Dimenhydrinate (dimenhidrinat) bermanfaat untuk mencegah atau mengobati mual, muntah, atau pusing berputar (vertigo) akibat mabuk perjalanan. Obat ini dapat dibeli bebas, tetapi penggunaannya memerlukan perhatian khusus.

Dimenhydrinate merupakan obat golongan antihistamin generasi pertama. Obat ini mencegah mual dan muntah dengan cara menghambat rangsangan yang berlebihan pada sistem vestibular, yaitu sistem pengatur keseimbangan tubuh yang terletak di telinga.

alodokter-dimenhydrinate

Selain itu, obat ini juga dapat menekan aktivitas otak untuk sementara dan menyebabkan kantuk. Dengan begitu, penderita dapat tidur dan teralihkan dari stimulus yang menyebabkannya mual atau pusing selama perjalanan.

Merek dagang dimenhydrinate: Antimab, Antimo, Antimo Anak, Contramo, Dimenhydrinate, Dimetic, Dramamine, Omedrinat, Mantino, Ramadrinater

Apa Itu Dimenhydrinate

Golongan Obat bebas terbatas
Kategori Antihistamin
Manfaat Mencegah atau mengobati mual, muntah, atau vertigo akibat mabuk perjalanan
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak usia ≥2 tahun
Dimenhydrinate untuk ibu hamil dan menyusui Kategori B: Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.Dimenhydrinate dapat terserap ke dalam ASI. Jika sedang menyusui, sebaiknya konsultasikan penggunaan obat ini dahulu dengan dokter.
Bentuk obat Tablet dan suspensi

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Dimenhydrinate

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi dimenhydrinate:

  • Jangan mengonsumsi dimenhydrinate jika Anda alergi terhadap obat ini.
  • Jangan memberikan dimenhydrinate untuk anak usia <2 tahun. Konsultasikan dengan dokter jika Anda akan memberikan dimenhydrinate ke anak-anak.
  • Konsultasikan penggunaan dimenhydrinate dengan dokter jika Anda menderita gangguan pernapasan, penyakit jantung, hipertensi, penyakit hati, glaukoma, epilepsi, tukak pada usus atau lambung, hipertiroidisme, atau gangguan berkemih.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang atau akan menggunakan obat-obatan lain, termasuk suplemen, atau produk herbal, untuk mengantisipasi interaksi antarobat.
  • Jangan mengemudikan kendaraan, mengoperasikan alat berat, atau melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan selama menjalani pengobatan dengan dimenhydrinate, karena obat ini dapat menyebabkan kantuk dan penglihatan buram.
  • Jangan minum minuman beralkohol saat menjalani pengobatan dengan dimenhydrinate, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang merencanakan operasi, termasuk operasi gigi.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau efek samping lebih serius setelah mengonsumsi dimenhydrinate.

Dosis dan Aturan Pakai Dimenhydrinate

Dosis dimenhydrinate bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Berikut adalah rincian dosis umum dimenhydrinate:

Kondisi: Mabuk perjalanan yang mengakibatkan mual, muntah, atau vertigo

  • Dewasa dan anak usia ≥12 tahun: 50–100 mg, 4–6 jam sekali. Dosis maksimal 300–400 mg per hari.
  • Anak usia 6–11 tahun: 25–50 mg, 6–8 jam sekali. Dosis maksimal 150 mg per hari.
  • Anak usia 2–5 tahun: 12,5–25 mg, 6–8 jam sekali. Dosis maksimal 75 mg per hari.

Cara Mengonsumsi Dimenhydrinate dengan Benar

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi dimenhydrinate. Jangan mengurangi atau menambahkan dosis yang diresepkan oleh dokter.

Dimenhydrinate dapat dikonsumsi ketika gejala muncul. Untuk mencegah mabuk perjalanan, obat ini sebaiknya dikonsumsi 30–60 menit sebelum perjalanan. Dimenhydrinate bisa dikonsumsi bersama atau tanpa makanan.

Telan tablet dimenhydrinate dengan utuh bersama segelas air putih. Sementara itu, untuk dimenhydrinate suspensi, kocok obat dahulu. Gunakan sendok takar atau alat ukur yang tersedia, agar dosis suspensi yang dikonsumsi tepat.

Anda dapat berhenti mengonsumsi dimenhydrinate setelah merasa tidak mual, tidak mau muntah, atau tidak mengalami sensasi berputar. Namun, jika keluhan masih muncul, dosis dapat diulangi sekitar 6 jam dari dosis sebelumnya.

Simpan dimenhydrinate dalam kemasannya di tempat kering dan sejuk. Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Dimenhydrinate dengan Obat Lain

Berikut ini sejumlah interaksi yang dapat terjadi jika menggunakan dimenhydrinate bersama dengan obat-obatan tertentu:

  • Hilangnya gejala kerusakan fungsi telinga akibat obat-obatan ototoksik, seperti antibiotik aminoglikosida, sehingga berisiko menyebabkan kondisi terlambat ditangani
  • Peningkatan risiko terjadinya efek samping dari obat dengan efek antikolinergik, seperti obat golongan antidepresan trisiklik atau obat golongan antiparkinson, seperti trihexyphenidyl
  • Peningkatan efek penekanan fungsi otak dari obat pereda nyeri opioid atau barbiturat

Efek Samping dan Bahaya Dimenhydrinate

Efek samping yang bisa terjadi akibat konsumsi dimenhydrinate adalah:

Hubungi dokter jika efek samping yang diderita memburuk atau tidak kunjung membaik. Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau efek samping lebih serius, seperti:

  • Perubahan suasana hati atau mental, seperti kebingungan atau gelisah
  • Detak jantung tidak beraturan atau jantung berdebar
  • Kesulitan buang air kecil
  • Gemetar (tremor)
  • Kejang