Obat panas bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Selain menurunkan panas, obat-obatan ini juga dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh. Jika dikonsumsi secara tepat, obat panas mampu mempercepat penyembuhan sehingga Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman.

Sakit panas atau demam terjadi ketika suhu tubuh mencapai 38°C atau lebih. Kondisi ini merupakan upaya sistem kekebalan tubuh dalam melawan kuman dan bakteri penyebab infeksi. Panas atau demam sering kali disertai dengan keluhan lain, seperti sakit kepala, sakit pada persendian dan otot, ruam kulit, sampai tubuh lemas.

9 Obat Panas yang Paling Ampuh di Apotek - Alodokter

Demam dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan panas, seperti mengonsumsi obat panas yang tersedia di apotek.

Rekomendasi Obat Panas yang Ada di Apotek

Penggunaan obat panas bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi demam yang menyerang anak-anak sampai orang dewasa. Berbagai pilihan obat panas tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet, sirop, suspensi cair, hingga suppositoria

Berikut ini adalah beberapa pilihan obat panas yang bisa Anda coba:

Bufadol 650 mg 10 Tablet

9 Obat Panas yang Paling Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp16.293 per strip
Beli Bufadol 650 mg 10 Tablet di Aloshop

Bufadol Tablet mengandung 650 mg paracetamol yang bermanfaat untuk menurunkan demam dan meredakan rasa sakit, termasuk sakit kepala. Obat panas ini bekerja pada pusat pengaturan suhu di otak untuk menurunkan suhu tubuh saat Anda mengalami demam. 

Dosis umum penggunaan Bufadol pada orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 12 tahun adalah sebanyak 1 tablet, 3–4 kali sehari. Selain itu, penggunaan obat ini tidak boleh lebih dari 4 gram per hari. 

Bufect Suspensi 60 ml

9 Obat Panas yang Paling Ampuh di Apotek - Alodokter

 

Harga: Rp29.400 per botol
Beli Bufect Suspensi 60 ml di Aloshop

Bufect Suspensi merupakan obat panas dalam bentuk suspensi cair yang bisa Anda coba. Dalam 5 ml obat ini terkandung 100 mg ibuprofen yang bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi sampai meredakan nyeri otot, nyeri haid, sakit gigi, dan sakit kepala. 

Kandungan ibuprofen tersebut bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat kimia di dalam tubuh yang menimbulkan gejala peradangan, termasuk nyeri dan bengkak.

Untuk menurunkan panas pada orang dewasa dan anak usia 8 tahun ke atas, obat ini dapat dikonsumsi sebanyak 10 ml, 34 kali sehari. Sementara itu, anak usia 17 tahun dapat minum obat ini sebanyak 2,55 ml, 34 kali sehari. Jangan lupa mengocok obat terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Obat ini dapat dibeli tanpa resep dokter. Namun, karena tergolong obat bebas terbatas, Anda perlu membaca aturan pakai dan peringatan khusus pada kemasan sebelum mengonsumsinya.

Grafadon Forte 650 mg 10 Tablet

9 Obat Panas yang Paling Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp12.922 per strip
Beli Grafadon Forte 650 mg 10 Tablet di Aloshop

Grafadon Forte merupakan obat panas yang tersedia dalam bentuk tablet. Obat ini tergolong obat bebas yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Grafadon Forte mengandung 650 mg paracetamol yang efektif menurunkan demam serta meredakan sakit kepala dan sakit gigi. 

Obat ini bekerja pada pusat pengaturan suhu di otak untuk menurunkan suhu tubuh saat Anda mengalami demam. Selain itu, Grafadon Forte juga bisa menghambat pembentukan senyawa prostaglandin sehingga nyeri mereda.

Dosis umum penggunaan Grafadon untuk menurunkan panas pada orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 12 tahun adalah 1 tablet, 34 kali sehari. Penggunaan obat ini tidak boleh lebih dari 4 gram dalam sehari. 

Mirasic 500 mg 10 Kaplet

9 Obat Panas yang Paling Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp13.174 per kaplet
Beli Mirasic 500 mg 10 Kaplet di Aloshop

Mirasic Kaplet merupakan obat panas yang mengandung 500 mg paracetamol. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul yang berguna untuk menurunkan demam dan meredakan sakit kepala, sakit gigi, sampai nyeri otot. 

Paracetamol bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin. Dengan begitu, keluhan yang menyertai demam, seperti sakit kepala, dapat diredakan.

Mirasic dapat dikonsumsi sebanyak 12 kaplet, 34 kali per hari untuk orang dewasa. Sementara itu, anak-anak usia 712 tahun dapat mengonsumsi obat ini sebanyak 0,51 kaplet, 34 kali per hari. Penggunaan obat ini maksimal hanya boleh 8 kaplet per hari untuk orang dewasa dan 4 kaplet per hari untuk anak-anak.

Panadol 500 mg 10 Kaplet

9 Obat Panas yang Paling Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp15.468 per blister
Beli Panadol 500 mg 10 Kaplet di Aloshop

Panadol merupakan salah satu merek obat panas yang cukup terkenal di pasaran. Obat ini mengandung 500 mg paracetamol per tablet yang bermanfaat untuk menurunkan demam hingga meredakan nyeri, termasuk nyeri otot, nyeri haid, dan sakit kepala. 

