan.

Cara Mencegah Sariawan Datang Kembali

Jika Anda sudah terbebas dari sariawan, lakukan hal-hal di bawah ini agar sariawan tidak datang lagi:

  • Hindari terlalu banyak mengonsumsi makan yang dapat mengiritasi mulut, seperti makanan asam, panas, atau pedas.
  • Jaga selalu kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari menggunakan sikat gigi berbulu halus dan bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.
  • Hindari produk pembersih mulut yang mengandung sodium lauryl sulfate.

Jika berbagai obat sariawan alami di atas tidak membuat sariawan Anda sembuh atau setidaknya membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Anda juga dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter, bila sariawan muncul secara berulang, semakin melebar dan menyebar, terasa sangat nyeri, serta berlangsung selama 3 minggu atau lebih.