Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh sudah diyakini banyak orang sejak ribuan tahun lalu. Sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan dan kosmetik, minyak zaitun banyak digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah hingga kulit kering.

Minyak zaitun adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman tradisional di wilayah Mediterania ini mengandung lemak, vitamin E, antioksidan, dan vitamin K. Minyak zaitun juga mengandun  zat besi, kalsium, dan kalium, namun kadarnya sangat sedikit.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kulit Tubuh - Alodokter

Melihat berbagai kandungan nutrisi dalam minyak zaitun tersebut, tidak heran jika minyak alami ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh.

Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah

Minyak zaitun banyak digunakan sebagai bahan baku sabun atau pembersih wajah. Minyak ini diduga memiliki berbagai manfaat untuk wajah seperti:

1. Melembapkan kulit wajah

Minyak zaitun dipercaya bisa melembapkan dan mengatasi kulit wajah yang kering dengan cara mengunci kelembapan di kulit. Minyak ini juga diduga dapat dijadikan pelembap untuk kulit yang terpapar sinar matahari.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah tersebut bisa didapatkan dengan mengoleskan minyak zaitun tipis-tipis ke wajah. Jika minyak zaitun yang dioleskan terlalu tebal, lap dengan tisu agar tidak menyumbat pori-pori dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

2. Mengurangi jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya adalah membantu mengurangi jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini bisa Anda rasakah apabila menggunakan sabun yang mengandung minyak zaitun.

3. Membersihkan make-up

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghapus sisa-sisa make-up di wajah. Banyak merek kosmetik yang membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk “mencuci wajah”. Cleansing oil tersebut terbuat dari minyak alami, salah satunya minyak zaitun.

4. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya adalah membantu memelihara kesehatan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, mencerahkan wajah, dan meningkatkan produksi kolagen di kulit wajah.

5. Mengurangi risiko kanker

Minyak zaitun mengandung zat squalene dalam jumlah besar. Zat ini dipercaya dapat membantu mencegah atau memperbaiki kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet penyebab kanker kulit.

Minyak Zaitun untuk Kulit Tubuh

Selain memiliki manfaat untuk kulit wajah, minyak zaitun juga memiliki segudang manfaat untuk kulit tubuh, antara lain:

1. Mencegah puting sakit saat menyusui

Puting sakit dan iritasi umum dialami oleh ibu menyusui. Untuk mencegah hal ini, ibu menyusui dapat mengoleskan minyak zaitun ke kedua puting payudara.

2. Mencegah dan menyembuhkan luka

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan luka, misalnya ulkus dekubitus atau luka pada penderita diabetes. Hal ini diduga berkat kandungan polifenol dan oleocanthal dalam minyak zaitun yang bersifat antiradang.

Selain itu, campuran minyak zaitun, minyak wijen, dan madu juga dipercaya dapat digunakan untuk mengobati luka bakar, dengan cara mencegah infeksi dan mempercepat perbaikan jaringan yang rusak.

3. Mengobati dermatitis

Minyak zaitun juga dipercaya dapat mengobati berbagai kondisi kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam popok. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa mengoleskan minyak zaitun ke kulit justru dapat merusak kulit dan memperparah eksim atopik.

Perlu diingat bahwa berbagai manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh di atas masih memerlukan penelitian dan bukti lebih lanjut.

Minyak zaitun memang alami, tetapi jika muncul tanda-tanda alergi setelah dioleskan, seperti kulit terasa gatal atau muncul sensasi terbakar dan nyeri, muncul ruam, serta kulit teraba hangat, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.