Masker alpukat sudah sejak lama digunakan dalam perawatan kecantikan. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Bukan hanya itu, ada beragam manfaat masker alpukat lainnya yang juga dapat Anda peroleh.

Produk perawatan kecantikan berbahan dasar alpukat semakin banyak beredar di pasaran, mulai dari losion, sabun, masker wajah, hingga masker rambut. Alpukat sendiri diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

5 Manfaat Masker Alpukat dan Cara Membuatnya - Alodokter

Kandungan Nutrisi Alpukat

Di dalam 100 gram alpukat, terdapat beragam kandungan nutrisi berikut ini:

  • 81 mikrogram folat
  • 10 miligram vitamin C
  • 2 miligram vitamin E
  • 0,25 miligram vitamin B6

Selain itu, alpukat juga kaya akan antioksidan, seperti karotenoid, flavonoid, asam lemak tak jenuh, dan tokoferol yang baik untuk kesehatan kulit.

Manfaat Masker Alpukat untuk Kulit Wajah

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan rutin menggunakan masker alpukat pada kulit wajah, di antaranya:

1. Mencegah penuaan dini

Buah alpukat mengandung karotenoid, termasuk lutein dan zeaxhantin, yang dapat mencegah penuaan dini akibat paparan radikal bebas berlebih. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan asam omega-3 yang dapat mencegah keriput dan mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

2. Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari

Karotenoid yang terkandung di dalam alpukat juga dapat mencegah kerusakan kulit wajah akibat paparan sinar matahari. Namun, pastikan untuk tetap menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, ya.

3. Menghaluskan dan melembapkan kulit wajah

Nutrisi yang terkandung di dalam masker alpukat sangatlah banyak dan salah satunya adalah steroline yang diketahui dapat menghaluskan dan melembapkan kulit wajah.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam buah alpukat juga dapat melembapkan kulit sekaligus meningkatkan produksi kolagen.

4. Meningkatkan elastisitas kulit

Studi menunjukkan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam alpukat dapat meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah dan mengurangi munculnya keriput.

5. Mencegah timbulnya jerawat

Kandungan omega-3, vitamin C, dan antimikroba di dalam buah alpukat dapat mengurangi munculnya jerawat. Jika ingin hasil yang maksimal, tambahkan minyak alpukat dalam masker alpukat yang Anda gunakan.

Tak hanya masker, alpukat juga menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah dan melembapkan kulit.

Selain beberapa manfaat di atas, masker alpukat juga diyakini dapat mengatasi kulit kering, menenangkan kulit, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas masker alpukat bagi kesehatan kulit wajah.

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Alpukat

Penggunaan masker alpukat merupakan salah satu cara sederhana untuk merawat kesehatan kulit wajah. Untuk membuat masker alpukat, Anda dapat menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

  • Ā½ buah alpukat matang yang telah dihaluskan
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 1 sendok teh air

Cara membuatnya cukup mudah. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Selanjutnya, oleskan langsung masker alpukat ke wajah dan diamkan selama 15 menit.

Basuh wajah dengan air hangat dan keringkan. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan toner dan pelembap wajah.

Hal yang Perlu Diwaspadai Sebelum Menggunakan Masker Alpukat

Alpukat memang memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Namun, Anda tetap perlu waspada saat menggunakan masker alpukat apabila memiliki kondisi tertentu, seperti alergi lateks.

Anda juga tidak disarankan untuk membiarkan masker alpukat terlalu lama menempel di wajah, karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Tidak disarankan pula untuk menggunakan masker alpukat setiap hari dan cukup satu atau dua kali dalam seminggu.

Jika terjadi iritasi dan reaksi alergi setelah menggunakan masker alpukat, seperti gatal-gatal, muncul ruam, atau bahkan sesak napas, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.