Orang yang dicurigai mengidap meningitis atau septikemia harus dibawa ke rumah sakit secepatnya. Ini adalah kondisi serius dan darurat. Penanganannya tergantung kepada tipe meningitis yang dimiliki.

Meningitis Akibat Bakteri

Perawatan di rumah sakit secepatnya diperlukan bagi pasien meningitis bakterialis. Bagi pasien dengan meningitis yang sudah parah, penanganan mungkin dilakukan di Ruang Perawatan Intensif atau ICU.

Infeksi bakteri ditangani dengan antibiotik. Obat ini diberikan melalui infus ke dalam pembuluh darah di tangan. Jika antibiotik berhasil mengatasinya, maka hanya perlu menghabiskan waktu sekitar seminggu di rumah sakit. Tapi jika kondisi yang terjadi sudah parah, mungkin harus dirawat di rumah sakit selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan.

Penanganan mungkin juga akan meliputi pemberian oksigen, cairan infus dan steroid, atau obat lain. Steroid diberikan untuk mengurangi inflamasi atau radang di otak. Dan perlu diingat bahwa penyakit meningokokus (kombinasi meningitis dan septikemia) bisa menyebabkan komplikasi jangka panjang.

Meningitis Akibat Virus

Kasus-kasus meningitis virus bisa terbagi menjadi dua, parah dan ringan. Di bawah ini adalah bentuk-bentuk dari pengobatannya.

Pengobatan meningitis virus ringan

Kebanyakan penderita meningitis virus tidak perlu dirawat di rumah sakit. Penanganan di rumah sendiri untuk mengatasi meningitis virus, antara lain:

  • Obat pereda rasa sakit untukĀ sakit kepala
  • Obat anti emetik atau antiĀ mual, agar tidak muntah-muntah
  • Banyak istirahat
  • Minum banyak cairan

Dengan penanganan di atas, kebanyakan penderita dapat pulih dalam 1-2 minggu.

Pengobatan meningitis virus parah

Jika gejala meningitis virus cukup parah dan perlu dirawat di rumah sakit, maka akan diperlakukan sama seperti penanganan meningitis bakterialis, yaitu dengan memakai antibiotik. Antibiotik akan ditarik jika diagnosis meningitis virus sudah dipastikan, tapi cairan infus akan terus diberikan untuk membantu proses pemulihan tubuh.

Obat anti virus mungkin akan diberikan. Ini terjadi ketika kasus meningitis virus bertambah parah pada seseorang yang dirawat di rumah sakit.

Cara Mengendalikan Infeksi Yang Terjadi

Risiko penyebaran kasus meningitis cukup rendah karena kebanyakan kasus meningitis terisolasi. Untuk pencegahan agar tidak terinfeksi, satu dosis antibiotik bisa diberikan. Misalnya antibiotik diberikan pada anak yang bermain dengan anak lain yang mengidap meningitis bakterialis.

Meningitis Akibat Jamur

Meningitis jamur biasa diobati dengan pemberian obat-obatan anti jamur dosis tinggi. Biasanya obat-obatan anti jamur tersebut diberikan pada penderita melalui infus. Lamanya pengobatan biasanya tergantung dari kondisi sistem kekebalan tubuh penderita dan tipe jamur yang menyebabkan infeksi.

Meningitis Akibat Parasit

Beberapa jenis obat-obatan terlihat efektif membasmi amuba Naegleria fowleri pada pengujian di laboratorium. Namun keefektifan tersebut masih belum jelas, karena hampir semua infeksi meningitis parasit berakhir fatal, bahkan bagi penderita yang sudah mendapatkan perawatan medis.

Meningitis Non-Infeksi

Untuk menyembuhkan meningitis non-infeksi, dokter biasanya harus menentukan dulu kondisi medis yang menyebabkan muncul meningitis. Kemudian baru diambil langkah-langkah untuk menyembuhkan penyebab meningitis non-infeksi.