Kulit wajah yang kering tidak bisa disepelekan karena bisa menimbulkan beragam masalah, termasuk jerawat. Oleh karena itu, jika kulit wajah Anda kering, lakukanlah perawatan kulit yang sesuai. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker wajah untuk kulit kering.

Kulit kering terjadi saat kulit kehilangan kelembapannya. Kulit kering ditandai dengan beberapa gejala, mulai dari permukaan kulit yang kasar, bersisik, munculnya garis-garis halus, memerah, hingga gatal.

Masker Wajah untuk Kulit Kering, Berikut Adalah Pilihannya - Alodokter

Kulit kering pada wajah bisa diatasi dengan beberapa perawatan, termasuk penggunaan masker wajah untuk kulit kering. Ini karena penggunaan masker mampu membantu mengembalikan kelembapan wajah, sehingga keluhan kulit kering dapat teratasi seiring berjalannya waktu.

Jenis-Jenis Masker Wajah untuk Kulit Kering

Ada beberapa pilihan masker yang bisa digunakan untuk mengatasi keluhan kulit kering. Berikut adalah di antaranya:

1. Masker lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang diyakini dapat mengatasi berbagai keluhan pada kulit, termasuk masalah kulit kering. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai masker wajah untuk kulit kering.

Masker lidah buaya sebenarnya begitu mudah dijumpai di pasaran. Namun, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan lidah buaya segar, cuci hingga bersih, ambil dagingnya yang berwarna putih bening, lalu haluskan.

Setelah halus, aplikasikan ke kulit wajah secara merata, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Masker mentimun

Mentimun mengandung 96 persen air, sehingga penggunaan masker ketimun diyakini dapat membantu melembapkan kulit yang kering. Masker mentimun juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Anda hanya perlu menghaluskan 1 buah mentimun yang sudah dicuci bersih, ambil sarinya, dan aplikasikan ke wajah secara merata.

Hasil dari masker mentimun dalam mengatasi kulit kering akan lebih maksimal jika Anda mencampurnya dengan bahan alami lain yang bersifat melembapkan, seperti madu dan lidah buaya.

3. Masker alpukat

Dalam masker alpukat terkandung biotin, yaitu vitamin B kompleks yang telah terbukti bermanfaat dalam meningkatkan kelembapan dan kehalusan kulit. Inilah alasan mengapa Anda bisa menjadikan alpukat sebagai masker wajah alami untuk kulit kering.

Untuk menjadikan alpukat sebagai masker, Anda hanya perlu menghaluskan ½ buah alpukat yang telah matang, lalu aplikasikan ke wajah secara merata.

Jika kulit wajah Anda sangat kering, Anda dapat menambahkan 1 sendok teh minyak zaitun dan 1 sendok makan madu ke dalamnya. Aduk hingga ketiganya tercampur rata, lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15−20 menit. Kulit Anda akan terasa begitu lembap setelah menggunakan masker ini.

4. Masker pisang

Masker wajah untuk kulit kering berikutnya adalah masker pisang. Pisang diyakini dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kering karena mengandung vitamin B6 dan potasium.

Untuk membuat masker pisang, Anda hanya perlu menyiapkan pisang yang telah matang. Kemudian, haluskan pisang tersebut sebelum diaplikasikan ke kulit wajah yang kering. Jika Anda mengharapkan hasil yang lebih maksimal, campurkan masker pisang dengan bahan lainnya, seperti madu, yogurt, atau alpukat.

Pahami Efek Sampingnya

Meski beberapa bahan alami dapat membantu mengatasi kulit kering, Anda juga harus mewaspadai efek sampingnya. Pasalnya, tidak semua orang cocok untuk menggunakan keempat masker yang telah disebutkan di atas.

Anda yang menderita alergi terhadap bawang putih misalnya, mungkin perlu untuk mempertimbangkan kembali penggunaan masker lidah buaya. Pasalnya, reaksi alergi pada bawang putih juga mungkin muncul ketika Anda menggunakan masker lidah buaya.

Untuk meminimalkan munculnya reaksi alergi atau iritasi, Anda perlu untuk mengujinya terlebih dahulu ke kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit bahan masker tersebut ke area kulit di sekitar rahang, kemudian lihat reaksi yang muncul. Jika kulit terlihat memerah atau mengalami iritasi, hentikan penggunaan.

Penggunaan masker wajah untuk kulit kering memang dapat membantu membuat kulit kembali menjadi lembap. Namun, itu saja tidak cukup. Anda juga perlu menggunakan pelembap setiap habis membersihkan wajah.

Kemudian, jaga pula kesehatan kulit dari dalam dengan cara menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, berolahraga secara rutin, minum air putih yang cukup, dan berhenti merokok.

Jika perubahan pola hidup dan penggunaan masker wajah untuk kulit kering telah dilakukan tapi tidak juga ada perbaikan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran tentang jenis dan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.