Keracunan makanan bisa dicegah melalui pola hidup bersih dan membiasakan diri memproses makanan secara higienis, baik dalam hal penyimpanan, penanganan, dan penyiapan. Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan yang sudah kedaluarsa dan mengikuti petunjuk pada kemasan makanan. Jangan mengacu pada tampilan dan aroma makanan untuk menentukan kesehatan makanan. Hindari membeli makanan dan minuman dari tempat yang kebersihannya tidak terjamin.

Orang yang mengalami keracunan makanan tidak boleh menyiapkan atau mengolah makanan untuk orang lain. Mereka juga perlu menjaga jarak dari orang lanjut usia dan anak-anak. Disarankan untuk tidak bersekolah atau bekerja hingga dua hari setelah diare reda.

Jika Anda tinggal dengan orang yang mengalami keracunan makanan, hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air hangat secara teratur.
  • Tidak berbagi penggunaan barang dengan mereka.
  • Membersihkan bagian-bagian toilet yang sering dipegang secara rutin.

Membersihkan

Bakteri dan virus berbahaya bisa dicegah dengan menjalani pola hidup higienis dan membersihkan segala peralatan dan permukaan. Pastikan untuk membersihkan tangan dengan sabun setelah dari toilet, sebelum menyiapkan makanan, setelah memegang makanan mentah, setelah memegang binatang peliharaan, setelah mengganti popok bayi dan setelah menyentuh tempat sampah.

Memasak

Agar bakteri berbahaya mati, sangat penting untuk memasak makanan hingga matang menyeluruh, terutama daging dan hidangan laut. Sebagian daging bisa disajikan setengah matang asalkan bagian luar sudah matang. Saat menghangatkan makanan, pastikan mendidih secara merata dan jangan memanaskan makanan lebih dari satu kali.

Membekukan

Periksa petunjuk penyimpanan makanan pada kemasan untuk mengetahui suhu yang tepat. Hal ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Jika makanan harus didinginkan, pastikan suhu kulkas mencapai 0-5 derajat Celcius. Jika dibiarkan di suhu ruangan, bakteri bisa tumbuh dan berkembang biak. Sisa makanan harus didinginkan dengan cepat, setidaknya dua jam setelah dikonsumsi.

Kontaminasi silang

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang:

  • Cuci tangan setelah memegang makanan mentah.
  • Simpan daging mentah di bagian paling bawah dari kulkas agar tidak menetes ke makanan lain.
  • Cuci talenan tiap sebelum atau selesai memotong makanan (terutama setelah selesai memotong daging mentah). Jangan menyatukan penggunaan talenan untuk dua jenis makanan berbeda, kecuali diselingi dengan mencucinya terlebih dahulu.
  • Bersihkan pisau dan peralatan lainnya setelah dipakai untuk makanan mentah.