Cara mengobati batuk kering dengan mengonsumsi obat medis dapat dilakukan untuk meringankan keluhan batuk. Namun, penggunaan obat medis tersebut harus disesuaikan dengan penyebab batuk kering yang dialami.

Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dahak atau lendir. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti GERD, infeksi, alergi, dan asma. Selain itu, batuk kering juga bisa disebabkan oleh postnasal drip, yakni lendir dari hidung yang turun dan menumpuk di tenggorokan.

Cara Mengobati Batuk Kering Sesuai Penyebabnya - Alodokter

Karena batuk kering bisa disebabkan oleh banyak hal, cara mengatasi batuk kering pun dapat disesuaikan dengan penyebabnya tersebut.

Obat-Obatan untuk Mengobati Batuk Kering

Berikut ini adalah jenis-jenis obat yang dapat dijadikan cara mengobati batuk kering:

1. Antitusif

Mengonsumsi obat golongan antitusif bisa menjadi salah satu cara mengobati batuk kering. Contoh obat yang termasuk ke dalam golongan ini adalah dextromethorphan. Obat ini diketahui ampuh dalam mengobati batuk kering dengan cara menekan refleks batuk di otak.

2. Antasida

Antasida adalah obat penetral asam lambung. Obat ini dapat digunakan sebagai cara mengobati batuk kering yang disebabkan oleh GERD. Antasida bekerja dengan menetralisir asam lambung agar tidak naik ke tenggorokan dan memicu batuk kering.

3. Antihistamin

Jika batuk kering yang Anda alami disebabkan oleh postnasal drip, Anda dapat menggunakan obat golongan antihistamin, seperti cetirizine dan loratadine. Postnasal drip sendiri bisa disebabkan oleh sinusitis, alergi, infeksi bakteri, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

4. Antibiotik.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, postnasal drip bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika Anda mengalami batuk kering karena kondisi tersebut, Anda dapat mengonsumsi antibiotik sesuai saran dari dokter.

Antibiotik diketahui mampu membunuh bakteri penyebab postnasal drip, serta mencegah kondisi tersebut berkembang dan bertambah buruk.

Pada beberapa kasus, batuk kering juga bisa disertai dengan nyeri dada dan demam. Untuk mengurangi keluhan ini, Anda bisa mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen. Namun, pastikan Anda mengonsumsi obat-obat tersebut sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Selain menggunakan beragam obat di atas, batuk kering juga bisa diatasi dengan melakukan berbagai cara berikut:

  • Memperbanyak konsumsi air
  • Mengonsumsi permen pelega tenggorokan
  • Mengonsumsi madu atau makanan serta minuman hangat
  • Menggunakan humidifier jika sering berada di ruangan ber-AC
  • Berendam atau mandi menggunakan air hangat

Cara Mencegah Batuk Kering

Untuk mencegah terjadinya batuk kering, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Menghindari paparan zat yang dapat mengiritasi hidung, seperti debu, bulu binatang peliharaan, atau wewangian yang terlalu menyengat
  • Menerapkan pola hidup sehat, termasuk mencuci tangan secara teratur
  • Berhenti merokok dan sebisa mungkin menghindari paparan asap rokok

Obat-obatan di atas memang diketahui ampuh untuk mengobati batuk kering. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tetap harus disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan batuk kering yang Anda alami.

Jika Anda mengalami batuk kering yang tidak kunjung membaik, bahkan setelah mengonsumsi obat-obatan diatas, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter dapat melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui penyebab batuk kering yang Anda alami dan menyarankan cara mengobati batuk kering yang sesuai.