Intensitas gejala psoriasis pada tiap pengidap berbeda-beda. Ada yang mengalami gejala ringan atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu. Namun, gejala tersebut kemudian juga bisa bertambah parah sampai mengganggu kenyamanan pengidap selama beberapa minggu atau beberapa bulan sebelum akhirnya berkurang atau berhenti.

Tidak semua pengidap psoriasis mengalami gejala yang sama, karena penyakit ini memiliki banyak jenis. Secara umum, gejalanya meliputi:

  • Bagian kulit memerah yang terasa tebal, kering, dan bersisik.
  • Kulit pecah-pecah yang terkadang bisa berdarah.
  • Kuku yang menebal dengan tekstur tidak rata.
  • Sendi-sendi yang membengkak dan kaku.

Psoriasis Plak

Ini merupakan jenis psoriasis yang paling umum terjadi. Psoriasis ini dapat menyebabkan ruam atau bahkan luka kering, merah, dan bersisik keperakan pada kulit yang disebut plak.

Plak tersebut juga bisa terasa sangat gatal atau perih dan dapat muncul di bagian tubuh mana pun, terutama pada kulit lutut, siku dan kulit kepala. Dalam kasus yang parah, kulit di sekitar sendi akan pecah-pecah dan bisa berdarah.

Psoriasis Kuku

Psoriasis kuku memiliki gejala berupa munculnya:

  • Perubahan warna kuku.
  • Cekungan-cekungan kecil yang muncul pada kuku.
  • Pertumbuhan kuku yang abnormal.
  • Kuku terlepas atau hancur.

Pengidap psoriasis banyak yang mengalami gejala-gejala ini pada kuku mereka.

Psoriasis Kulit Kepala

Jenis psoriasis ini menyebabkan munculnya sisik tebal yang gatal pada sebagian atau bahkan seluruh kulit kepala. Pada kasus yang parah, bisa menyebabkan rambut rontok meski biasanya hanya sementara. Ruam tersebut terkadang bisa melebar hingga melewati garis rambut. Bagian kulit yang mengelupas akan berguguran dan tampak putih seperti ketombe.

Psoriasis Inversi

Jenis ini menyebabkan ruam merah yang terasa halus pada bagian-bagian yang memiliki lipatan kulit seperti ketiak. Ruam ini dapat bertambah parah akibat gesekan dan keringat. Selain ketiak, psoriasis inversi juga menyerang kulit di bagian selangkangan, belahan bokong, serta di bawah payudara.

Psoriasis Gutata

Gejala psoriasis gutata berupa bintik-bintik ruam menyerupai tetesan air. Ruam ini dilapisi sisik dan biasanya muncul pada tubuh bagian atas, lengan, tungkai kaki, dan kulit kepala. Psoriasis ini lebih sering menyerang anak-anak serta remaja, dan terkadang muncul setelah pengidap mengalami infeksi atau radang tenggorokan.

Psoriasis Pustular

Psoriasis ini menyebabkan ruam merah yang perih sebelum akhirnya melepuh dan berisi nanah. Ruam tersebut dapat terjadi pada seluruh tubuh atau muncul di bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya berkelompok di tangan, kaki, atau ujung jari.

Psoriasis pustular yang menyebar di seluruh tubuh juga dapat menyebabkan demam, menggigil, gatal luar biasa, dan bahkan penurunan berat badan. Sementara lepuhan berisi nanah yang muncul di telapak tangan dan kaki akan berubah menjadi koreng yang kemudian mengelupas sebelum kembali muncul dalam beberapa hari atau minggu.

Apabila gejala tersebut muncul pada jari kaki dan tangan, bekas lepuhan nanah yang pecah dapat menyebabkan kelainan kuku yang terasa sakit.

Psoriasis Eritrodermik

Psoriasis eritrodermik dapat menyebabkan munculnya ruam mengelupas yang sangat gatal atau disertai rasa perih di seluruh tubuh. Jenis psoriasis ini bisa memengaruhi kadar cairan dan protein dalam tubuh sehingga memicu dehidrasi, infeksi, hipotermia, malnutrisi, dan bahkan gagal jantung.

Artritis Psoriasis

Di samping kulit iritasi dan bersisik serta perubahan warna kuku, intensitas gejala artritis psoriasis bervariasi dan dapat menyerang sendi mana pun. Sendi yang terinfeksi akan menjadi kaku dan kerusakannya berpotensi menjadi cacat permanen.

Jika Anda merasakan gejala-gejala psoriasis, segera periksakan diri ke dokter. Penanganan dini umumnya dapat mencegah meningkatnya keparahan gejala. Para pengidap juga dianjurkan untuk menghubungi dokter jika psoriasis yang dialaminya memburuk, misalnya menyebabkan demam atau masalah pada persendian.