Setiap ibu menyusui perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik. Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, minum susu ibu menyusui juga diperlukan untuk melengkapi asupan nutrisi Busui serta mendukung tumbuh kembang Si Kecil selama pemberian ASI eksklusif.

Setiap ibu tentunya ingin memberikan segala hal yang terbaik untuk tumbuh kembang bayinya, termasuk asupan nutrisi. Salah satu caranya adalah melalui pemberian ASI eksklusif. Oleh karena itu, ibu menyusui perlu menjaga produksi ASI yang diberikan kepada bayinya.

Ketahui Berbagai Nutrisi Penting Bagi Ibu Menyusui - Alodokter

Untuk menjaga jumlah dan kualitas ASI yang dihasilkan, Busui dapat lakukan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi wajib selama masa menyusui. Tak hanya kuantitas dan kualitas ASI, mencukupi asupan nutrisi selama menyusui juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh, memelihara kekuatan tulang, dan memberikan energi kepada Busui selama pemberian ASI eksklusif kepada Si Kecil.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Busui juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi selama menyusui dengan minum susu ibu menyusui. Susu ibu menyusui adalah jenis susu yang diformulasikan secara khusus bagi para ibu yang sedang memberikan ASI kepada bayinya.

Susu jenis ini mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan susu biasa. Kandungan nutrisinya juga telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi ibu menyusui.

Beragam Manfaat Susu Ibu Menyusui Sebagai Nutrisi Pelengkap

Selama menyusui Si Kecil, Busui membutuhkan lebih banyak nutrisi. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil, selain juga untuk kesehatan Busui sendiri.

Tak hanya konsumsi makanan bergizi, Busui juga bisa minum susu khusus ibu menyusui sebagai nutrisi pelengkap agar semua kebutuhan nutrisi Busui dapat terpenuhi, apalagi jika pola makan Busui kurang sehat atau Busui suka pilih-pilih makanan dan tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Busui peroleh dengan rutin minum susu ibu menyusui:

  • Jumlah ASI yang diproduksi lebih banyak dan kualitasnya lebih baik
  • Lebih berenergi untuk menjalani aktivitas sehari-hari
  • Terhindar dari osteoporosis akibat kekurangan kalsium dan anemia akibat kekurangan zat besi

Bayi yang menerima ASI dari ibu yang rutin minum susu ibu menyusui juga bisa memperoleh beragam manfaat, yaitu:

  • Daya tahan tubuh lebih kuat
  • Perkembangan otak dan kemampuan berpikir lebih baik
  • Pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi lebih optimal

Tips Memilih Susu Ibu Menyusui

Dalam memilih susu untuk ibu menyusui yang tepat, Busui dianjurkan untuk lebih selektif, yaitu dengan memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalam susu ibu menyusui.

Susu ibu menyusui yang baik adalah susu yang mengandung makronutrisi, seperti protein dan lemak, serta mikronutrisi yang meliputi berbagai jenis vitamin dan mineral. Berikut ini adalah beberapa kandungan mikronutrisi di dalam susu ibu menyusui yang penting bagi Busui dan Si Kecil:

1. Kalsium

Ibu menyusui membutuhkan asupan Kalsium bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi, serta mencegah risiko terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) pada ibu menyusui.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, Busui dapat mengonsumsi susu ibu menyusui, sayuran hijau, serta susu sapi dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt.

2. Asam folat

Kandungan asam folat memberikan banyak manfaat bagi ibu menyusui, antara lain meningkatkan kualitas ASI, serta membentuk sel darah merah dan meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga Busui terhindar dari anemia.

Tak hanya bagi ibu menyusui, asam folat juga bermanfaat bagi bayi, yaitu untuk mendukung perkembangan dan fungsi otaknya. Dengan begitu, bayi akan lebih cepat memroses dan memahami informasi, serta lebih mudah untuk belajar. Ibu menyusui setidaknya membutuhkan asupan asam folat sebanyak 500 mikrogram (mcg) setiap harinya.

3. Ekstrak daun katuk

Daun katuk sudah sangat dikenal secara tradisional sebagai pelancar ASI alami. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang menemukan bahwa daun katuk dapat meningkatkan jumlah hormon oksitosin dan prolaktin, yaitu hormon yang merangsang produksi ASI.

4. Omega-3 (DHA)

Omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk mendukung perkembangan sistem saraf bayi. Tak hanya itu, nutrisi ini juga baik untuk merangsang perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan anak.

Bagi ibu menyusui, omega-3 bermanfaat untuk meningkatkan energi serta memelihara kesehatan jantung dan otak.  Busui disarankan untuk memenuhi kebutuhan harian omega-3, yaitu sekitar 1,3 gram per hari. Asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan, telur, daging, serta susu ibu menyusui yang sudah diperkaya atau difortifikasi dengan omega-3.

5. Vitamin

Memenuhi kebutuhan vitamin merupakan hal yang sangat penting bagi setiap ibu menyusui. Susu ibu menyusui umumnya sudah diperkaya beragam vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B kompleks.

Beragam vitamin ini memiliki banyak manfaat bagi ibu menyusui dan bayinya, antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, serta mendukung perkembangan dan meningkatkan fungsi organ tubuh bayi, seperti mata.

Tak hanya kandungan nutrisinya, susu ibu menyusui juga sebaiknya memiliki rasa yang enak sehingga Busui tidak mudah bosan saat mengonsumsinya. Secara tidak langsung, hal ini juga memengaruhi upaya Busui dalam memenuhi kebutuhan nutrisi selama menyusui.

Selain susu ibu menyusui, Busui juga disarankan untuk mengonsumsi beragam makanan sehat dengan gizi yang seimbang agar kebutuhan nutrisi selama masa menyusui terpenuhi. Untuk memastikan jumlah dan jenis nutrisi yang dikonsumsi cukup, Busui bisa mengonsumsi susu ibu menyusui sebagai pelengkap makanan.

Bila Busui memiliki masalah dalam menyusui, misalnya jumlah ASI sedikit atau ASI tidak lancar, berkonsutasilah dokter atau konsultan laktasi. Bumil juga perlu berkonsultasi dengan dokter bila tumbuh kembang Si Kecil dirasakan terlambat akibat kurangnya asupan nutrisi dari ASI.