Akar maca telah lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional untuk meningkatkan libido dan kesuburan pada pria. Namun, tanaman herbal ini juga memiliki berbagai manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Maca (Lepidium meyenii) adalah salah satu jenis tanaman herbal yang banyak tumbuh di pegunungan Andes, Amerika Selatan. Bagian akarnya telah lama dimanfaatkan masyarakat setempat untuk meningkatkan stamina dan gairah seksual.

Tak Hanya Tingkatkan Libido, Ini 6 Manfaat Akar Maca yang Perlu Diketahui - Alodokter

Akar maca biasanya dikonsumsi dalam bentuk serbuk, kapsul, atau ditambahkan ke dalam minuman. Selain meningkatkan vitalitas pria, akar maca juga dipercaya dapat memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya ingat, hingga melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari berlebih.

Kandungan Akar Maca

Ragam manfaat yang ditawarkan akar maca tentu tak lepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam akar maca:

  • Karbohidrat
  • Protein dan asam amino
  • Serat
  • Vitamin C
  • Vitamin B, termasuk vitamin B3 atau dan vitamin B6
  • Senyawa alkaloid
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Kalium

Selain itu, akar maca juga mengandung magnesium, mangan, tembaga, serta beragam antioksidan seperti polifenol, saponin, flavonoid, dan glukosinolat.

Ragam Manfaat Akar Maca

Ada banyak manfaat akar maca untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh, di antaranya:

1. Menambah gairah seksual

Manfaat akar maca yang paling populer adalah sebagai penambah stamina dan gairah seksual pada pria.

Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi akar maca sebagai teh herbal atau suplemen dapat meningkatkan gairah dan performa seksual pria. Manfaat ini dapat diperoleh setelah akar maca dikonsumsi dalam waktu kurang lebih 6 minggu.

Selain itu, tanaman herbal ini juga dipercaya mampu mengatasi disfungsi ereksi dan ejakulasi dini. Namun, manfaat akar maca untuk mengatasi masalah seksual dan gangguan libido masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Meningkatkan kesuburan

Selain menambah gairah seksual, konsumsi akar maca secara rutin dipercaya dapat meningkatkan kualitas, volume, konsentrasi, dan pergerakan sperma. Hal ini menjadikan akar maca bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria.

Meski demikian, efektivitas dan keamanan akar maca sebagai obat kesuburan juga masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Meredakan gejala menopause pada wanita

Mendekati masa menopause, kadar estrogen dalam tubuh wanita akan menurun. Kondisi ini membuat wanita kerap mengalami beberapa gejala, seperti vagina kering, perubahan suasana hati, susah tidur, hingga mudah marah.

Sebuah riset menyatakan bahwa konsumsi akar maca bisa bermanfaat untuk meringankan gejala-gejala menopause yang muncul.

Tak hanya itu, kandungan kalsium dalam akar maca juga baik untuk menjaga kekuatan tulang dan menurunkan risiko terjadinya osteoporosis yang sering dialami oleh wanita setelah menopause.

4. Meningkatkan daya ingat

Di negara-negara Amerika Latin, seperti Peru, akar maca sudah dikonsumsi secara turun-temurun untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak serta meningkatkan memori dan daya konsentrasi. Ini diduga berkat kandungan antioksidan dan beragam nutrisi pada akar maca yang baik untuk otak.

Tak hanya itu, beberapa riset juga menyebutkan bahwa akar maca berpotensi untuk menghambat perkembangan penyakit Parkinson dan mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

5. Melawan radikal bebas

Akar maca merupakan salah satu tanaman yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit, seperti kanker.

Kandungan antioksidan dalam akar maca juga bermanfaat untuk meredakan peradangan dan mencegah pertumbuhan sel tumor atau kanker.

6. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Terlalu lama terpapar sinar matahari tidak hanya membuat kulit menjadi gelap dan cepat keriput, tetapi juga meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Paparan sinar matahari berlebihan juga diketahui dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Penelitian menyebutkan bahwa pemberian krim yang mengandung ekstrak akar maca pada kulit bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan kulit dan melindungi kulit dari efek radiasi sinar UV. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan polifenol dan glukosinolat dalam akar maca.

Selain menawarkan berbagai manfaat di atas, akar maca juga dipercaya bemanfaat untuk melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah, menambah energi dan stamina fisik, serta menjaga fungsi hati.

Meski demikian, studi mengenai efektivitas manfaat akar maca beserta tingkat keamanannya masih sangat terbatas.

Selain itu, akar maca juga berpotensi menimbulkan efek interaksi obat, apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat atau suplemen lain. Oleh karena itu, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk memastikan berbagai klaim manfaat akar maca di atas.

Agar lebih aman, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi akar maca, terutama jika Anda memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu.