Konsumsi makanan sehat setiap hari sangat diperlukan guna memenuhi asupan nutrisi sehari-hari. Anda pun tidak perlu bingung, karena ada beragam pilihan makanan sehat yang mudah ditemukan dan harganya pun relatif terjangkau.

Tubuh membutuhkan nutrisi dan energi yang diperoleh dari makanan agar tetap berfungsi dengan baik. Di dalam tubuh, makanan yang masuk akan mengalami proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Oleh karena itu, konsumsi makanan sehat penting untuk memenuhi nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh.

6 Pilihan Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari - Alodokter

Selain menjadi sumber nutrisi dan energi tubuh, rutin mengonsumsi makanan sehat juga dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat otot dan tulang, menurunkan risiko penyakit kronis, melancarkan pencernaan, hingga mempertahankan berat badan ideal.

Beragam Pilihan Makanan Sehat

Ada beberapa pilihan makanan sehat yang baik untuk Anda konsumsi, antara lain:

1. Sayuran

Sayur-sayuran termasuk dalam jenis makanan sehat karena mengandung banyak nutrisi penting, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, dan kalium, yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain itu, sayuran juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi berbagai risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, dan kanker.

Berikut ini adalah beberapa pilihan sayuran yang dapat dengan mudah Anda temukan:

  • Sawi
  • Brokoli
  • Wortel
  • Kembang kol
  • Mentimun
  • Kale
  • Tomat
  • Kangkung
  • Selada
  • Bayam

Selain mudah ditemukan, sayuran juga mudah diolah dengan berbagai macam cara, mulai dari direbus, ditumis, hingga dikukus.

2. Buah-buahan

Selain sayur, buah juga mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, mineral, vitamin, dan antioksidan. Beberapa jenis buah yang populer karena kaya akan nutrisi meliputi:

  • Apel
  • Alpukat
  • Jeruk
  • Pisang
  • Alpukat
  • Beri-berian, seperti blueberry dan stroberi

Selain itu, beberapa buah lain seperti ceri, anggur, nanas, kiwi, lemon, dan mangga, juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi.

3. Daging dan telur

Daging merupakan salah satu makanan sehat karena kaya akan nutrisi. Daging sapi tanpa lemak dan dada ayam mengandung protein dan zat besi paling tinggi, bahkan kandungan lemaknya lebih rendah dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

Selain daging, telur juga termasuk dalam makanan sehat. Selain tinggi protein, telur juga mengandung nutrisi lengkap, mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga antioksidan.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan sehat yang sarat akan nutrisi berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Contohnya adalah kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen.

Kacang-kacangan dan biji-bijian tersebut tidak hanya mengandung protein dan serat yang tinggi, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral seperti magnesium dan vitamin E.

5. Ikan dan makanan laut lainnya

Ikan dan makanan laut lainnya, seperti kerang dan udang, juga merupakan pilihan makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memenuhi asupan omega-3 bisa menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, demensia, dan depresi.

Beberapa jenis ikan dan makanan laut yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, sarden, tuna, kerang, dan udang.

6. Susu dan produknya

Susu banyak mengandung vitamin, mineral, protein hewani, dan lemak baik. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Untuk memperoleh nutrisi yang terdapat pada susu, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengonsumsi produk olahannya, seperti keju dan yoghurt.

Kenali Makanan yang Perlu Dihindari

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung, konsumsi makanan sehat saja tidak cukup. Anda juga harus membatasi atau menghindari asupan makanan atau minuman yang mengandung kalori tinggi dan rendah nutrisi, seperti:

  • Makanan dan minuman tinggi gula, seperti minuman bersoda, jus kemasan, dan minuman berenergi
  • Makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan daging olahan
  • Makanan ringan kemasan yang tinggi lemak jenuh, seperti sosis, permen, es krim, kue, dan biskuit

Konsumsi makanan sehat dapat memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Jadi, mulailah mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Agar Anda tidak bosan, konsumsilah makanan sehat dengan jenis yang berbeda setiap harinya atau kombinasikan macam-macam makanan tersebut agar nutrisi yang diperoleh pun lebih beragam.

Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari. Namun, pastikan air minum yang Anda konsumsi berasal dari sumber terlindungi dan higienis.

Selain itu, usahakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup dan olahraga secara rutin. Jika perlu, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran mengenai makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.