Clebopride adalah obat untuk mengatasi mual dan muntah, terutama yang timbul setelah prosedur bedah atau kemoterapi.

Clebopride merupakan obat golongan antagonis dopamin. Jika diuraikan lebih spesifik, obat ini termasuk ke dalam golongan dopamine D3 reseptor antagonist. Golongan obat ini digunakan untuk meredakan keluhan mual dan muntah. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan hanya boleh digunakan sesuai resep dokter.

Clebopride - Alodokter

Merek dagang clebopride: Clast

Apa itu Clebopride

Golongan Antagonis dopamin
Kategori Obat resep
Manfaat Mengatasi mual dan muntah
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Clebopride untuk ibu hamil dan menyusui  Kategori N: Belum dikategorikan.Clebopride belum diketahui diserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter.
Bentuk Tablet

 Peringatan Sebelum Mengonsumsi Clebopride

Clebopride tidak boleh digunakan sembarangan. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi clebopride adalah:

  • Jangan mengonsumsi clebopride jika Anda alergi dengan obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda mengalami faekromositoma. Obat ini tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda mengalami pendarahan saluran cerna, penyakit ginjal, penyakit Parkinson, epilepsi, atau pernah menderita depresi.
  • Jangan mengemudi atau mengoperasikan alat berat selama menjalani pengobatan dengan clebopride, karena obat ini dapat menyebabkan pusing dan mengantuk.
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol selama menjalani pengobatan dengan clebopride.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain, termasuk suplemen dan produk herbal.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan clebopride untuk anak-anak atau lansia.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat setelah menggunakan clebopride.

Dosis dan Aturan Pakai Clebopride

Untuk mengatasi mual dan muntah, dosis clebopiride akan diberikan oleh dokter sesuai usia pasien. Berikut penjelasannya:

  • Dewasa: 500 mcg, 3 kali sehari
  • Anak-anak: 15-20 mcg/kgBB, 3 kali sehari

Cara Mengonsumsi Clebopride dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca aturan penggunaan yang terdapat pada kemasan sebelum menggunakan clebopride. Obat ini sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan perut kosong setidaknya 30 menit sebelum makan.

Jika lupa mengonsumsi clebopride, segera minum ketika Anda mengingatnya. Jika sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal dosis rutin Anda. Jangan menggandakan dosis clebopride untuk menggantikan dosis yang terlewat, kecuali atas petunjuk dokter.

Simpan clebopride pada suhu ruangan, lindungi dari sinar matahari secara langsung, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Clebopride  dengan Obat Lain

Ada beberapa efek interaksi antarobat yang mungkin terjadi jika clebopride digunakan dengan obat-obatan tertentu, di antaranya:

  • Peningkatan risiko terjadinya efek samping jika digunakan dengan lithium
  • Penurunan motilitas saluran pencernaan jika digunakan dengan opioid atau obat golongan antikolinergik, seperti atropin

Efek Samping dan Bahaya Clebopride

Ada beberapa efek samping yang dapat timbul setelah mengonsumsi clebopride, antara lain:

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping di atas tidak kunjung reda atau semakin parah. Obat ini juga bisa menyebabkan efek samping yang lebih serius, seperti kaku otot, hipertermia, gangguan koordinasi, dan penurunan kesadaran. Segera temui dokter jika muncul efek samping tersebut atau mengalami reaksi alergi obat.