Pria memiliki kecenderungan lebih mudah mendapatkan berat badan ideal dibandingkan wanita. Mengetahui berat badan ideal pria bisa dilakukan melalui penghitungan indeks massa tubuh (IMT).

Pada dasarnya, penghitungan IMT dapat dilakukan dengan membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat sehingga menghasilkan perkiraan jumlah total lemak tubuh. Khusus untuk orang Asia, nilai IMT yang ideal berada pada kisaran 18,5-22,9. IMT dengan kisaran nilai 23-24,9 menunjukkan kondisi kelebihan berat badan. Sedangkan untuk nilai IMT melebihi 35 menunjukkan seseorang mengalami obesitas.

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal Pria yang Benar - Alodokter

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap pria menunjukkan hasil adanya peningkatan kasus obesitas sebanyak dua kali lipat dalam 25 tahun terakhir. Sedangkan sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2004 menghasilkan fakta bahwa 71 persen pria berusia 20 tahun ke atas mengalami kelebihan berat badan, dan 31 persen lainnya mengalami obesitas. Karena itulah, bagi pria yang ingin memiliki berat badan ideal, ada baiknya untuk mulai menjaga pola makan dan mengaturnya dengan baik, yaitu dimulai dengan:

  • Konsumsilah makanan nabati, seperti halnya buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Untuk mendapatkan asupan protein, dianjurkan untuk memilih makanan yang mengandung protein baik, seperti produk susu rendah lemak dan aneka jenis ikan.
  • Pembatasan konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Batasi konsumsi daging, keju, susu tinggi lemak, dan daging olahan yang umumnya mengandung lemak jenuh. Ganti makanan berlemak tersebut dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang bisa didapat dari kacang-kacangan, ikan, dan minyak sayur.
  • Kurangi minuman manis dan perbanyak minum air putih.

Untuk menambahkan pola makan yang lebih menyehatkan, biasakan juga untuk aktif secara fisik. Bisa dimulai dengan berjalan cepat atau rutin melakukan joging tiap hari.

Pria Lebih Mudah Menurunkan Berat Badan?

Benar, tampaknya pria harus mensyukuri hal ini. Pasalnya, pria ditengarai lebih mudah menurunkan berat badan dibandingkan wanita karena:

  • Faktor biologis

Persentase lemak pada wanita dan pria memiliki perbedaan. Wanita, memiliki presentase lemak lebih tinggi dibandingkan pria. Pada keadaan normal, lemak pada wanita mencapai 25 persen, sedangkan pria hanya 15 persen. Adapun perbedaan persentase lemak tubuh antara wanita dan pria dipengaruhi oleh hormon. Hormon estrogen pada wanita mampu menyebabkan peningkatan timbunan lemak dalam tubuh.

  • Perbedaan selera makanan

Wanita dan pria memiliki perbedaan selera dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Pria cenderung menyukai daging, sementara wanita cenderung lebih memilih mengonsumsi makanan berkarbohidrat. Meski begitu, wanita lebih memahami mengenai apa yang seharusnya dikonsumsi dibandingkan pria.

  • Lebih dekat dengan makanan

Urusan dapur kerap menjadi tanggung jawab wanita. Mulai dari memikirkan menu apa yang akan dihidangkan, berbelanja kebutuhan dapur, hingga menyiapkan makanan membuat wanita lebih rentan terhadap godaan makanan dan tertarik untuk mencicipinya. Tidak heran, wanita cenderung lebih sulit untuk menurunkan berat badan dibandingkan pria.

Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan cara untuk mengetahui seberapa ideal berat badan pria. Namun, jangan cepat berpuas diri jika IMT Anda termasuk kategori normal karena Anda tetap harus membiasakan diri menjaga pola makan yang baik, mengatur porsi makan, dan mengimbanginya dengan berolahraga agar berat badan ideal pria bisa dipertahankan.