Karena penyebabnya yang tidak diketahui secara pasti, kanker rahim juga tidak bisa dicegah sepenuhnya. Tetapi, Anda bisa lakukan langkah-langkah berikut untuk mengurangi risiko terkena kanker rahim:

Pertahankan berat badan sehat melalui pola makan dan berolahraga

Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah segala penyakit, termasuk kanker rahim. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga setidaknya 2-3 jam dalam seminggu dan mengonsumsi makanan rendah lemak dan berserat tinggi.

Gunakan Kontrasepsi

Jenis kontrasepsi yang terbukti dapat menurunkan risiko kanker rahim adalah pil KB kombinasi yang digunakan dalam jangka panjang. Sedangkan jenis lain yang mungkin dapat membantu untuk mengurangi risiko adalah susuk KB (implan) dan Intrauterine device (IUD) yang mengandung hormon progestogen.

Susui anak dengan ASI

Jika kondisi ibu dan anak memungkinkan, susuilah anak dengan ASI. Menyusui dapat menurunkan aktivitas estrogen dan ovulasi.

Waspadai penggunaan obat tamoxifen

Tamoxifen adalah obat untuk menangani kanker payudara agar tidak muncul kembali, namun mengonsumsinya dapat meningkatkan resiko terkena kanker rahim. Konsultasikan mengenai manfaat dan efek samping obat ini, serta pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan anjuran dan petunjuk dokter.