Masalah kesuburan umumnya ditangani dengan beberapa pilihan terapi atau pengobatan medis. Namun, bila Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, ada beberapa pilihan terapi alternatif untuk meningkatkan kesuburan yang dapat dicoba selain dengan cara medis.

Terapi alternatif bukanlah metode pengobatan utama untuk menangani masalah kesuburan, melainkan sebagai terapi pelengkap yang dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan kesuburan. Meski demikian, terapi alternatif dinilai cukup efektif untuk mengatasi masalah kesuburan, terutama yang disebabkan stres atau perubahan hormon.

Berbagai Terapi Alternatif yang Berpeluang Meningkatkan Kesuburan - Alodokter

Tak hanya itu, terapi alternatif juga banyak menjadi pilihan para pasangan yang sedang menjalani program hamil karena biayanya yang lebih murah dibandingkan metode reproduksi dengan bantuan medis, seperti inseminasi buatan dan bayi tabung (IVF).

Pilihan Terapi Alternatif untuk Meningkatkan Kesuburan

Berikut ini adalah beberapa jenis terapi alternatif yang dipercaya berpotensi untuk meningkatkan kesuburan:

1. Akupunktur

Akupunktur adalah teknik pengobatan alternatif dari Tiongkok yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum khusus pada titik-titik tertentu di permukaan kulit.

Teknik pengobatan akupunktur dipercaya dapat menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh, memperlancar aliran darah, serta melancarkan siklus menstruasi dan ovulasi, sehingga wanita lebih mudah menentukan masa suburnya.

Selain itu, metode akupunktur juga bisa dilakukan sebagai pendukung metode bayi tabung, agar tingkat keberhasilan program bayi tabung lebih tinggi.

2. Pengobatan herbal

Penggunaan obat herbal tertentu, seperti akar maca (maca root) dan ginseng, dipercaya dapat meningkatkan kesuburan, memperbaiki kualitas dan jumlah sperma pria, serta mendukung proses ovulasi wanita secara alami.

Akan tetapi, konsumsi obat herbal apa pun untuk memperbaiki kesuburan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan. Meski mencantumkan label alami pada produknya, bukan berarti obat herbal bebas dari efek samping.

Selain itu, tidak semua produk herbal memiliki bukti ilmiah yang memadai mengenai efektivitasnya dalam meningkatkan kesuburan.

3. Hipnoterapi

Tujuan hipnoterapi adalah untuk membantu Anda menjadi lebih rileks serta mengurangi rasa cemas dan stres karena belum mendapatkan buah hati.

Stres dapat menyebabkan hormon pengatur kesuburan di dalam tubuh menjadi terganggu. Bila stres dapat dikendalikan, tubuh Anda akan menjadi lebih subur karena kadar hormon pengatur kesuburan bisa kembali normal.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa hipnoterapi dapat membantu meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan.

4. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga dan teknik relaksasi yang juga dapat digunakan untuk mengurangi stres dan membuat hormon di dalam tubuh menjadi lebih seimbang. Tak hanya itu, yoga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Oleh karena itu, yoga dianggap sebagai terapi alternatif yang baik dilakukan untuk mengatasi masalah kesuburan. Meski demikian, efektivitas yoga sebagai terapi alternatif untuk meningkatkan kesuburan dan peluang hamil masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Pijatan

Hampir sama dengan yoga dan hipnoterapi, terapi pijat juga baik untuk mengurangi stres dan membuat tubuh merasa lebih rileks. Terapi pijat juga diduga dapat melancarkan aliran darah, sehingga organ reproduksi bisa bekerja dengan lebih baik dan membuat Anda menjadi lebih subur.

Beberapa pilihan terapi alternatif di atas bisa Anda dan pasangan coba untuk meningkatkan kesuburan. Namun, perlu Anda ingat, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan efektivitas dan keamanan metode terapi alternatif tersebut dalam mengatasi masalah kesuburan.

Oleh karena itu, jika Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu ke dokter terkait pilihan terapi apa saja yang dapat Anda dan pasangan lakukan, termasuk terapi alternatif yang dapat dicoba.

Tips Meningkatkan Kesuburan secara Alami

Selain cara-cara di atas, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan, di antaranya:

Rutin berolahraga

Menjaga kebugaran tubuh sangat penting karena dapat meningkatkan peluang kehamilan. Oleh karena itu, Anda dan pasangan disarankan untuk berolahraga minimal 3–4 kali seminggu atau setidaknya 30 menit setiap harinya. Namun, jangan sampai Anda dan pasangan jadi olahraga berlebihan, ya. Hal ini justru bisa menggangu kesuburan.

Konsumsi makanan kaya nutrisi

Tak hanya olahraga secara rutin, menjaga asupan nutrisi tubuh juga sama pentingnya untuk mendukung kehamilan.

Guna meningkatkan kesuburan, Anda dan pasangan perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, lemak sehat, serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, dan zat besi.

Ada beberapa jenis makanan penyubur kandungan yang bisa Anda konsumsi di antaranya telur, ikan, sayuran hijau, pisang, keju, yoghurt, dan kacang-kacangan.

Hentikan kebiasaan yang tidak sehat

Pola hidup tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, serta sering stress dan kurang tidur, sebaiknya dihindari selama Anda dan pasangan menjalani program hamil.

Kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan hormon kesuburan menjadi tidak seimbang, sehingga kondisi kesuburan bisa terganggu. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesuburan, Anda dan pasangan perlu menjalani pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Umumnya, pasangan sehat yang subur akan memperoleh momongan setelah mencoba untuk hamil dalam waktu 1 tahun. Namun, jika sudah lewat dari 1 tahun Anda dan pasangan belum juga hamil, sebaiknya konsultasikan masalah tersebut ke dokter kandungan.

Dokter dapat memberikan saran terkait berbagai hal yang dapat Anda dan pasangan lakukan guna meningkatkan kesuburan, termasuk apakah perlu menjalani terapi alternatif untuk meningkatkan kesuburan.