Kandungan tersebut bekerja dengan cara mengurangi produksi senyawa prostaglandin. Obat ini tergolong obat bebas yang dapat dengan mudah Anda beli tanpa resep dokter.

Dosis umum penggunaan obat ini pada orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 12 tahun adalah 12 kaplet, 34 kali sehari dengan jumlah maksimal 8 kaplet per hari. Sementara itu, anak-anak berusia 611 tahun dapat mengonsumsi sebanyak ½ atau 1 kaplet, 34 kali sehari dengan maksimal konsumsinya 4 kaplet per hari. 

Proris 125 mg 1 Suppositoria

9 Obat Panas yang Paling Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp15.000 per strip
Beli Proris 125 mg 1 Suppositoria di Aloshop

Selain dalam bentuk tablet dan sirup, obat panas juga tersedia dalam sediaan suppositoria yang dimasukkan ke dalam anus, salah satunya Proris Suppositoria.

Obat ini mengandung 125 gr ibuprofen yang bermanfaat untuk menurunkan demam serta meredakan sakit kepala dan nyeri otot. Caranya adalah dengan menghalangi tubuh memproses senyawa prostaglandin.

Dosis umum penggunaan proris suppositoria pada orang dewasa dan anak-anak usia 812 tahun sebanyak 2 suppositoria, 34 kali sehari. Sementara, pada anak-anak usia 37 tahun sebanyak 1 suppositoria, 34 kali sehari. Obat ini tergolong obat keras yang memerlukan resep dokter.

Prosinal Sirup 60 ml

9 Obat Panas yang Paling Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp49.531 per botol
Beli Prosinal Sirup 60 ml di Aloshop

Prosinal Sirup juga dapat digunakan sebagai obat panas. Setiap 5 ml obat ini terkandung 100 mg ibuprofen yang mampu menghambat pembentukan prostaglandin. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi, nyeri sendi, dan nyeri haid.

Pada orang dewasa dan anak usia 812 tahun, Prosinal Sirup dapat diminum sebanyak 10 ml, 34 kali sehari. Sementara itu, anak berusia 17 tahun bisa minum obat ini sebanyak 2,55 ml, 34 kali sehari.

Pyrexin 500 mg 10 Tablet

9 Obat Panas yang Paling Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp11.253 per blister
Beli Pyrexin 500 mg 10 Tablet di Aloshop

Pyrexin Tablet merupakan obat panas yang mengandung 500 mg paracetamol. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh.

Selain menurunkan demam, paracetamol juga mampu meredakan gejala yang menyertai demam, seperti sakit kepala. Pasalnya, kandungan tersebut mampu menghambat pembentukan prostaglandin sehingga rasa sakit atau nyeri dapat diredakan.

Meski tergolong obat bebas yang bisa dengan mudah didapatkan di apotek, obat ini tetap perlu dikonsumsi sesuai dosis yang tertera pada kemasan. Pada anak-anak usia 712 tahun, obat ini dapat dikonsumsi sebanyak 0,51 kaplet, 34 kali per hari. Sementara itu, pada orang dewasa, obat ini dapat dikonsumsi sebanyak 12 kaplet, 34 kali per hari. 

Rhelafen Suspensi 60 ml

9 Obat Panas yang Paling Ampuh di Apotek - Alodokter

Harga: Rp37.869 per botol
Beli Rhelafen Suspensi 60 ml di Aloshop

Obat panas selanjutnya yang bisa Anda temukan di apotek adalah Rhelafen Suspensi. Dalam 5 ml obat suspensi cair ini terkandung 100 mg ibupfofen. Kandungan tersebut mampu menurunkan demam serta gejala yang menyertainya, seperti sakit kepala dan nyeri otot. Bahkan, obat ini juga dapat meredakan sakit gigi dan nyeri haid dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin.

Dosis umum penggunaan Rhelafen untuk menurunkan panas pada orang dewasa dan anak-anak berusia 812 tahun adalah sebanyak 10 ml, 34 kali sehari. Sementara itu, pada anak-anak usia 17 tahun sebanyak 2,55 ml, 34 kali sehari. 

Selain mengonsumsi obat panas yang tersedia di apotek, Anda juga bisa melakukan kompres hangat atau menggunakan kompres penurun panas yang dijual di pasaran. Anda juga dianjurkan untuk banyak minum air putih dan istirahat yang cukup guna mempercepat penyembuhan. 

Hindari mandi menggunakan air dingin yang justru akan membuat Anda menggigil dan memicu kenaikkan suhu tubuh. Selain itu, gunakan pakaian yang tipis. Anda juga perlu mengonsumsi makanan hangat, seperti bubur atau sup, agar kebutuhan tubuh akan nutrisi tetap terpenuhi. 

Bila demam atau suhu tubuh Anda belum turun setelah mengonsumsi obat panas, bahkan disertai dengan munculnya gejala lain, seperti sakit perut, leher kaku, sakit kepala yang tak kunjung reda, kejang, dan sulit bernapas, jangan tunda pergi ke dokter guna mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.