Pengobatan herpes kelamin bertujuan untuk mempercepat kesembuhan saat timbul gejala pertama kali. Penanganan juga bertujuan untuk mengurangi keparahan dan kekambuhan gejala, serta meminimalkan penyebaran infeksi ke orang lain

Metode pengobatan herpes genital adalah dengan pemberian obat antivirus, seperti acyclovir, valacyclovir, dan famciclovir. Penting untuk diingat, obat harus dikonsumsi sampai habis meski sudah tidak merasakan gejala.

Perlu diketahui, sampai saat ini, belum ada obat yang dapat membunuh virus HSV. Dengan kata lain, obat antivirus di atas sebatas untuk mengurangi keparahan dan kekambuhan gejala.

Sedangkan untuk mengatasi rasa tidak nyaman, seperti gatal dan nyeri, akibat herpes kelamin, penderita dapat melakukan sejumlah upaya berikut:

  • Membersihkan area luka dengan air biasa
  • Mengompres luka dengan es batu yang dibalut handuk atau kain
  • Menggunakan pakaian yang longgar untuk mengurangi sakit pada area kulit yang mengalami luka lepuh
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri jika diperlukan

Penanganan Herpes Genital pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang terinfeksi herpes perlu mencegah penularan infeksi ini pada janinnya. Oleh karena itu, konsumsi obat antivirus perlu dilakukan di bulan terakhir kehamilan menjelang persalinan. Dokter kandungan juga akan menyarankan persalinan melalui operasi caesar.