Herpes kelamin atau herpes genital adalah penyakit menular seksual pada pria dan wanita, yang menyebabkan luka melepuh di area kelamin. Namun, penderita herpes genital juga bisa tanpa gejala.

Karena herpes genital bisa tidak menimbulkan gejala, banyak penderita yang tidak sadar bahwa dirinya terkena penyakit ini. Oleh karena itu, perilaku seksual yang aman perlu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV) ini.

Herpes-Alodokter

Gejala Herpes Genital

Herpes genital sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun jika muncul, gejala yang terlihat berupa luka lepuh di area kelamin. Luka tersebut biasanya terasa sakit dan gatal. Gejala ini dapat kambuh beberapa kali dalam setahun. Namun seiring terbentuknya sistem kekebalan tubuh terhadap virus herpes, frekuensi kekambuhannya akan berkurang.

Penyebab Herpes Genital

Virus herpes simpleks (HSV) adalah penyebab dari penyakit herpes genital atau herpes kelamin. Penyebaran HSV paling sering terjadi melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi virus ini. Selain itu, herpes genital dari ibu hamil juga dapat ditularkan kepada bayi yang dikandungnya.

Diagnosis Herpes Genital

Diagnosis herpes genital ditetapkan melalui pemeriksaan fisik, terutama pada luka lepuh di area kelamin. Selain pemeriksaan luka, pemeriksaan sampel cairan luka juga bisa dilakukan oleh dokter kulit untuk mengetahui keberadaan virus herpes. Dokter juga dapat melaksanakan pemeriksaan darah guna mendeteksi keberaadaan virus herpes dan antibodi terhadap virus ini.

Pengobatan Herpes Genital

Penderita herpes genital perlu diberikan obat antivirus. Obat antivirus ini bermanfaat untuk memperpendek durasi kemunculan gejala dan mencegah penularan penyakit kepada orang lain. Namun, obat antivirus tidak bertujuan untuk menghilangkan virus herpes dari dalam tubuh, karena sampai saat ini, belum ada obat yang dapat membunuh virus herpes.

Penderita yang terinfeksi HSV disarankan untuk memberitahu pasangannya, agar pasangannya juga memeriksakan diri ke dokter.

Pencegahan Herpes Genital

Upaya untuk mencegah penularan herpes genital adalah senantiasa melakukan hubungan seksual yang aman dengan tidak bergonta-ganti pasangan. Jika pernah mengalami herpes genital, sebaiknya bicarakan kondisi ini kepada pasangan dan sarankan pasangan untuk melakukan pemeriksaan agar dapat segera diobati jika tertular.