Sebagian wanita mungkin merasa kurang nyaman dengan ukuran payudara yang besar. Bila Anda salah satunya, ada cara mengecilkan payudara secara alami atau tanpa operasi yang dapat dilakukan. Cara ini pun dapat menjadi solusi untuk mendapatkan ukuran payudara yang Anda idamkan.

Ukuran payudara yang besar mungkin tampak menarik dan menimbulkan kesan seksi bagi sebagian wanita. Namun, sebagian wanita lainnya menganggap bahwa payudara yang besar justru bisa berdampak pada menurunnya rasa percaya diri.

Inilah 6 Cara Mengecilkan Payudara secara Alami - Alodokter

Tidak hanya itu, payudara yang berukuran besar juga bisa memicu beragam keluhan, seperti nyeri leher, nyeri bahu, dan sakit pinggang.

Payudara yang besar umumnya merupakan dampak dari berat badan yang berlebihan dan penumpukan lemak di area dada. Oleh karena itu, menerapkan berbagai cara menurunkan berat badan bisa dilakukan untuk mengecilkan payudara.

Pilihan Cara Mengecilkan Payudara

Selain mengecilkan payudara melalui operasi, wanita dapat mencoba berbagai cara alami untuk mengecilkan payudaran, terutama jika ukuran payudara yang besar sudah cukup mengganggu atau menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengecilkan payudara yang bisa dilakukan:

1. Olahraga secara rutin

Secara umum, olahraga bisa membakar lemak di tubuh, termasuk lemak di bagian payudara. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk olahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari atau 150 menit setiap minggunya.

Ada beragam jenis olahraga yang bisa mengecilkan payudara, antara lain berjalan kaki dan bersepeda. Meski tidak memberikan efek langsung, olahraga ini bisa meningkatkan metabolisme dan membakar lemak tubuh secara menyeluruh.

Selain itu, ada pula gerakan untuk mengecilkan payudara, seperti plank, bench press, dan push up. Bila dilakukan dengan benar, gerakan ini dapat mengencangkan otot dan membakar lemak di sekitar payudara.

2. Atur pola makan

Olahraga yang dilakukan secara teratur dan disertai dengan diet sehat diketahui bisa mengoptimalkan penurunan berat badan. Dengan begitu, ukuran payudara juga dapat ikut berkurang. Diet sehat dapat diterapkan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Membatasi asupan makanan berkalori tinggi
  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula atau garam yang tinggi
  • Memperbanyak konsumsi sayur, buah, dan kacang-kacangan
  • Mengonsumsi makanan berprotein tinggi, seperti ikan, telur, dan daging tanpa lemak

3. Konsumsi teh hijau

Konsumsi teh hijau tanpa tambahan gula sebanyak 3–5 cangkir per hari dipercaya dapat mengecilkan payudara. Pasalnya, kandungan kafein dan katekin yang ada di dalamnya diketahui efektif dalam meningkatkan metabolisme tubuh serta pembakaran lemak.

Hal ini memungkinkan lemak di area payudara juga berkurang, sehingga ukuran payudara bisa mengecil.

4. Minum air jahe

Selain teh hijau, bahan alami lain yang diyakini dapat mengurangi lemak di payudara adalah jahe. Sama halnya dengan teh hijau, jahe dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kelebihan lemak di seluruh tubuh sehingga konsumsinya juga dapat memberikan efek terhadap pembakaran lemak.

Untuk mendapatkan manfaat jahe ini, Anda dapat memasukkannya ke dalam makanan yang dikonsumsi. Selain itu, Anda juga dapat minum air rebusan jahe atau teh jahe.

5. Konsumsi makanan yang mengandung omega-3

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan payudara membesar. Untuk mengatasi payudara besar yang disebabkan hal ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi omega-3, seperti flaxseed dan ikan salmon.

Omega-3 diketahui dapat mengatur kadar hormon dalam tubuh, sehingga dapat mengatasi ketidakseimbangan hormon.

6. Gunakan masker putih telur pada payudara

Menyusui, penuaan, dan penurunan berat badan juga dapat memicu kulit payudara kendur sehingga tampak lebih besar dari ukuran sebenarnya. Untuk mengatasi keluhan payudara besar yang disebabkan hal ini, Anda dapat merawat kulit payudara agar tetap kencang.

Salah satunya adalah menggunakan masker putih telur pada payudara. Putih telur diketahui dapat meningkatkan elastisitas kulit, sehingga membuat payudara menjadi kencang.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengocok 2 putih telur hingga berbusa. Setelah itu, oleskan ke payudara dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Namun, mengecilkan payudara dengan metode ini hanya bersifat sementara.

Itulah beberapa cara mengecilkan payudara secara alami yang bisa Anda lakukan. Jika cara tersebut telah diterapkan tetapi tidak ada perubahan yang berarti pada ukuran payudara Anda, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan merekomendasikan cara lain, seperti operasi mengecilkan payudara.