Penyebab batu ginjal ada bermacam-macam, mulai dari kebiasaan sehari-hari yang kurang sehat hingga kondisi kesehatan tertentu. Untuk menghindari batu ginjal, ada baiknya Anda mengantisipasi penyebab-penyebab tersebut sejak dini.

Batu ginjal terbentuk saat limbah darah mengkristal dan menumpuk di ginjal. Hal ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh banyak faktor yang kebanyakan sepele dan sebenarnya bisa dikendalikan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja faktor penyebab batu ginjal.

Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Batu Ginjal - Alodokter

Inilah Penyebab Batu Ginjal

Diperkirakan 1 dari 10 orang terkena batu ginjal, dengan penyebab yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Kurang minum

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat membuat urine menjadi pekat. Akhirnya, tidak ada cukup air untuk melarutkan mineral dalam urine dan mineral pun mengkristal menjadi batu ginjal. Nah, untuk mengurangi risiko terkena batu ginjal karena dehidrasi, Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter dalam sehari.

2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam

Penyebab batu ginjal berikutnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam. Saat tubuh kelebihan garam, jumlah kalsium yang harus disaring oleh ginjal akan meningkat. Jika berikatan dengan limbah darah yang lain, kalsium dapat mengkristal dan membentuk batu ginjal.

Untuk mencegah ini terjadi, Anda disarankan untuk membatasi atau mengurangi konsumsi makanan yang tingi garam, seperti camilan bercita rasa asin, makanan kaleng, daging kemasan, dan makanan olahan.

3. Terlalu banyak mengonsumsi protein hewani

Selain konsumsi garam berlebih, terlalu banyak mengonsumsi protein hewani juga bisa menyebabkan batu ginjal. Hal ini karena makanan tinggi protein hewani dapat meningkatkan kadar asam urat dan dapat menyebabkan batu ginjal. Diet tinggi protein juga dapat mengurangi kadar sitrat, yaitu zat kimia dalam urine yang membantu mencegah pembentukkan batu ginjal.

4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung oksalat

Penyebab batu ginjal selanjutnya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung oksalat, seperti buah bit, cokelat, bayam, dan kacang-kacangan.

Guna mengurangi risiko terjadinya batu ginjal, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi oksalat bersamaan dengan makanan yang tinggi kalsium, misalnya keju atau susu.

5. Menderita kondisi medis tertentu

Gangguan kesehatan tertentu, seperti radang usus, asam urat (gout), penyakit Crohn, diabetes tipe 2, dan hiperparatiroiditis, dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena batu ginjal.

Pada penderita radang usus yang sering mengalami diare misalnya, bisa terjadi dehidrasi yang menyebabkan urine jadi lebih pekat. Selain itu, radang usus juga bisa menyebabkan tubuh menyerap oksalat lebih banyak dari usus, sehingga meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Selain yang telah disebutkan di atas, batu ginjal juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti konsumsi gula secara berlebih, konsumsi vitamin C dalam dosis yang tinggi, obesitas, hingga konsumsi obat tertentu seperti antibiotik dan obat HIV/AIDS.

Itulah berbagai penyebab batu ginjal yang perlu Anda ketahui dan hindari. Jika Anda mengalami gejala batu ginjal, seperti nyeri yang menjalar dari perut bawah hingga kemaluan, nyeri saat buang air kecil, dan urine berwarna keruh atau berdarah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan memastikan penyebab keluhan tersebut dan memberikan penanganan yang tepat.